nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Laporan Pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs Thailand U-19: Dominasi Laga, Egy Maulana Dkk Ditahan Thailand 0-0

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 15 September 2017 16:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 15 51 1776714 laporan-pertandingan-timnas-indonesia-u-19-vs-thailand-u-19-dominasi-laga-egy-maulana-dkk-ditahan-thailand-0-0-EiaiLV8g5G.jpg

YANGON – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 bermain imbang tanpa gol saat melawan Thailand U-19 di semifinal Piala AFF U-18 2017. Bermain menekan sejak menit awal, beberapa peluang emas didapat Garuda Nusantara.

Kendati demikian, dewi keberuntungan masih belum berpihak kepada Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan karena berbagai peluang yang didapat itu masih belum membuahkan gol. Nahas bagi Indonesia. Di pengujung babak pertama, Saddil Ramdani mendapat kartu merah karena kedapatan menyikut fullback Thailand. Alhasil di babak kedua, Indonesia akan bermain dengan 10 orang.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

Pertandingan dimulai dengan kedua kesebelasan mencoba saling memberikan tekanan. Pada menit kedua, Egy Maulana Vikri mencoba memberikan umpan lambung ke jantung pertahanan Thailand, mengarah langsung ke Rafli Mursalim. Namun, kiper Thailand keluar dari sarangnya dan segera membuang bola dari kejaran Rafli.

Gagal di serangan pertama, tak membuat Indonesia lekas berputus asa. Hasilnya, di menit ketujuh, Garuda Nusantara mendapatkan peluang kedua mereka. Adalah Witan Sulaeman yang mendapatkan umpan terobosan langsung menggiring bola cepat ke arah gawang Thailand untuk melakukan tendangan langsung. Namun sayang, bola sepakannya masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Thailand.

Thailand sendiri bukan tanpa peluang. Di menit ke-15, Tim Gajah Tempur mendapatkan tendangan bebas. Umpan yang dikirimkan dari tendangan bebas tersebut ke jantung pertahanan Indonesia cukup berbahaya. Beruntung, bek Indonesia masih mampu menghalau bola keluar lapangan, sehingga hanya menghasilkan sepak pojok.

Memasuki menit ke-26, Indonesia kembali mengancam gawang Thailand. Kali ini melalui Egy yang memanfaatkan serangan balik. Usai menggocek satu bek Thailand, Egy hanya tinggal berhadapan satu lawab satu dengan penjaga gawang Thailand. Namun begitu, bola yang disepak Egy menggunakan kaki kiri masih dapat dihalau kaki kanan sang penjaga gawang.

Tak berhenti sampai di situ, upaya Garuda Nusantara untuk mencetak angka pertama masih terus berlanjut. Di menit 35, giliran Witan yang kembali membahayakan gawang Thailand. Memanfaatkan umpan silang yang disodorkan Firza, Witan dengan sigap langsung melepaskan tendangan first time kaki kanan. Namun, bola masih dapat diamankan dengan cukup mudah penjaga gawang Thailand. Papan skor masih belum berubah 0-0.

Di pengujung laga, justu Thailand yang balik menekan Indonesia. Pemain Thailand mencoba melepaskan tembakan dari bola yang sebelumnya dihalau oleh Aqil Savik. Namun, bola sepakannya masih terlampau pelan dan mudah diamankan oleh Aqil. Di masa injury time babak pertama, pelatih Indra Sjafri memasukkan Saddil Ramdani untuk menggantikan Febby Eka Putra.

Belum genap satu menit berada di lapangan, Saddil mendapat kartu merah karena kedapatan menyikut fullback Thailand.  Babak pertama sendiri berakhir dengan skor 0-0 dan Indonesia akan melalui babak kedua bersama 10 pemain.

Berikut Formasi Timnas U-19 vs Thailand U-19:

Formasi 4-1-3-1-1: Aqil Savik; Firza, Nur Hidayat, Rachmat Irianto, Rifad M,; M Lutfi Kamal; Feby Eka Putra (Saddil Ramdani 45’), Abimanyu, Witan Sulaeman; Egy Maulana Vikri; Rafli Mursalim

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini