nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Timnas Indonesia Takluk 1-4 dari Islandia

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 14 Januari 2018 21:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 14 51 1844821 timnas-indonesia-takluk-1-4-dari-islandia-k38LIOtwNv.jpg Timnas Indonesia vs Islandia (Foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA – Timnas Indonesia harus menelan kekecewaan lantaran takluk dengan skor cukup telak 1-4 dari Islandia di laga persahabatan pada Minggu (14/1/2018) malam WIB. Pada babak pertama, Indonesia sebenarnya mampu mengimbangi tim debutan Piala Dunia itu. Bahkan Tim Garuda mampu mencetak gol lebih dahulu, yakni pada menit ke-29.

Kendati demikian, ketika memasuki babak kedua, para pemain Islandia  seolah sudah dapat membaca pergerakan penggawa Indonesia. Hasilnya, tiga gol tambahan pun dilesakkan ke gawang Indonesia yang dijaga oleh Andritany Ardhiyasa.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

Pertandingan dimulai dengan Timnas Islandia yang lebih dahulu menekan wilayah pertahanan Timnas Indonesia. Namun, Indonesia tak mau berada di dalam tekanan dan mencoba juga mengkreasikan serangan.

Pada menit kelima, kemelut terjadi di dalam kotak penalti Indonesia. Meski para pemain Islandia berada dalam penjagaan yang cukup ketat, namun Arnor Sigurdarson mampu mencari ruang dan melepaskan tembakan. Beruntung, Andritany masih sigap mengamankan gawangnya dengan menghalau datangnya bola.

Tak ingin terus ditekan di hdapan publik sendiri, Indonesia pun mencoba melakukan serangan melalui skema umpan silang. Ketika yang dilakukan Fachrudin pada menit ke-10 ketika melakukan crossing ke dalam kotak penalti Islandia. Namun begitu, bola masih bisa disapu oleh bek Islandia.

Hingga memasuki menit ke-18, Indonesia terus berada dalam tekanan Islandia. Namun, apresiasi patut diberikan kepada lini pertahanan Indonesia dan Andritany yang tampil sigap menghalau setiap serangan tim tamu.

Memasuki menit ke-23, Indonesia sudah mulai mampu menguasai bola. Berkali-kali skuad asuhan Luis Milla itu mencoba membongkar pertahanan Islandia. Meskipun pada akhirnya belum berhasil, namun upaya tersebut patut diapresiasi. Indonesia harus lebih mampu melkaukan umpan-umpan dengan baik untuk bisa menembus pertahanan tim tamu.

Timnas Indonesia sukses membuka keunggulan atas Islandia di menit ke-29. Berawal dari umpan silang yang dilepaskan Febry Haryadi, penjaga gawang Islandia, Runar Runarsson, tak mampu mengantisipasi datangnya bola dengan baik. Bola yang lepas dari tangkapan Runarsson lekas disambar oleh Ilham Udin hingga masuk ke dalam gawang. Indonesia pun unggul dengan skor 1-0.

Unggul satu gol membuat Indonesia tampil lebih percaya diri. Pasalnya, Ovaldo Haay dan kawan-kawan lebih berani mengembangkan permainan. Tercatat pada menit ke-38, Tim Garuda kembali mendapat peluang mencetak gol.

Kali ini melalui Hargianto yang setelah berhasil mencuri bola dari pemain Islandia, lekas melakukan penetrasi ke kotak penalti tim tamu. Tanpa pengawalan ketat, Hargianto pun melepaskan tembakan.Kendati begitu, harus disayangkan bola masih melambung di atas mistar gawang.

Sementara itu, Islandia mencoba menyamakan kedudukan dengan mulai militan melakukan gempuran ke wilayah pertahanan Indonesia. Hasilnya, pada masa injury time babak pertama, Islandia pun mendapatkan gol penyeimbang. Upaya Gudmundsson melepaskan tendangan mendatar yang bisa ditepis Andritany, namun bola pantul kembali kepada dirinya dan melakukan tendangan ke arah gawang yang sudah tanpa pengawalan. Skor 1-1 menjadi hasil dari babak pertama.

Babak Kedua:

Babak kedua dimulai dengan serangan yang dibangun oleh para pemain Islandia. Terbukti, dua menit laga berlangsung, tim tamu langsung membahayakan gawang Indonesia. Adalah Ottar Karlsson yang melepaskan sundulan usai menerima umpan dari tendangan sudut. Beruntung, bola masih menyamping di sisi kiri gawang Indonesia.

Di menit ke-51, giliran Indonesia yang membahayakan gawang Islandia. Umpan-umpan pendek para pemain Indonesia dituntaskan oleh Hargianto dengan tendangan dari luar kotak penalti. Namun begitu, bola masih melambung tinggi di atas mistar gawang Islandia.

Indonesia tertinggal dengan skor 1-2 pada menit ke-59. Berawal dari tendangan sudut yang dilakukan Albert Gudmundsson, bola yang mengarah ke jantung pertahanan Indonesia lekas disundul oleh pemain Islandia lainnya dan membentur mistar gawang.

Namun demikian, bola pantul mengarah ke kaki Arnor Smarason yang langsung disambarnya dengan tendangan mendatar. Bola pun masuk ke gawang Indonesia dan membuat skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Islandia.

Enam menit berselang, tepatnya di menit ke-65, Islandia kembali membobol gawang Indonesia. Berawal dari pelanggaran yang dilakukan Hansamu Yama di kotak terlarang, wasit pun lekas menunjuk titik putih. Gudmundsson yang menjadi eksekutor memanfaatkan peluang tersebut dengan baik dan membuat kedudukan berubah menjadi 3-1.

Timnas Islandia kembali mencetak gol ke gawang Indonesia di menit ke-72. Lagi-lagi Albert Gudmundsson menjadi mimpi buruk bagi Tim Garuda. Kali ini, pemain bernomor punggung 10 itu melakukan aksi solo-run dan memenangi duelnya dengan Fachrudin. Ketika menemukan sedikit celah, Gudmundsson pun melepaskan tendangan yang tak bisa dijangkau Andritany. Kini Islandia mengungguli Indonesia dengan skor 4-1.

Selepas gol keempat tersebut, Indonesia tetap menunjukkan semangat bertandingnya. Serangan demi serangan coba dibangun Tim Garuda demi dapat memperkecil kedudukan. Peluang terbaik pun tercipta di menit ke-88 melalui sundulan Fachruddin memanfaatkan umpan tendangan bebas Febri. Namun sayang, bola masih melambung di atas mistar gawang Islandia.

Di sepanjang sisa pertandingan, Indonesia tetap berusaha memperkecil kedudukan. Kendati begitu, hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tak ada gol lagi yang tercipta. Timnas Indonesia pun takluk dengan skor 1-4 dari Islandia.

Susunan Pemain

Indonesia: Andritany, I Putu Gede (Gavin Kwan 77’), Hansamu Yama (Abdurrauf 65’), Fachrudin, Rezaldi Hehanusa, Bayu Pradana, M Hargianto (Andik Vermansyah 79’), Febry Haryadi, Ilham Udin (Boaz Solossa 67’), Septian David (Evan Dimas 57’), Osvaldo Haay (Egy Maulana Vikri 85’)

Pelatih: Luis Milla

Islandia: Ruinarsson, Eyjolfsson, Fjoluson, Fridriksson, Fridjohnsson (Jonsson 68’), Traustason (Gudmundsson 27’), Skulason (Haldarsson 56’), Smarason, Finnbogason (Haraldson 76’), Sigurdarson, Bjarnasson (Karlsson 56’)

Pelatih: Heimir Hallgrímsson     

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini