Timnas Indonesia U-19 Kandas dari Malaysia dalam Drama Adu Penalti

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 21:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 12 51 1921644 timnas-indonesia-u-19-kandas-dari-malaysia-dalam-drama-adu-penalti-49cS7XZTXo.jpg Timnas Indonesia U-19 vs Malaysia (Foto: ANTARA)

SIDOARJO – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 gagal melangkah ke final setelah menyerah dari Malaysia pada laga semifinal Piala AFF U-19 2018 yang berlangsung di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (12/7/2018) malam WIB. Meski bermain imbang 1-1 hingga waktu normal, tetapi Garuda Nusantara –julukan Timnas Indonesia U-19- menyerah dalam laga adu penalti dengan skor 2-3.

Gol pertama Indonesia berhasil dicetak Egy Maulana Vikri melalui titk putih. Sementara gol Malaysia dicetak Muhammad Syaiful. Namun hingga waktu normal tak ada gol tambahan. Laga pun harus berlanjut ke babak adu penalti.

Pada laga adu penalti tersebut, Indonesia harus mengakui keunggulan Malaysia setelah gagal mencetak gol dalam tiga kesempatan. Sementara Malaysia yang hanya gagal satu kali berhasil memenangkan laga. Malaysia pun berhak melangkah ke final untuk jumpa Myanmar.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Laga dimulai, Timnas Indonesia U-19 mencoba inisiatif untuk melakukan serangan. Harapan pun muncul kala waktu belum berjalan dua menit, Indonesia mendapat hadiah penalti. Egy Maulana Vikri yang baru melakoni laga perdana di Piala AFF U-19 mendapat kesempatan untuk menjadi eksekutor.

Tak disia-siakan, pemain Lechia Gdansk itu sukses membuat jala Malaysia bergetar dan mengubah skor menjadi 1-0 pada menit ke-2. Unggul 1-0, Timnas Indonesia U-19 semakin gencar untuk melakukan serangan.

Pada menit ke-5, Witan Sulaiman nyaris menjebol gawang Malaysia untuk yang kedua kalinya. Sayang tembakannya masih melebar. Tertinggal satu gol, Malaysia mencoba tenang dan melakukan cara untuk menekan pertahanan Indonesia.

Baca juga Imbang 1-1, Timnas Indonesia U-19 vs Malaysia Berlanjut ke Adu Penalti

Pada menit ke-9, Malaysia nyaris memperkecil kedudukan. Namun tendangan pemain Malaysia masih mampu ditangkap dengan baik oleh kiper Timnas Indonesia U-19 yakni M. Riyandi. Ancaman pun datang bagi Indonesia di menit 14.

Timnas Indonesia U-19 (Foto: ANTARA)

Malaysia yang mendapat tendangan sepak pojok, tak menyia-nyiakan kesempatan untuk mencetak gol. Sundulan Muhammad Syaiful membuat Riyandi tak berdaya untuk menahan bola. Gawang Indonesia pun terkoyak dan membuat skor berubah menjadi 1-1.

Kembali imbang, Malaysia semakin bersemangat untuk menyerang. Namun, usaha mereka masih terus gagal. Sebaliknya, para pemain Indonesia giliran menggempur pertahanan Malaysia. Pada menit 21, Saddil Ramdani mendapat peluang emas melalui tendangan bebas. Sayang bola masih membentur tiang gawang.

Laga pun berlangsung ketat. Kedua tim sama-sama melakukan serangan untuk mencuri gol. Namun, hingga turun minum tak ada gol tercipta. Indonesia dan Malaysia masih bermain imbang 1-1.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini