Image

Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah 2 Turnamen Futsal Berlevel Internasional

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 17:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 07 51 1826829 indonesia-resmi-jadi-tuan-rumah-2-turnamen-futsal-berlevel-internasional-xJNW7rhcYH.jpg Timnas Futsal Indonesia (Foto: Istimewa)

TOKYO – Tahun 2018 akan menjadi tahun yang sibuk bagi Indonesia. Pasalnya, selain menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Indonesia juga dipercaya menjadi tuan rumah dari dua kejuaraan futsal berlevel internasional, yakni AFF Futsal Club Championship dan AFF Futsal Championship 2018.

Melalui pertemuan dewan Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) yang diselenggarakan di Tokyo, Jepang, pada Kamis (7/12/2017), Indonesia akhirnya secara resmi ditunjuk menjadi tuan rumah dari dua turnamen bergengsi tersebut. Ini tentunya hal yang membanggakan mengingat dalam beberapa waktu terakhir futsal di Tanah Air memang sedang menggeliat.

Lebih lanjut, pembagian grup untuk ajang AFF Futsal Championship 2018 pun sudah dilaksanakan. Sebagai tuan rumah, Indonesia berada di Grup A, di mana skuad Merah Putih tergabung bersama Malaysia, Myanmar, Filipina, dan Kamboja. Bila menilik dari komposisi tersebut, jelas bukan langkah mudah bagi skuad Merah Putih untuk bisa menembus babak semifinal.

(Baca juga: FFI Resmi Berhentikan Vic Hermans sebagai Pelatih Timnas Futsal Indonesia)

Pasalnya, Malaysia dan Myanmar secara pasti telah menjelma menjadi tim yang menakutkan di dunia futsal. Meski begitu, Indonesia memiliki kesempatan melaju ke fase knockout, jika menilik berkembangnya kompetisi futsal di Tanah Air.

Sementara itu di Grup B terdapat Thailand, Vietnam, Timor Leste, dan Brunei Darussalam. Di atas kertas, Thailand dan Vietnam diprediksi bakal menjadi dua tim yang lolos ke semifinal. Namun, semua itu tentu saja masih dapat berubah apabila Timor Leste dan Brunei membuat kejutan.

Adapun waktu penyelenggaraan AFF Futsal Championship direncanakan akan dihelat mulai dari 6-15 September 2018. Berstatus sebagai tuan rumah, tentunya membuat publik Indonesia berharap agar Tim Merah Putih mampu menjadi juara, sebagaimana yang terjadi pada 2010 kala Indonesia menjadi juara di Vietnam.

Sementara itu, untuk gelaran AFF Futsal Club Championship direncanakan akan digelar mulai dari 1-10 Mei 2018. Namun, jadwal tersebut menjadi masalah bagi kompetisi futsal Indonesia, yang mana di waktu yang sama klub-klub futsal di Tanah Air masih harus berlaga.

Federasi Futsal Indonesia (FFI) pun telah melakukan negosiasi untuk mengundur perhelatan akbar tersebut. Kendati demikian, apabila usul tersebut ditolak, maka Indonesia akan mengirimkan wakil yang telah ditentukan dalam musyawarah 16 klub futsal putra dan delapan klub putri.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini