Share

Wasit Keluarkan Kartu Putih di Laga Sporting CP vs Benfica, Apa Artinya?

Dimas Khaidar, Okezone · Senin 23 Januari 2023 05:42 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 23 51 2751171 wasit-keluarkan-kartu-putih-di-laga-sporting-cp-vs-benfica-apa-artinya-1M73tgNGoC.JPG Laga antara Sporting CP vs Benfica di Liga Portugal 2022-2023 (Foto: Reuters)

WASIT keluarkan kartu putih di laga Sporting CP vs Benfica akan diulas Okezone dalam artikel ini. Wasit di setiap pertandingan kerap mengeluarkan kartu merah atau kuning, namun sangat jarang memberikan kartu putih.

Menariknya, dalam laga antara Sporting Lisbon kontra Benfica, pelatih yang memimpin jalannya pertandingan tersebut mengeluarkan kartu langka itu. Dalam laga tersebut, terdapat salah seorang pemain yang mengeluh kesakitan pada babak pertama.

Sporting CP vs Benfica

Melihat hal tersebut, staf medis dari kedua belah pihak pun berlari untuk membantu sang pemain. Wasit pun sontak mengeluarkan kartu putih kepada kedua staf medis yang memberikan bantuan ke si pemain.

Alhasil, para penonton laga tersebut pun bersorak-sorai. Pasalnya, kejadian tersebut sangatlah langka di dunia sepakbola.

Lantas, apa yang membuat para penonton tersebut kegirangan melihat wasit mengeluarkan kartu putih? Kartu putih diketahui merupakan inisiatif baru yang diusung UEFA.

Melansir dari laman The Sun pada Senin (23/1/2023), kartu putih telah diperkenalkan sebagai bagian dari inisiatif baru untuk ofisial demi mengakui dan memuji klub atas permainan yang adil selama pertandingan. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan nilai-nilai etika dalam olahraga.

Follow Berita Okezone di Google News

Akan tetapi, kartu putih juga bisa berimbas kepada pemain yang berada di lapangan. Kartu tersebut turut berfungsi untuk menghukum pemain, staf, atau pelatih yang melakukan protes secara berlebihan kepada wasit.

Sporting CP

“Hukumannya, bagi pemain di lapangan yang menerima kartu ini harus menepi ke bangku cadangan. Pemain tersebut tidak diperbolehkan tampil dalam waktu 10 menit,” tutur Presiden UEFA, Michel Platini.

“Nantinya, siapapun yang melakukan protes keras kepada wasit akan diganjar kartu putih. ini penting, karena protes dari pemain saat ini bisa sangat kasar dan harus ada yang mengatasinya,” pungkas Platini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini