Share

8 Pesepakbola Berkelas Dunia yang Pernah Berkarier di Indonesia, Nomor 1 Pernah Juara Liga Champions!

Dimas Khaidar, Okezone · Kamis 26 Januari 2023 09:32 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 26 49 2753247 8-pesepakbola-berkelas-dunia-yang-pernah-berkarier-di-indonesia-nomor-1-pernah-juara-liga-champions-WzymISpM8q.jpg Berikut 8 pesepakbola berkelas dunia yang pernah berkarier di Indonesia (Foto: persib.co.id)

SEBANYAK 8 pesepakbola berkelas dunia yang pernah berkarier di Indonesia akan diulas Okezone dalam artikel ini. Sepakbola Indonesia pernah mendatangkan sejumlah pemain berkelas dunia.

Tak sedikit para pemain-pemain elit itu membela salah satu tim di sepakbola Indonesia. Bahkan, terdapat nama-nama yang pernah menjadi andalan di tim-tim top Eropa.

Lantas, siapa sajakah 8 pesepakbola berkelas dunia yang pernah berkarier di Indonesia? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya.

Berikut 8 Pesepakbola Berkelas Dunia yang Pernah Berkarier di Indonesia

8. Roger Milla

Roger Milla

Urutan kedelapan dalam daftar ini adalah penyerang andalan mantan Timnas Kamerun, Roger Milla. Milla merupakan salah satu pemain yang pernah memperkuat sejumlah klub top Eropa seperti AS Monaco.

Nyatanya, Milla pernah merumput di sepakbola Indonesia pada 1994 bersama Pelita Jaya. Kemudian pada 1995, ia bergabung dengan Putra Samarinda.

7. Sergio Vargas

Sergio Vargas

Berikutnya adalah eks kiper Timnas Chile, Sergio Vargas. Kiper satu ini pernah merasakan kerasnya sepakbola Indonesia pada 2004 dengan menjadi andalan di PSM Makassar.

Sergio Vargas juga pernah merasakan gelar juara Copa Libertadores pada 1984. Kala itu, ia meraih trofi tersebut bersama Independiente.

6. Eric Djemba-Djemba

Eric Djemba-Djemba

Selanjutnya dalam daftar ini adalah eks penyerang Manchester United, Eric Djemba-Djemba. Menariknya, Djemba-Djemba pernah bergabung ke salah satu klub sepakbola Indonesia pada 2015 yakni Persebaya Surabaya.

Akan tetapi, Djemba-Djemba hanya sebentar berada di Indonesia. Ia memutuskan untuk hengkang dari Persebaya Surabaya lantaran kala itu kompetisi berjalan tidak jelas.

Follow Berita Okezone di Google News

5. Mario Kempes

Mario Kempes

Siapa yang tak kenal dengan penyerang ikonik satu ini? Ya, dia adalah Mario Kempes. Eks bomber Timnas Argentina ini pernah memperkuat salah satu klub di Liga Indonesia yakni Pelita Jaya pada 1995.

Mario Kempes hanya memperkuat Pelita Jaya selama satu musim. Sebab, di musim berikutnya kompatriot Diego Maradona ini memutuskan untuk pensiun.

4. Pierre Njanka

Pierre Njanka

Urutan berikutnya adalah Pierre Njanka. Pierre Njanka merupakan mantan pemain Timnas Kamerun, ia pernah memperkuat sejumlah klub top di Indonesia. 

Sebut saja Persija Jakarta dan Arema FC. Selain dua klub tersebut, Njanka juga diketahui pernah memperkuat Mitra Kukar, dan Persisam Putra Samarinda.

3. Mohamed Sissoko

Mohamed Sissoko

Mohamed Sissoko merupakan mantan pemain Timnas Mali. Ia mempunyai pengalaman memperkuat klub-klub besar di Eropa.

Klub-klub tersebut yakni saja Valencia, Liverpool, Juventus, serta PSG. Pada 2017 lalu, Sissoko memutuskan untuk melanjutkan karier di Indonesia dengan bergabung ke Mitra Kukar.

2. Carlton Cole

Carlton Cole

Urutan kedua adalah Carlton Cole, Cole pernah membela sederet klub papan atas Liga Inggris seperti Chelsea, West Ham, dan Aston Villa. Pada 2017, Cole berlabuh ke salah satu klub di Liga Indonesia yakni Persib Bandung dan hanya bertahan selama satu musim saja.

Sebab, ia dianggap tidak mampu mengangkat performa Persib Bandung yang kala itu tengah menurun. Alhasil kontrak Cole pun tidak diperpanjang pada 2018.

1. Michael Essien

Michael Essien

Terakhir adalah eks gelandang Chelsea, AC Milan, dan Real Madrid, Michael Essien. Tak hanya itu, ia juga turut merasakan sejumlah gelar bergengsi bersama klub-klub tersebut.

Menariknya, di penghujung kariernya Essien mendarat di Indonesia dengan memperkuat Persib Bandung pada 2017. Essien hanya setahun memperkuat Persib Bandung.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini