Share

7 Keputusan Berani Shin Tae-yong, Nomor 1 Tetapkan Standar Tinggi untuk Naturalisasi Pemain!

Cahyo Yulianto, MNC Portal · Rabu 25 Januari 2023 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 51 2752353 7-keputusan-berani-shin-tae-yong-nomor-1-tetapkan-standar-tinggi-untuk-naturalisasi-pemain-DmIxhR0sDP.jpg 7 keputusan berani Shin Tae-yong. (Foto: Instagram/@sandywalsh)

7 keputusan berani yang dilakukan Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia menarik dikulik. Meski belum sekalipun menorehkan gelar juara, Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong menjelma menjadi tim yang jauh lebih baik.

Gaya permainan, kedisiplinan pemain, dan banyak lagi hal yang Shin Tae-yong kembangkan dari pemain Indonesia. Selama menangani timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengambil banyak keputusan yang dibilang sangat berani.

BACA JUGA: Penyebab Shin Tae-yong Batal Tangani Thailand dan Pilih Latih Timnas Indonesia

Namun, keputusan-keputusan berhasil mengantarkan Timnas Indonesia ke arah yang lebih baik. Berikut adalah daftar keputusan berani yang dimbil Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia.

7. Regenerasi di Timnas Indonesia

Witan Sulaeman

Salah satu keputusan berani Shin Tae-yong adalah regenerasi Timnas Indonesia. Dalam penyusunan daftar pemainnya, Shin Tae-yong tidak mempedulikan nama besar pemain, seperti Andritany Ardhiyasa, Hansamu Yama, hingga Evan Dimas.

Selain itu Shin Tae-yong memangkas satu generasi dengan mengambil pemain muda generasi Egy Maulana Vikri, Witan Sulaiman, Asnawi Mangkualam, dan sebagainya. Hanya sekira 20% saja pemain yang lebih senior.

Regenerasi ini terbukti berhasil membawa Indonesia ke final Piala AFF 2020. Kemudian, Skuad Garuda juga lolos putaran final Piala Asia 2023.

6. Menjadi Pelatih untuk Beberapa Kelompok Usia

Shin Tae-yong

Keputusan berani Shin Tae-yong selanjutnya adalah mengambil alih kursi pelatih untuk Timnas Indonesia U-19, U-23, dan senior. Meski bukan hal mudah, Shin Tae-yong ingin menanamkan filosofi bermainnya sejak dini.

Meski tidak terlalu mulus di awal, terbukti Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia U-20 dan senior ke Piala Asia. Tentunya, ini menjadi bukti bahwa Shin Tae-yong sukses menjawab tantangan.

Baca Juga: Kesehatan Prima sebagai kunci menyambut tahun kelinci

Follow Berita Okezone di Google News

5. Mengarahkan Pemain Berkarier di Luar Negeri

Asnawi Mangkualam

Melihat kapasitas pemain Indonesia, Shin Tae-yong merasa bahwa sudah saatnya pemain Indonesia meniti karier di luar negeri. Mereka bisa menjalani karier di Thailand, Korea Selatan, Jepang atau Eropa.

Dengan demikian, kemampuan dan mental pemain akan jadi lebih meningkat. Hal tersebut juga akan berdampak positif untuk kemajuan timnas Indonesia.

4. Memainkan Sepakbola Modern

Shin Tae-yong

Pada zaman dulu, permainan Timnas Indonesia terkesan kurang terstruktur. Tak jarang, pemain memberi umpan ke mana dan posisi pemain ada di mana.

Pada era Shin Tae-yong, permainan Indonesia berubah sangat drastis. Dia membuat pemain memainkan pressing tinggi sedari lini pertahanan lawan untuk menciptakan lebih banyak peluang.

Pressing tinggi itu kemudian dipadukan dengan umpan pendek dan panjang yang lebih terstruktur. Selain itu, Shin Tae-yong berhasil memaksimalkan kelebihan kecepatan yang dimiliki banyak pemain Indonesia.

3. Tegas untuk Kedisiplinan Pemain

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong terkenal sangat tegas sebagai seorang pelatih. Berkat ketegasan ini, Shin Tae-yong berhasil membuat pola makan pemain Indonesia menjadi standar atlet. Selain itu, saat sesi latihan, Shin Tae-yong sangat detail untuk mengatur hal teknis dan nonteknis pemain.

2. Penanaman Mental Juara kepada Pemain

Shin Tae-yong

Salah satu kendala besar yang dialami Timnas Indonesia sedari dulu adalah mental yang kurang kuat. Di bawah asuhan Shin Tae-yong, perlahan mental pemain ditempa agar lebih kuat dan percaya diri untuk menjadi seorang pemenang.

Dengan demikian, pemain Timnas Indonesia tidak akan gentar saat melawan tim yang lebih kuat. Mereka juga tak ciut saat tertinggal lebih dulu.

1. Pemilihan Pemain Naturalisasi

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong memiliki standar yang cukup tinggi untuk menaturalisasi pemain agar masuk ke skuadnya. Menurutnya, ia tidak ingin sembarangan naturalisasi pemain yang bermain di Timnas Indonesia.

Oleh karena itu, Shin Tae-yong meminta pada PSSI untuk segera merampungkan proses naturalisasi pemain keturunan. Beberapa pun sudah sukses dinaturalisasi, seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, hingga teranyar ada Shayne Pattynama.

Itulah 7 keputusan berani yang dilakukan Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini