Share

Dominik Livakovic Cetak Rekor di Piala Dunia Usai Timnas Kroasia Kalahkan Brasil Lewat Drama Adu Penalti

Ilham Sigit Pratama, MNC Portal · Sabtu 10 Desember 2022 04:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 10 51 2724315 dominik-livakovic-cetak-rekor-di-piala-dunia-usai-timnas-kroasia-kalahkan-brasil-lewat-drama-adu-penalti-KuqXFdI2SF.jpg Dominik Livakovic ketika menyelamtkan tendangan penalti di Piala Dunia 2022 (Foto: Reuters)

TIMNAS Kroasia berhasil mengalahkan Brasil di perempatfinal Piala Dunia 2022 dan melaju ke babak semifinal. Menariknya, penjaga gawang Vatreni -julukan Kroasia, Dominik Livakovic mencetak rekor sebagai kiper dengan penyelamatan penalti terbanyak dalam satu edisi Piala Dunia.

Ya, kiper Dinamo Zagreb itu tampil gemilang dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Education City, Qatar pada Jumat (9/12/2022) malam WIB. Livakovic mampu menyelamatkan sejumlah peluang emas Brasil.

Dominik Livakovic

Sebelumnya di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Kroasia menang adu penalti dengan skor 3-1 atas Jepang. Pada laga yang berlangsung pada 5 Desember 2022 silam itu, Livakovic menggagalkan tiga buah eksekusi penalti pemain Jepang.

Di saat bersamaan, Livakovic masuk daftar rekor sebagai salah satu dari tiga penjaga gawang yang menggagalkan tiga eksekusi penalti, di samping seniornya, Danijel Subasic dan penjaga gawang legendaris Portugal, Ricardo.

Sehari berikutnya, kiper Maroko, Yassine Bounou ikut masuk ke daftar rekor tersebut. Pemain Sevilla itu menggagalkan tiga buah penalti Spanyol di babak adu penalti.

Namun Livakovic enggan kalah begitu saja. Livakovic kembali mencetak rekor kala Kroasia memulangkan Brasil di Piala Dunia 2022.

Follow Berita Okezone di Google News

Usai bermain imbang 1-1 di 120 menit, Kroasia dan Brasil menguji keberuntungan di babak adu penalti. Secara mengejutkan, Livakovic langsung berhasil menggagalkan penendang pertama Brasil, Rodrygo Goes.

Dominik Livakovic

Penyelamatan itu menggenapi rekor Livakovic sebagai penjaga gawang yang paling banyak melakukan eksekusi penalti dalam satu edisi Piala Dunia.

Livakovic pun menjadi penjaga gawang pertama dalam sejarah yang melakukan empat penyelamatan penalti dalam satu adu penalti. Sebelumnya, belum ada yang berhasil membuat rekor tersebut.

Tak sampai di situ, terlepas dari adu penalti, penampilan Livakovic kala memulangkan Brasil pun patut diacungi dua jempol. Berdasarkan perhitungan Squawka, pemain berusia 27 tahun itu melakukan total 11 penyelamatan, jumlah terbanyak sepanjang bergulirnya Piala Dunia 2022.

Tujuh dari 11 penyelamatan itu dilakukan di dalam kotak penalti, menjadikan Livakovic sebagai penjaga gawang tipikal sweeper keeper yang sangat disegani di Piala Dunia edisi kali ini.

Livakovic pun piawai berpartisipasi dalam build-up serangan Kroasia dari bawah. Dirinya mencatat 81,25 persen akurasi operan di laga tersebut.

Berkat performa gilanya itu, Kroasia menang 4-2 atas Brasil di babak adu tos-tosan. Vatreni melaju ke babak semifinal Piala Dunia dalam dua edisi beruntun, setelah sebelumnya mencapai final pada 2018 silam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini