Share

Gagal Bersinar di AC Milan, Rivaldo Hampir Gabung Bolton

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Sabtu 27 April 2019 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 26 51 2048574 gagal-bersinar-di-ac-milan-rivaldo-hampir-gabung-bolton-cYY4jnfDmU.jpg Rivaldo (Foto: Getty Images)

LIGA INGGRIS adalah salah satu kompetisi sepakbola terbesar di dunia. Banyak pemain dan pelatih yang memiliki keinginan berkarier di kompetisi tersebut. Tak ayal, banyak pesepakbola ternama yang kini meramaikan kompetisi terakbar di Tanah Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Keinginan untuk bermain di kompetisi level tertinggi itu ternyata sempat menarik perhatian Rivaldo Vitor Borba Ferreira atau yang akrab dikenal Rivaldo. Legenda sepakbola Brasil itu pernah dikaitkan dengan klub asal Inggris, Bolton Wanderers.

Kejadian itu terjadi tepatnya pada 2004, di mana Rivaldo yang akan berstatus bebas transfer membuat Sam Allardyce (pelatih Bolton kala itu) ingin mengambilnya dari AC Milan. Rivaldo pun menyambut baik pinangan tersebut karena ingin mengakhiri karier sepakbolanya di Liga Inggris.

Rivaldo (Foto: Four Four Two)

Akan tetapi, gaji yang diminta Rivaldo terlalu tinggi bagi Bolton. Alhasil, negosiasi mereka langsung runtuh seketika. Selain masalah gaji, ada satu alasan lagi mengapa Bolton gagal mengamankan jasa Rivaldo.

Saat itu, The Trotters –julukan Bolton– tidak mau merealisasikan keinginan Rivaldo yang tinggal di Kota Manchester. Padahal, jarak antara Bolton dan Manchester tidak terlalu jauh, mengingat Bolton berada di Greater Manchester. Setelah gagal merumput di Liga Inggris, Rivaldo pun akhirnya memutuskan kembali ke kampung halamannya, Brasil dan bergabung dengan klub Cruizero.

Baca juga Rivaldo Kecam Selebrasi Coutinho saat Cetak Gol Kontra Man United

Sayangnya, perjalanan Rivaldo dengan klub ini terbilang sangat singkat. Ia hanya tampil sebanyak 11 pertandingan dan mengemas dua gol bersama Cruizero. Rivaldo kemudian kembali ke Eropa tepatnya pada Juli 2004.

Klub asal Yunani, Olympiakos menjadi pelabuhan berikutnya bagi pemain kelahiran Paulista, Brasil itu. Musim perdananya bersama Olympiakos cukup cemerlang. Sebanyak 43 gol dalam 81 kali pertandingan berhasil ia sumbangkan untuk klubnya tersebut.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu Rivaldo yang saat itu berusia 35 tahun dirasa terlalu tua untuk melanjutkan kariernya di Olympiakos. Pihak klub pun akhirnya memutuskan untuk melepasnya pada 2007. Beredar kabar, perseturuannya dengan pemilik klub salah satu alasan Rivaldo didepak dari Olympiacos.

Infografis Rivaldo

Faktor usia yang membuatnya sulit bersaing di klub besar Eropa sempat membawanya merapat ke salah satu klub asal Uzbekistan, Bunyodkor. Akan tetapi, hanya satu musim bermain untuk Bunyodkor, ia lebih memilih untuk bergabung ke klub masa remajanya, Mogi Mirim. Pada 2015 Rivaldo pun memutuskan pensiun sebagai pemain sepakbola.

“Sejarah saya sebagai pemain telah berakhir. Dengan air mata di hari ini saya ingin berterima kasih kepada Tuhan, keluarga saya dan semua dukungannya, kasih sayang yang saya terima selama 24 tahun itu sebagai pemain,” ujarnya.

Setelah memutuskan pensiun sebagai pemain, Rivaldo tak serta-merta meninggalkan dunia sepakbola yang telah membesarkan Namanya. Rivaldo menjadi presiden klub Mogi Mirim untuk membantu klub tersebut dan memperhatikan karier anaknya Rivaldinho yang sempat bermain di tim itu.

(Bad)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini