nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pemain Paling Ikonik di Liga Inggris, Nomor 1 Enam Musim Bela Man United

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 26 November 2018 14:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 26 51 1982908 5-pemain-paling-ikonik-di-liga-inggris-nomor-1-enam-musim-bela-man-united-Th1ahQCR7x.jpg Cristiano Ronaldo (Foto: AFP)

SEJAK pertama kali didirikan pada 1992, Liga Inggris memang menjadi salah satu kompetisi yang paling diminati sebagian besar pesepakbola profesional. Tidak kurang dari 1.000 pemain pernah menjajal sengitnya persaingan di Liga Inggris.

Meski ada banyak pemain yang datang dan pergi, nyatanya terdapat beberapa pemain yang berhasil meninggalkan jejak emas dalam sejarah Liga Inggris. Setidaknya terdapat lima pemain yang paling ikonik dalam sejarah Liga Inggris.

Berikut 5 pemain paling ikonik yang pernah tampil di Liga Inggris, seperti dikutip Okezone dari Sportskeeda, Senin (26/11/2018):

5. Thierry Henry (Arsenal)

Thierry Henry

Henry pertama kali didatangkan oleh Arsenal dari Juventus pada musim panas 1999 dari Juventus. Pada awalnya Henry sejatinya bukanlan pemain berposisi penyerang, namun kejeniusan Arsene Wenger akhirnya menjadikan seorang penyerang haus gol yang pernah mentas di Liga Inggris.

Seiring berjalannya waktu, Henry pun menjadi salah satu pemain paling ikonik yang pernah tampil di Liga Inggris. Ketajaman serta teknik individu yang berada di atas rata-rata membuat rekan ataupun lawan tak segan memujinya.

Henry sendiri berhasil tampil sebanyak 258 pertandingan di Liga Inggris, dan berhasil menyumbangkan 176 gol untuk Arsenal. Pada musim panas 2007, Henry memutuskan hengkang dari Liga Inggris dan melanjutkan kariernya di Liga Spanyol bersama Barcelona.

4. David Beckham (Manchester United)

David Beckham

Dalam sejarahnya, Man United memang memiliki sejumlah pemain yang berhasil jadi ikon mereka seperti George Best, Bobby Charlton, hingga Eric Cantona. Namun dari beberapa nama tersebut, taka da yang benar-benar bisa mengalahkan Beckham untuk menjadi pemain paling ikonik untuk Man United.

Beckham sendiri adalah produk asli binaan Man United. Bersama Nicky Butt, Paul Scholes, Ryan Giggs, Phil dan Gary Neville, Beckham muncul sebagai para pemuda berbakat yang akhirnya dinamai Class of 92’.

Beckham sendiri menghabiskan 11 tahun bersama Man United dan berhasil membawa klub berjuluk Setan Merah tersebut meraih banyak gelar bergenggsi, termasuk treble winners pada musim 1999-2000.

3. Alan Shearer (Newcastle United)

Alan Shearer

Sebuah kejutan dilakukan Newcastle United pada musim panas 1996. Apalagi kalau bukan keberhasilan mereka menyalip Manchester United dalam perburuan tanda tangan Shearer. Ya, Shearer memilih menerima pinangan Newcastle dibanding bermain di bawah tangan dingin Sir Alex Ferguson.

Akan tetapi sayang, keputusan tersebut bisa saja disesali oleh Shearer. Pasalnya sejak bergabung dengan Newcastle, Shearer tidak lagi merasakan manisnya titel juara Liga Inggris, yang pada musim sebelumnya berhasil ia menangkan bersama Blackburn Rovers.

Meski begitu, Shearer nyatanya tetap menjadi ikon untuk Newcastle selama 10 tahun. Pria yang kini berusia 40 tahun tersebut juga berhasil keluar sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Inggris sebanyak dua kali.

2. Ryan Giggs (Manchester United)

Ryan Giggs

Popularitas Giggs ketika membela Man United memang kalah jika dibandingkan David Beckham –sama-sama jebolan Class of 92’. Akan tetapi untuk kontribusi, Giggs sejatinya jauh lebih baik dibandingkan Beckham selama berseragam merah milik Man United.

Hal tersebut terbukti dengan bertahannya Giggs selama 23 tahun di Old Trafford Stadium. Bahkan Giggs sempat dipercaya menjadi manajer sementara Man United kala memecat David Moyes beberapa tahun lalu.

Masuknya Giggs dalam daftar ini sendiri memang cukup masuk akal, mengingat ia juga menjadi salah satu pemain paling ikonik untuk Man United. Momen yang paling tak terlupakan Giggs di Liga Inggris adalah ketika ia mencetak gol indah kala menghadapi Arsenal di Piala FA 1999.

1. Cristiano Ronaldo (Manchester United)

Cristiano Ronaldo

Pada awal kedatangannya, tidak ada yang menyangka bahwa Ronaldo bakal menjadi salah satu pemain paling besar yang dimiliki oleh Man United. Terlebih pada saat itu, Ronaldo memang tidak begitu dikenal.

Akan tetapi perlahan-lahan, Ronaldo mampu menjelma sebagai pemain yang sangat diandalkan Setan Merah –julukan Man United. Bahkan bintang Timnas Portugal menjadi salah satu sosok paling vital di balik keberhasilan Man United menjuarai Liga Champions 2007-2008.

Ronaldo sendiri berhasil menjadi pemain ikonik untuk Man United dengan kehebatannya dalam membobol gawang lawan. Terhitung Ronaldo berhasil 84 gol dari 196 penampilannya berseragam Man United.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini