PSM Libas Produta FC

|

Arpan Rachman - Okezone

Foto: Dok. Okezone

PSM Libas Produta FC
MAKASSAR - Dua gol beruntun PSM Makassar dalam interval 27 menit menghentikan perlawanan Produta FC di Stadion Mattoanging, Makassar, Rabu (8/5/2013) malam. Kemenangan 2-0 dipetik Pasukan Ramang di hadapan sekira 4 ribu 500 penonton setia mereka. Tapi pertandingan itu tidak berjalan dengan mudah buat skuad Petar Segrt.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Sejak menit pertama, tim tamu sudah mengejutkan publik tuan rumah. Tendangan bebas kapten kesebelasan Suyatno jauh nian dilayangkan dari daerah pertahanan Produta FC.

Bola melambung tinggi melewati belakang punggung para awak bek PSM. Umpan tanggung itu memantul sekali ke dalam kotak penalti. Penjaga gawang Komang Arya tampak belum berkonsentrasi penuh, hingga hanya menunggu datangnya bola. Sebelum bola datang ke pelukannya, striker lawan Yusuf Efendi melompat lebih dulu dari gerakan Komang. Sundulannya menyambut umpan jauh itu melampaui kepala kiper PSM dan meluncur tipis di sisi luar tiang kiri gawang.

Suporter fanatik Juku Eja yang sebelumnya bergembira menyalakan petasan ke udara. Mereka langsung berubah tegang diliputi suasana sunyi seperti sedang menundukkan kepala untuk mengheningkan cipta di tribun. Tapi, setelah itu, kegembiraan berlanjut kembali. Petasan meledak lagi.

Peluang tersebut satu-satunya ancaman yang matang di mulut gawang. Berikutnya, selama setengah jam babak pertama, laga lebih didominasi perebutan bola di radius sentral lapangan. Tak banyak peluang berbahaya. Pertandingan jadi agak membosankan.

Sampai terjadi insiden di depan kotak penalti Produta FC. Awalnya, umpan setinggi dada dilepaskan gelandang PSM Kurniawan Karman kena tangan bek Agus Nova. Wasit Daryanto meniup peluit tanda pelanggaran dan memberi tendangan bebas. Pemain-pemain PSM protes. Menurut mereka, hand’s ball itu terjadi di dalam kotak penalti. Beberapa di antaranya selain menyerbu wasit, juga mendekati Asisten Wasit 2 Ikhwan Budi.

Pihak lawan tak mau kalah. Mereka juga menyanggah wasit, tidak mengaku melakukan pelanggaran. Tinggal kiper PSM seorang saja yang tidak berkerumun di dekat kotak penalti. Selain dia, semua pemain merubung wasit. Tampak pula terjadi saling dorong dan beberapa pemain nyaris lepas kontrol karena mulai naik pitam.
 
Tendangan bebas akhirnya disetujui. Ilija Spasojevic mengeksekusi bola. Tapi sepakannya diblok pagar hidup para pemain di mulut gawang Deniss Romanov. Blok itu dalam penglihatan wasit menyentuh tangan salah satu bek Produta FC. Tak pelak lagi, hukuman penalti dititahkan si pengadil baju hitam.

Protes tambah keras. Pelatih Roberto Bianchi bersama beberapa ofisial Produta FC bahkan masuk ke tengah lapangan, lalu dengan langkah memburu mendekati wasit. Pertandingan sempat terhenti selama 5 menit.

Tapi wasit Daryanto tetap pada sikapnya. Penalti yang diambil Spaso menjebol gawang Deniss di menit 38. PSM unggul 1-0. Tujuh menit kemudian, ditambah empat menit tambahan waktu, babak pertama berakhir.

Babak Kedua
45 menit terakhir panggung kompetisi Indonesia Premier League (IPL) 2013-14 ini lebih menarik. Pertarungan adu lihai berjalan makin ketat.

Apalagi sejak Andi Oddang dan Syamsul Chaeruddin masuk sebagai pengganti Hendra Wijaya dan Fandy Edi masing-masing di menit 52 dan 59. Agaknya PSM tak mau ambil risiko lebih lama memainkan Hendra yang sudah mengantongi kartu kuning di menit 22. Bek kanan yang terkenal beringas itu ditarik keluar lapangan.

Masuknya dua pemain senior itu menghidupkan permainan kesebelasan tuan rumah. Kombinasi Syamsul dan Oddang mencapai keindahannya di menit 65.

Begini, kejadiannya: Menang dari berebut bola dekat garis tengah di sisi sayap kanan, Syamsul memberi umpan matang sejauh 40 meter ke depan kotak penalti dengan ketinggian sekira tiga meter di udara. Walau dijepit tiga bek Produta FC yang membayanginya dengan ketat, Andi Oddang mampu melepaskan diri.

Sekali kontrol, saat umpan itu menukik turun, dia lalu menembak langsung secara diagonal tepat ke arah tiang dekat. Kiper Deniss Romanov terbang berjibaku berusaha menghalau bola. Cuma tembakan Oddang lebih cepat dari capaian tangannya. Bola masuk menerpa jaring gawang.

Kedudukan 2-0, PSM menjauh. Kejauhan itu tidak dapat lagi didekati lawannya sampai akhir pertandingan.
 
Susunan pemain:

PSM (4-2-3-1)

20-Ngurah Komang Arya; 2-Hendra Wijaya (KK22)/10-Andi Oddang (52), 3-M Razul (KK79), 4-I Ketut Mahendra, 6-Cristian Febre; 22-Fandi Edy/8-Syamsul Chaeruddin (59), 13-Kurniawan Karman; 14-Kaharuddin, 17-Rasyid Bakri (K), 7-Qifly Tamara/19-I Made Aryadana; 9-Ilija Spasojevic.
 
Pelatih: Petar Segrt.
 
Produta FC: (4-3-1-2)
30-Dennis Romanov; 16-Rahmadani, 25-Suyatno/10-Ghozali Siregar (70), 27-Agus Nova, 5-M Rifqi (KK30); 12-Majid Mony, 26-Agus Pranoto, 20-M Syamir; 9-Yusuf Efendi/42-Arif Sajali; 8-Rahmad Hidayat, 18-Girst Karlsons.
 
Pelatih: Roberto Bianchi.

Follow @bola_okezone untuk mendapatkan update seputar sepakbola (acf)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bayern Tak Tertarik dengan Khedira