Share

5 Alasan Timnas Indonesia Tak Diundang ke Piala Merdeka 2023, Nomor 1 soal Peringkat FIFA!

Dimas Khaidar, Okezone · Senin 23 Januari 2023 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 23 51 2751185 5-alasan-timnas-indonesia-tak-diundang-ke-piala-merdeka-2023-nomor-1-soal-peringkat-fifa-MwsIJXZK2p.jpg Berikut 5 alasan Timnas Indonesia tidak diundang di Piala Merdeka 2023 (Foto: Instagram/PSSI)

SEBANYAK 5 alasan Timnas Indonesia tak diundang ke Piala Merdeka 2023 akan diulas Okezone. Skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- diketahui tidak mendapat undangan untuk tampil di Piala Merdeka 2023.

Hal tersebut dikarenakan Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) sudah memiliki tiga kandidat untuk ikut dalam Piala Merdeka 2023. Ketiga kandidat tersebut diketahui mempunyai peringkat lebih tinggi ketimbang Timnas Malaysia di ranking FIFA.

Lantas, apa sajakah penyebab Timnas Indonesia tidak diundang ke Piala Merdeka 2023? Simak ulasan berikut untuk mengetahuinya.

Berikut 5 Alasan Timnas Indonesia Tak Diundang ke Piala Merdeka 2023

5. Timnas Indonesia Punya Rekor Apik

Timnas Indonesia

Timnas Indonesia sejatinya sudah tidak asing dengan Piala Merdeka. Bahkan, Skuad Garuda memiliki catatan apik pada kompetisi yang diadakan Federasi Sepakbola Malaysia itu.

Diketahui, Timnas Indonesia sukses merengkuh tiga gelar Piala Merdeka. Ketiga gelar tersebut didapat pada 1961, 1962, dan 1969.

4. Kualitas Timnas Indonesia Menurun

Timnas Indonesia

Sepakbola Timnas Indonesia belakangan ini mengalami penurunan. Hal tersebut dapat dilihat ketika bertanding di Piala AFF 2022 lalu.

Skuad Garuda kerap kali membuat kesalahan yang merugikan mereka sendiri. Salah satunya adalah gagal mengkonversi peluang-peluang emas menjadi gol.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Takut dengan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia

Timnas Malaysia dan Timnas Indonesia memiliki rivalitas yang cukup panjang. Kedua tim kerap bersaing di setiap gelaran-gelaran bergengsi.

Bahkan, Timnas Indonesia pernah mempermalukan Malaysia di Piala Merdeka dengan merengkuh gelar sebanyak tiga kali! Melihat hal itu, Federasi Sepakbola Malaysia tampak takut dengan Timnas Indonesia hingga memutuskan untuk tidak mengundang Skuad Garuda.

2. Timnas Indonesia Kalah Saing dengan Thailand dan Vietnam

Timnas Thailand

Menurunnya performa Timnas Indonesia berimbas dengan kalahnya bersaing dengan dua negara Asia Tenggara lainnya yakni Thailand dan Vietnam. Thailand dan Vietnam diketahui menjadi dua tim terkuat di Asia Tenggara saat ini.

Bahkan, kedua tim tersebut saling bersaing di final Piala AFF 2022. Sementara Timnas Indonesia hanya mampu menembus babak semifinal dan dikalahkan Vietnam dengan agregat 2-0.

1. Peringkat Timnas Indonesia di Ranking FIFA Lebih Rendah

Timnas Indonesia

Urutan terakhir adalah soal peringkat Timnas Indonesia di ranking FIFA. Ya, Timnas Indonesia saat ini kalah bersaing dengan Malaysia di ranking FIFA.

Diketahui, saat ini Timnas Indonesia tengah bertengger di peringkat ke-151. Sementara Malaysia berada di posisi ke-145.

Melihat hal tersebut, Timnas Malaysia yang menggelar Piala Merdeka 2023 untuk persiapan ajang Piala Asia 2023 tentu memerlukan lawan dengan peringkat lebih tinggi ketimbang mereka. Tentu, Timnas Indonesia tidak dipandang oleh Federasi Sepakbola Malaysia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini