nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Semen Padang Juara IPL 2011/12

Rus Akbar, Jurnalis · Minggu 24 Juni 2012 21:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2012 06 24 49 652860 un0wQIWX7O.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

PADANG - Semen Padang akhirnya menasbihkan diri menjadi juara Indonesia Premier League (IPL) 2012, setelah menundukkan Persiraja Banda Aceh 3-1, pada laga lanjutan yang berlangsung di Gor Agus Salim Padang, Minggu (24/6/2012).

 

Gol pertama dicetak Ferdinand Sinaga pada menit 23 melalui umpan matang yang diberikan Edward Wilson Junior darti depan kotak penalti. Umpan tersebut dimanfaatkan Ferdinand saat itu tak dijaga bek, tendangan kaki kirinya mengoyak gawang yang dijaga Zulbahra.

 

Selang dua menit Semen Padang kembali membobol gawang Persiraja Banda Aceh lewat tendangan penalti yang Edward Wilson. Sanksi ini diberikan wasit yang dipimpin oleh Suprapto setelah pemain Persiraja Yudi Khoerudin menahan bola dikotak penalti dengan tangan kirinya, wasit yang melihat langsung memberikan kartu kuning dan menunjuk titik putih finalti.

 

Sebenarnya peluang tim Abdoullaye Djibril cs ini nyaris membobol gawang Semen Padang seperti pada menit terakhir pada babak pertama, Samsidar berhasil menangkap bola sundulan Arief Kurniawan. Hingga babak pertama kedudukan 2-0 untuk Semen Padang.

 

Baru dua menit babak kedua Vendri Movu kembali mencetak gol yang ketiga untuk Semen Padang hasil umpan Eli Aiboy namun gol tersebut dianulir wasit karena Mofu sudah terperangkap offside.

 

Wasit kembali mengeluarkan kartu kuning pada Abdoullaye Djibril pemain Persiraja, setelah menekel Movu di tengah lapangan, selang dua menit Persiraja kembali nyaris membobol gawan Samsidar, setelah pemain depan Persiraja mengecoh Abdul Rahman, namun bola cepat ditangkap Samsidar.

 

Baru berjalan dua menit wasit kembali mengacung kartu kuning kepada Andria bek Persiraja dimana ia melakukan pelanggaran pada Eli Aiboy. Memang pada babak kedua ini pemain Persiraja lebih banyak melakukan penyerangan, seperti di menit 65, bola nyaris di golkan Arief Kurniawan ke gawang Samsidar, bahkan bola tak bisa ditangkap Samsidar, hanya saja Hengki Ardilles yang berada dibelakang Samsidar berhasil menyudul bola keluar gawan.

 

Gol ketiga Semen Padang terjadi pada menit 83, umpan dari Esteban Vizcara dari sudut kanan lapangan, sundulan kepala Edu menambah jumlah gol Semen Padang. Menjelang menit terakhir M. Rizal pemain Semen Padang mendapat kartu kuning dari wasit, sanksi ini diberikan setelah mendorong Irwanto dari belakang. Tim tamu baru memperkecil ketertinggalan melalui Erik Syahputra pada masa injury time, sampai peluit panjang di tiup kedudukan berakhir 3-1 untuk Semen Padang.

 

Hasil perolehan hari ini total poin Semen Padang 43, poin ini tidak mungkin dikejar pesaing-pesaing terdekatnya seperti Persema dan PSM yang sama-sama mengoleksi 33 poin, apalagi Persebaya yang baru mengoleksi 32 poin. Bahkan Arema yang baru menjalani 16 pertandingan dengan poin 22 pun tidak mungkin melewati Semen Padang. Sebab, andai mampu menyapu bersih enam laga tersisa dengan kemenangan, poin Arema cuma 40.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini