nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Alasan Messi Gagal Raih Trofi Ballon d'Or 2018, Nomor 1 Persaingan Abadi

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 13:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 17 51 1899384 5-alasan-messi-gagal-raih-trofi-ballon-d-or-2018-nomor-1-persaingan-abadi-PTnDcJwGN8.jpg Lionel Messi. (Foto: Sportskeeda)

KARIER Lionel Messi sebagai pesepakbola tentu tidak perlu diragukan lagi. Kehebatan Messi telah dibuktikan dengan lima trofi Ballon d’Or yang telah didapatkan sejak memulai karier di dunia sepakbola.

Musim ini, Messi pun berpeluang besar menambah koleksi trofi Ballon d’Or. Sebab, penampilan gemilang La Pulga –julukan Messi– masih dapat disaksikan para pencinta sepakbola di sepanjang musim 2017-2018.

Meski begitu, langkah Messi untuk meraih trofi Ballon d’Or tahun ini tak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa faktor yang dapat menjegal langkah striker berpaspor Argentina itu untuk meraih trofi keenam Ballon d’Or.

Kali ini, Okezone akan membeberkan faktor-faktor yang dapat mengubur impian Messi menambah koleksi trofi Bola Emas. Sebagaimana dikutip dari Sportskeeda, Kamis (17/5/2018), berikut lima alasan Messi gagal raih trofi Ballon d’Or 2018:

5. Dominasi Messi-Ronaldo yang Mulai Meredup

Nama Messi dan pemain bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, memang paling mendominasi dalam perebutan trofi Ballon d’Or ini. Tercatat, nama kedua pemain ini selalu muncul dalam 10 tahun terakhir.

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

(Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Foto: Sportskeeda)

Karena itu, torehan trofi Ballon d’Or milik Messi dan Ronaldo pun kini seimbang. Keduanya sama-sama mengoleksi lima trofi. Akan tetapi, banyak pihak menilai dominasi Messi dan Ronaldo untuk menjadi pemain terbaik di Eropa akan berakhir.

Hal ini diyakini dari menurunnya performa Messi dan Ronaldo pada musim ini. Di tengah penurunan kinerja kedua pemain bintang ini, muncul pesepakbola-pesepakbola hebat yang diyakini akan turut meramaikan perebutan trofi Ballon d’Or, salah satunya adalah Mohamed Salah. Dengan kondisi ini, impian Messi untuk meraih trofi keenam akan terkubur dalam-dalam.

4 Mohamed Salah

Harus diakui, perhatian publik di sepanjang musim ini tak sepenuhnya tertuju kepada Messi dan Ronaldo. Penampilan gemilang beberapa pemain hebat telah mengalihkan fokus para pencinta sepakbola. Salah satu pesepakbola yang tengah mendapat sorotan penuh adalah Mohamed Salah.

Mohamed Salah

(Mohamed Salah. Foto: Sportskeeda)

Penampilan gemilang Salah bersama Liverpool di sepanjang musim ini telah mencuri perhatian publik. Saking terpukaunya, pemain berpaspor Mesir ini pun dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di dunia.

Dengan kondisi ini, banyak pihak menyebut nama Salah sebagai kandidat terkuat peraih trofi Ballon d’Or 2018. Terlebih, jika Salah berhasil membawa Liverpool menjuarai Liga Champions 2017-2018. Tentu saja, hal ini dapat mengancam dominasi Messi untuk meraih trofi Ballon d’Or keenamnya.

3. Kegagalan di Liga Champions

Alasan lainnya yang dapat menghentikan langkah Messi meraih trofi Ballon d’Or pada musim ini adalah kegagalannya memberikan torehan yang apik kepada Barcelona di Liga Champions 2017-2018. La Pulga hanya bisa membawa Barcelona melangkah ke babak perempatfinal Liga Champions musim ini usai ditaklukkan AS Roma.

AS Roma

(AS Roma. Foto: Sportskeeda)

Kekalahan Blaugrana –julukan Barcelona– daro Roma ini diyakini akan memberi pengaruh besar terhadap Messi. Sebab, penampilan di Liga Champions memberi pengaruh besar atas penilaian seorang pemain saat ingin mendapatkan trofi Ballon d’Or tersebut.

Langkah Messi pun dapat terjegal karena hal tersebut, meskipun ia berhasil bersinar di liga domestik dengan membawa Barcelona meraih gelar juara musim ini. Dengan begitu, Salah dan Ronaldo pun memiliki peluang untuk merebut trofi tersebut karena mereka berhasil membawa timnya melangkah ke babak final Liga Champions 2017-2018. Penampilan yang gemilang pun diyakini akan ditunjukkan Salah dan Ronaldo pada laga yang digelar Minggu 27 Mei 2018 dini hari WIB itu.

2. Diragukan Tampil Mentereng dengan Timnas Argentina di Piala Dunia 2018

Kegagalan Messi di Liga Champions tentu saja harus dibayar dengan penampilan yang apik di turnamen lainnya. Agar dapat tetap menjaga asanya meraih trofi Ballon d’Or 2018, Messi harus bisa tampil gemilang bersama Tim Nasional (Timnas) Argentina di Piala Dunia 2018.

Lionel Messi

(Lionel Messi. Foto: Sportskeeda)

Akan tetapi, hal ini diyakini sulit dilakukan Messi. Sebab, striker berusia 30 tahun itu selalu kesulitan menunjukkan penampilan gemilang bersama Timnas Argentina. Bak kehilangan tajinya, Messi selalu tampil melempem bersama Timnas Argentina sehingga tak pernah sekalipun mempersembahkan gelar juara kepada negaranya (di level senior).

Hal yang sama pun diyakini akan terjadi pada penampilan Messi musim ini. Timnas Argentina dipercaya masih kesulitan menghalau persaingan dari negara-negara lainnya. Dengan begitu, impian La Pulga untuk meraih trofi Ballon d’Or 2018 benar-benar akan terkubur.

1. Kebangkitan Cristiano Ronaldo

Faktor utama yang dapat menghentikan langkah Messi meraih trofi Ballon d’Or adalah kehadiran Ronaldo. Persaingan yang ketat diyakini akan diberikan CR7 –julukan Ronaldo– kepada rival abadinya tersebut.

Cristiano Ronaldo

(Cristiano Ronaldo. Foto: Reuters)

Penampilan yang kurang apik memang ditunjukkan Ronaldo pada awal-awal musim ini. Akan tetapi, striker andalan Portugal itu dapat bangkit dan memperbaiki torehannya pada paruh kedua musim ini.

Kebangkitan Ronaldo pun akan mempersulit langkah Messi untuk merengkuh trofi keenam Ballon d’Or. Terlebih, jika Ronaldo berhasil membawa tim kesayangannya, yakni Real Madrid, memenangkan Liga Champions pada musim ini. Ia pun akan menjadi pemain yang paling difavoritkan untuk memenangkan Ballon d'Or 2018.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini