Share

Permalukan Milan, Zenit ke Europa League

Aditya Putra, Okezone · Rabu 05 Desember 2012 04:49 WIB
https: img.okezone.com content 2012 12 05 261 727451 d1o8JFSmLC.jpg Zenit St. Petersburg berhasil meraih tiket ke Europa League. (Foto: Reuters)

MILAN - Zenit St. Petersburg berhasil mengamankan satu tiket ke Europa League, usai menundukkan tuan rumah AC Milan dengan skor 1-0. Gol semata wayang pada pertandingan tersebut diciptakan gelandang sekaligus kapten mereka, Danny.

 

Pada laga yang berlangsung di San Siro, Rabu (5/12/2012) tersebut, Milan sebenarnya tampil dominan dan kerap mengancam melalui serangan-serangan yang mereka bangun. Namun, kukuhnya lini pertahanan Zenit ditambah gemilangnya penampilan kiper Vyacheslav Malafeev membuat mereka mampu menjaga kemenangan.

 

Babak I

Pada awal babak pertama, dengan mendapat dukungan dari para tifosi yang datang ke San Siro, Milan langsung mengambil inisiatif penyerangan. Namun, serangan-serangan juga dilancarkan oleh kubu tim tamu, kendati belum ada peluang berbahaya yang tercipta dari kedua tim.

 

Saat laga memasuki menit ke-4, bek Zenit, Bruno Alvez menarik gelandang sekaligus kapten Milan, Massimo Ambrosini di dalam kotak penalti, setelah dilakukannya tendangan penjuru. Namun, wasit tak menganggap hal tersebut sebagai suatu pelanggaran, sehingga pertandingan dilanjutkan.

 

Berikutnya, Milan tetap dominan melalui serangan-serangan yang mereka bangun. Namun, trio Bojan Krkic, Giampaolo Pazzini, dan Urby Emanuelson selalu gagal dalam menuntaskan penyelesaian akhir. Sementara itu, tim tamu beberapa kali mencoba balik menekan melalui serangan balik, kendati tak ada yang berbahaya.

 

Pada menit 34, seisi San Siro terdiam, setelah gelandang sekaligus kapten Zenit, Danny mencetak gol ke gawang Milan yang dikawal Abbiati. Berawal dari kemelut di sisi kanan pertahanan Milan, para bek Rossoneri tampak kebingungan sehingga bola liar langsung disambar Danny. Tim tamu pun unggul 1-0.

 

Berikutnya, Milan mencoba untuk membalas menciptakan gol. Namun, lagi-lagi, serangan mereka selalu kandas di lini pertahanan Zenit. Dan, akhirnya babak pertama pun berakhir 1-0 untuk keunggulan Zenit.

 

Babak II

Tak ingin malu di kandangnya, Milan langsung menggebu-gebu dalam melakukan serangan pada awal paruh kedua. Pada menit 53, penyelamatan brilian dilakukan oleh kiper Zenit, Vyacheslav Malafeev dengan menggagalkan peluang Milan melalui Pazzini, yang memanfaatkan umpan silang Kevin-Prince Boateng.

 

Selanjutnya, kendali permainan masih dipegang tuan rumah, namun lagi-lagi penyelesaian akhir menjadi masalah bagi Milan. Sedangkan Zenit, yang di atas angin karena dalam keadaan unggul, mencoba beberapa kali melakukan serangan balik ke arah pertahanan Milan. Namun, mereka pun gagal menciptakan gol.

 

Pada menit 85, peluang kembali didapat Milan melalui penyerang yang baru dimasukkan, Stephan El Shaarawy. Berawal dari pergerakan Emanuelson di sisi kiri pertahanan Zenit, mantan pemain Ajax itu mengirim umpan kepada El Shaarawy, yang dilanjutkan dengan sebuah tembakan. Namun, bola masih melebar.

 

Di sisa waktu, Milan terus menggempur Zenit, namun peluang-peluang yang mereka ciptakan tetap saja tak membuahkan gol. Keasyikan menyerang, mereka sempat mendapat serangan mendadak dari tim tamu, namun, duet Cristian Zapata dan Francesco Acerbi bermain baik pada laga ini. Kedudukan akhir pun tetap 1-0 untuk Zenit.

 

Dengan hasil tersebut, satu tiket ke Europa League berhasil didapat Zenit. Pasalnya, pada pertandingan Grup C lainnya, Anderlecht ditahan imbang 2-2 oleh Malaga. Dengan demikian, Anderlecht terbenam di dasar klasemen akhir.

 

Susunan pemain:

MILAN: Abbiati, De Sciglio, Acerbi, Mesbah (Robinho 64’), Zapata, Boateng, Flamini (El Shaarawy 79’), Ambrosini, Emanuelson, Pazzini, Bojan Krkic (Petagna 90’)

 

ZENIT: Malafeev, Anyukov, Bruno Alves, Lombaerts, Hubocan, Shirokov (Kanunnikov 87’), Semak (Lumb 91’), Denisov, Witsel, Danny, Hulk (Zyryanov 78’)

(dit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini