nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pemain di Grup B Piala AFF 2018 yang Berpotensi Bersinar, Nomor 2 Gelandang Indonesia

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 05 November 2018 11:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 05 51 1973371 5-pemain-di-grup-b-piala-aff-2018-yang-berpotensi-bersinar-nomor-2-gelandang-indonesia-I6bWm03JpR.jpg Gelandang Timnas Indonesia Zulfiandi diprediksi akan bersinar di Piala AFF 2018 (Foto: Zulfiandi/Instagram)

TURNAMEN Piala AFF 2018 tinggal menghitung hari. Laga perdana akan digelar di Grup A antara Kamboja vs Malaysia dan Laos vs Vietnam pada Kamis 8 November 2018. Total ada 10 Tim Nasional (Timnas) di kawasan Asia Tenggara yang berupaya menjadi juara di edisi ke-12 Piala AFF (dahulu Piala Tiger), termasuk Timnas Indonesia.

Skuad asuhan Bima Sakti itu tergabung di Grup B bersama juara bertahan Thailand, Singapura, Filipina, dan Timor Leste. Langkah Timnas Indonesia untuk menjuarai turnamen tersebut pertama kalinya tidak akan mudah. Sebab, mereka akan bertandang ke Singapura di laga perdana, Jumat 9 November 2018.

(Baca juga: Febri Hariyadi Bertekad Cetak Sejarah di Piala AFF 2018)

The Lions –julukan Timnas Singapura merupakan pengoleksi gelar juara terbanyak kedua, yakni empat kali, di bawah Thailand. Tergabungnya dua mantan juara sekaligus kuda hitam Filipina di Grup B tentu membuat persaingan akan semakin sengit.

Tentu setiap tim punya pemain bintang yang siap bersinar di Piala AFF 2018. Khusus untuk Grup B, berikut lima pemain bintang dan calon bintang yang diprediksi akan bersinar di turnamen dua tahunan tersebut, dilansir dari situs resmi AFF Suzuki Cup 2018, Senin (5/11/2018).

5. Siwarak Tedsungnoen (Thailand)

Tugas berat ada di pundak Siwarak Tedsungnoen untuk mengisi tempat yang ditinggalkan kiper legendaris Timnas Thailand, Kawin Thamsatchanan. Apalagi, Siwarak merupakan salah satu pemain paling berpengalaman dengan usia sudah mencapai 34 tahun, yang dipanggil oleh pelatih Milovan Rajevac.

Siwarak Tedsungnoen

Di level klub, Siwarak adalah bintang yang bersinar terang bersama Buriram United. Akan tetapi, berbicara level timnas, ia bukan siapa-siapa mengingat jumlah penampilan bersama Tim Gajah Perang masih di bawah dua digit. Tentu sang penjaga gawang akan siap jika dipercaya turun mengawal garis terakhir pertahanan Timnas Thailand guna merengkuh gelar keenam.

4. Stephen Schrock (Filipina)

Pengalaman lagi-lagi akan menjadi kunci untuk memenangi Piala AFF 2018. Gelandang veteran Timnas Filipina, Stephen Schrock, bakal mengemban tugas berat membawa The Azkals meraih juara untuk pertama kalinya.

Gelandang Timnas Filipina Stephen Schrock

Pria berusia 32 tahun itu diprediksi akan menjadi pemimpin di lapangan. Apalagi, Timnas Filipina kemungkinan besar tidak akan diperkuat oleh pemain paling bersinar mereka, yakni Neil Etheridge. Penjaga gawang klub Liga Inggris Cardiff City itu diyakini akan absen di Piala AFF 2018 demi persiapan menghadapi Piala Asia 2019.

Filipina bersama Vietnam dan Thailand menjadi perwakilan Asia Tenggara di Piala Asia 2019. Tentu gengsi turnamen yang lebih besar membuat klub-klub Eropa lebih memilih melepas pemainnya untuk Piala Asia. Karena itu, Schrock diharapkan dapat menjadi pemimpin di Piala AFF 2018 sebagai pijakan awal untuk Piala Asia 2019.

3. Faris Ramli (Singapura)

Sebagai salah satu pemain yang berkarier di luar Liga Singapura, Faris Ramli tentu menjadi andalan pelatih Fandi Ahmad untuk membawa The Lions menyamai prestasi Thailand dengan lima kali juara. Pemain berusia 26 tahun itu punya kreativitas yang tinggi di lapangan tengah sehingga diprediksi akan bersinar bersama Timnas Singapura di Piala AFF 2018.

Faris Ramli

Faris punya kemampuan untuk tampil di semua posisi di lapangan tengah. Posisi apa pun tidak akan menghalangi kreativitasnya sebagai playmaker andalan. Reputasinya di Singapura dan Malaysia bersama klub PKNS FC, diyakini akan semakin besar apabila mampu tampil apik di edisi ke-12 Piala AFF 2018.

2. Zulfiandi (Indonesia)

Pemain asal Bhayangkara FC ini pernah mendapat pujian dari pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla, pada ajang Asian Games 2018. Menurut pelatih asal Spanyol itu, Zulfiandi bisa saja punya karier cemerlang di Benua Eropa.

Zulfiandi

Pria asal Aceh itu kemungkinan besar akan tetap diandalkan pelatih Bima Sakti di Piala AFF 2018 sebagai jangkar di lini tengah. Walau hanya punya koleksi tiga kali tampil bersama tim senior, Zulfiandi sudah nampak sebagai pemain berpengalaman dengan kemampuan operan serta bertahan yang mumpuni.

Piala AFF 2018 akan menjadi debutnya di turnamen dua tahunan tersebut. Zul diyakini akan bersinar sebagai salah satu gelandang dengan kemampuan mengatur tempo permainan yang mumpuni.

1. Aderito (Timor Leste)

Sebagai anak bawang di Piala AFF, Timor Leste diprediksi tidak akan berbicara banyak. Namun, bukan berarti tim berjuluk O Sol Nascente itu tidak punya pemain yang akan bersinar di Piala AFF 2018.

Aderito

Salah satu yang kemungkinan menjadi andalan adalah kiper Aderito. Pemuda berusia 21 tahun itu dikenal sangat solid dan mampu mengatur lini belakangnya dengan baik. Satu lagi kemampuannya yang tidak bisa diremehkan, yakni distribusi bola layaknya kiper-kiper modern.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini