Share

Alasan Persik Kediri Dijuluki Macan Putih

Rafid Ahmad Fauzi, Okezone · Sabtu 21 Januari 2023 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 21 49 2750659 alasan-persik-kediri-dijuluki-macan-putih-4LBGkONpcn.jpg Berikut alasan Persik Kediri dijuluki macan putih (Foto: Instagram/@persikfcofficial)

ALASAN Persik Kediri dijuluki Macan Putih akan diulas pada artikel ini. Persik Kediri merupakan klub sepakbola Indonesia, yang berasal dari kota Kediri, Jawa Timur.

Klub ini bermarkas di Stadion Brawijaya dan sudah berdiri sejak 1950. Saat ini Persik Kediri berlaga di Liga 1 atau kasta tertinggi di Liga Indonesia.

 Persik Kediri

Persik Kediri sendiri termasuk salah satu klub bersejarah di Indonesia. Sejumlah prestasi mentereng pernah mereka bukukan. Di antaranya dua trofi Liga 1 yang diraih pada tahun 2003 dan 2006.

Tim ini juga pernah tampil di Liga Champions Asia pada 2004 dan 2007. Meskipun, gagal tembus sampai partai final.

Uniknya, Persik Kediri dikenal dengan julukan Macan Putih. Lantas, apa yang menyebabkan Persik Kediri dijuluki Macan Putih?

Berikut alasan Persik dijuluki Macan Putih:

Macan Putih adalah julukan dari klub Persik Kediri yang sudah melekat sangat lama. Julukan ini ini mulai dikenal sejak 2001.

Asal muasal julukan ini diambil dari salah satu tiga simbol kota Kediri. Macan Putih diyakini sebagai penjelmaan Prabu Jayabaya, yang juga menjadi simbol kemasyhuran tanah Kediri.

Prabu Jayabaya adalah raja ketiga. Prabu Jayabaya merupaakan orang paling berpengaruh bagi peradaban masyarakat Jawa, salah satunya Kota Kediri.

Follow Berita Okezone di Google News

Julukan tersebut juga diyakini membawa dampak positif bagi klub Persik Kediri. Julukan Macan Putih membuat klub asal Kediri ini memiliki pendukung yang semakin bertambah.

 Persik Kediri

Macan Putih bahkan menjadi simbol kebangkitan Persik Kediri. Julukan ini sebenarnya baru dipatenkan pada tahun 2001. Setelah julukan ini eksis, prestasi Persik Kediri juga semakin meningkat.

Sayangnya, di Liga 1 2022-2023, Persik Kediri tak mampu menunjukkan taringnya seperti awal 2000-an silam. Saat ini, Macan Putih menempati posisi juru kunci di klasemen sementara Liga 1 2022-2023 dengan hanya mengumpulkan 13 poin sampai pekan ke-18.

Demikian alasan Persik dijuluki Macan Putih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini