Share

Profil Joey Pelupessy, Pemain Keturunan yang Kepincut Bela Timnas Indonesia Gara-Gara Shayne Pattynama

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Kamis 26 Januari 2023 15:54 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 26 51 2753621 profil-joey-pelupessy-pemain-keturunan-yang-kepincut-bela-timnas-indonesia-gara-gara-shayne-pattynama-qJEJOJT0yh.jpg Joey Pelupessy berpotensi susul Shayne Pattynama sebagai pemain naturalisasi Timnas Indonesia (Foto: Instagram/joeypelupessy)

PROFIL Joey Pelupessy, pemain keturunan yang kepincut bela Timnas Indonesia gara-gara Shayne Pattynama menarik untuk dibahas. Shayne Pattynama resmi menjadi WNI setelah mengambil sumpahnya pada Selasa (24/1/2023).

Resminya Shayne Pattynama menjadi WNI rupanya membuat Joey Pelupessy kepincut untuk mengikuti jejaknya. Shin Tae-yong pun hingga kini masih membidik pemain-pemain keturunan untuk membela Timnas Indonesia.

Shayne Pattynama

Untuk mengenal lebih jauh, berikut profil Joey Pelupessy pemain keturunan yang kepincut bela Timnas Indonesia gara-gara Shayne Pattynama.

Joey Martis Pelupessy merupakan pemain kelahiran Almelo, Belanda, 15 Mei 1993. Pemain yang berposisi sebagai gelandang dan bek ini diketahui memiliki darah keturunan Indonesia, tepatnya Maluku.

Pemain berusia 29 tahun ini mengawali kariernya di dunia sepakbola melalui SVVN Nijverdal sebelum pada 2004 pindah ke tim akademi FC Twente. Selama berseragam FC Twente, Pelupessy telah menjajal tim FC Twente dari berbagai level umur, mulai dari U-17. U-19, dan U-21.

Joey Pelupessy cukup lama di FC Twente junior hingga akhirnya mendapatkan promosi untuk terjun ke tim senior FC Twente pada 2013 lalu. Sayangnya, kontraknya tak berlangsung lama dan hal itu membuatnya hijrah ke Heracles Almelo pada 2014.

Empat musim bersama Heracles Almelo, Joey Pelupessy berhasil mengantongi 5 gol dan 6 assist dalam 119 pertandingan.

Follow Berita Okezone di Google News

Tak puas merumput di Belanda, Pelupessy memutuskan untuk merantau ke Inggris dengan memperkuat Sheffield Wednesday di Divisi Championship pada 2017. Selama di klub tersebut, Pelupessy tampil sebanyak 119 kali dan hanya menorehkan satu gol serta 3 assist saja.

Joey Pelupessy

Kontraknya bersama Sheffield Wednesday tidak diperpanjang sehingga Pelupessy akhirnya hijrah lagi ke Turki untuk memperkuat Giresunpor. Namun, ia hanya bermain sebanyak 22 kali karena pada Juli 2022 ia memutuskan untuk pulang kampung ke Belanda.

Sekembalinya ke Belanda, Joey Pelupessy bergabung bersama FC Groningen dengan status bebas transfer. Menariknya, belum lama bergabung dengan klub yang bermain di Liga Belanda, Pelupessy didapuk menjadi kapten klub.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini