nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MNCTV Gelar Soccer Star Indonesia

Fetra Hariandja, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2011 13:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 06 24 51 472252 1NCorRuSEc.jpg Foto: MNCTV
JAKARTA - Mengolah ‘si kulit bundar’ ini merupakan olahraga universal karena sangat populer di seluruh dunia. Berkat daya tariknya, sepakbola mampu dijadikan sebagai alat pemersatu bangsa. Telisik saja bagaimana tingginya tensi politik yang melanda Korea Selatan-Korea Utara, Israel-sebagian negara-negara Timur Tengah, atau bahkan Iran-AS. Sejenak konflik ketegangan yang kerap melanda negara-negara tersebut mencair jika sudah berbicara mengenai sepakbola.

Tak jauh berbeda, sepakbola juga banyak memberi dampak positif di negeri kita tercinta. Tentu masih lekat dalam ingatan, betapa bersatu padunya masyarakat di seluruh tanah air ketika ‘Tim Nasional (Timnas)’ kesayangan tampil di ajang AFC Cup beberapa waktu lalu. Seluruh lapisan masyarakat seolah melupakan ‘carut marut’ masalah yang melanda negeri ini demi mendukung Timnas bertanding.

Besarnya daya tarik yang ditawarkan sepakbola, membuat olahraga ini menjelma menjadi sebuah industri besar. Bermacam sajian dengan mengusung beragam latar belakang, mulai dari misi sosial hingga bisnis hiburan, semuanya tersaji dalam industri ini. Maka tak heran jika sepakbola kini menjadi komoditas penting, di mana publik seperti tiada henti untuk terus mengkonsumsinya. 

MNCTV menangkap fenomena tersebut sebagai sebuah sinyal positif. Adalah “Soccer Star Indonesia (SSI)”, sebuah program pencarian bakat muda sepakbola garapan PT.Media Makarya (Lemon Production) yang tak lama lagi akan tayang di layar kaca MNCTV. Program berkonsep reality show ini sejatinya merupakan sebuah format hasil kerjasama antara Chelsea Football Club dan Galleon Entertainment di Inggris.

Program ini telah meraih sukses dan mampu menyedot animo besar di beberapa negara sebelumnya seperti China (2007), Malaysia (2008), dan India (2010). Lewat penayangan “SSI” mulai tanggal 10 Juli 2011, setiap Minggu pukul 20.00 WIB, MNCTV ingin mengajak pesepakbola muda berbakat Indonesia untuk tidak takut bermimpi besar. Karena, pada ajang ini mereka berkesempatan untuk memenangkan hadiah utama, yakni bergabung dengan Chelsea FC Youth Training Academy di London, Inggris! Sehingga, mimpi untuk bisa bermain di salah satu club sepakbola terkemuka dunia ini pun tidak lagi sekedar angan-angan.

Endah Hari Utari selaku Vice President Program & Production MNCTV menyatakan “MNCTV bangga dapat menayangkan program pencarian bakat yang telah mendunia ini. ‘Soccer Star Indonesia’ tidak hanya mencari pemain muda sepakbola berbakat, tapi juga mereka yang memiliki kualitas bintang. Sebagai bagian dari industri televisi, maka mereka yang terpilih harus mampu memberikan penampilan terbaiknya sekaligus menghibur layaknya seorang bintang”.

Demi memperoleh bintang muda masa depan yang berkualitas, “SSI” akan menjaring peserta lewat audisi di dua kota besar yakni Jakarta (24 & 25 Juni 2011 di Buperta, Cibubur) dan Surabaya (26 Juni 2011 di Lapangan Flores). Calon peserta yang berhak mengikuti audisi ini ialah usia 13 s.d 16 tahun yang memang sudah terdaftar di klub atau sekolah sepakbola. Selain itu, “SSI” juga berharap para calon peserta mempunyai kepribadian kuat dan memiliki kualitas bintang agar mereka dapat menjadi pemain sepakbola profesional secara internasional di level tertinggi.

Pada penayangannya, “SSI” akan dikemas secara apik sebanyak 13 episode. Di program yang dipandu oleh Panji Pragiwaksono ini, pemirsa akan menyaksikan ketatnya persaingan 20 peserta terbaik yang terjaring dari babak audisi. Ke 20 peserta ini akan memasuki akademi, di mana mereka akan menghadapi tantangan keterampilan sepakbola yang berat serta tantangan psikologi yang keras.

Setiap kegiatan yang dijalani ke 20 peserta akademi akan didampingi oleh para mentor. Mereka ialah artis Anya Dwinov yang berperan sebagai Life Coach, mantan pemain timnas Rocky Putiray sebagai Head Coach, dan Perry Sandria sebagai Manager. Para mentor ini juga berperan sebagai juri yang memberikan penilaian sekaligus memiliki kewenangan untuk mengeleminasi peserta.

Yang tak kalah menarik adalah dihadirkannya para bintang tamu dari kalangan atlet sepakbola dan artis pecinta sepakbola untuk memberikan dukungan dan semangat kepada para peserta. Mereka di antaranya, Markus Horison, Gonzales, Kim Kurniawan, Darius Sinathriya, Gading Marten, dll.

Di setiap episodenya, 2 peserta akan dieleminasi hingga nantinya hanya tersisa 4 peserta terbaik “SSI” yang akan diberangkatkan ke London, Inggris selama kurang lebih 10 hari untuk berlatih langsung. Mereka akan berinteraksi dengan para pelatih Chelsea serta pemain-pemain muda sepakbola club “The Blues” ini. Selain itu mereka pun berkesempatan untuk menikmati jalan-jalan ke tempat-tempat wisata dan hiburan di kota London dan sekitarnya.

Sekembalinya dari London dan mendapatkan ilmu serta latihan dari para Chelsea's coaching staff, ke 4 peserta akan kembali mengikuti proses seleksi final yang akan menentukan 1 orang juara yang berhak untuk kembali mengikuti training di Chelsea FC Youth Training Academy selama beberapa waktu di akademi club yang dikenal dengan julukan The Blues” ini. 

Ikuti terus informasi dan perkembangan “SSI” melalui website MNCTV www.mnctv.com. Gabung juga di forum MNCTV (forum.mnctv.com), facebook MNCTV : MNCTV (Ofiicial Group) dan follow twitter MNCTV : @program_MNCTV.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini