Arsenal Segel Tiket Pamungkas Champions League

Randy Wirayudha, Jurnalis · Minggu 19 Mei 2013 23:30 WIB
https: img.okezone.com content 2013 05 19 45 809354 CfEdDWisCJ.jpg Prosesi gol tunggal Laurent Koscielny (kedua dari kanan) (Foto: Reuters)

NEWCASTLE – Cukup satu gol yang berbuah tiga angka yang dicuri dari kandang Newcastle United, Arsenal resmi menggenggam satu tiket terakhir (kualifikasi) Liga Champions musim depan. Arsenal meraihnya di partai terakhir dengan perlawanan sengit tuan rumah di St. James’s Park, Minggu malam (19/5/2013).

 

Dengan begitu, Arsenal mempertahankan surplus satu angka dari rival sekota, Tottenham Hotspur yang tak berdaya di posisi kelima, kendati juga meraih tiga poin kala menjamu Sunderland di waktu yang sama.

 

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Tuan rumah membuka ancaman sejak menit awal. Tepatnya di menit ketujuh, Mapou Yanga-Mbiwa lepas dari kawalan Per Mertesacker di sisi kiri. Umpan tarik sempat dilepaskan, namun sayangnya, finishing Papiss Cisse masih gagal saat bola melintas di atas mistar gawang.

 

Arsenal membalas di menit ke-12. Santiago Cazorla melontarkan umpan lambung yang segera diterima Laurent Koscielny. Sontekan bek internasional Prancis itu hanya mengantarkan bola ke samping tiang gawang tuan rumah.

 

Newcastle memperoleh peluang berikutnya di penghujung babak pertama. Pada menit ke-37, Yoham Cabaye yang mendapat ruang, melakukan sepakan spekulatif dari jarak 25 yard. Bola sempat menyentuh tanah dan menyulitkan Wojciech Szczesny. Tapi beruntung masih bisa diselamatkan. Skor kacamata untuk babak pertama.

 

Babak Kedua

Tim tamu sempat memberi kejutan untuk The Toon Army di awal interval kedua. Tepatnya di menit ke-46, clearance yang dilakukan Steve Harper menyasar ke kaki Theo Walcott. Pemain lincah Arsenal itu pun langsung mendentumkan sepakan keras sebagai respon lanjutan. Namun Harper masih sanggup memblok dan mengamankan gawangnya.

 

Setelah sejumlah upaya The Gunners kandas, gol untuk tim tamu pun akhirnya hadir di menit ke-52. Berawal dari sepak pojok yang sempat disambut heading Mertesacker, bola liar itu lantas dirampungkan sepakan voli Koscielny dari jarak dekat. Steve Harper tak berdaya dan papan skor, memamerkan angka 1-0 untuk kubu tamu.

 

Sebelum menyegel kemenangan berharganya ini, tim Meriam London nyaris melebarkan keunggulan. Pada menit ke-90+2, Walcott melakukan akselerasi tak terbendung hingga ke sisi dalam pertahanan The Magpies. Nahas, penyelesaiannya masih membentur tiang. Keunggulan Arsenal awet hingga usai.

 

Susunan Pemain

Newcastle United: Steve Harper, Fabricio Coloccini, Mathieu Debuchy, Teven Taylor, Mapou Yanga-Mbiwa/Adam Campbell (80’), Hatem Ben Arfa, Yohan Cabaye/Vurnon Anita (65’), Jonás Gutiérrez, Cheikh Tioté, Yoan Gouffran/Sylvain Marveaux (65’), Papiss Cissé.

 

Arsenal: Wojciech Szczesny, Per Mertesacker, Bacary Sagna, Kieran Gibbs, Laurent Koscielny, Tomáš Rosický, Mikel Arteta/Alex Oxlade-Chamberlain (28’), Santiago Cazorla/Jack Wilshere (89’), Aaron Ramsey, Theo Walcott, Lukas Podolski/Olivier Giroud (78’).

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini