Share

Timnas Indonesia Tersingkir di Fase Grup Piala AFF saat Gunakan 4 Pemain Naturalisasi, Bagaimana Edisi Kali Ini?

Ramdani Bur, Okezone · Jum'at 09 Desember 2022 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 51 2723727 timnas-indonesia-tersingkir-di-fase-grup-piala-aff-saat-gunakan-4-pemain-naturalisasi-bagaimana-edisi-kali-ini-pyahLnh38C.jpg Suasana pemusatan latihan Timnas Indonesia di Bali jelang Piala AFF 2022. (Foto: PSSI)

TIMNAS Indonesia menggunakan empat pemain naturalisasi di Piala AFF 2022. Mereka ialah Jordi Amat (Spanyol), Sandy Walsh (Belanda), Marc Klok (Belanda) dan Ilija Spasojevic (Montenegro).

Jumlah empat pemain naturalisasi merupakan yang terbanyak sepanjang Timnas Indonesia ambil bagian di Piala AFF. Sebenarnya sebelum Piala AFF 2022, Timnas Indonesia juga pernah menggunakan empat pemain naturalisasi di Piala AFF.

Timnas Indonesia

(Sandy Walsh (paling kiri), Marc Klok dan Ilija Spasojevic serius berlatih jelang Piala AFF 2022)

Momen itu terjadi di Piala AFF 2014 yang dilangsungkan di Vietnam dan Singapura. Saat itu, pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl memanggil empat pemain naturalisasi, yakni Cristian Gonzales (Uruguay), Sergio van Dijk (Belanda), Victor Igbonefo (Nigeria) dan Raphael Maitimo (Belanda).

Nama-nama di atas bukanlah pesepakbola kacangan. Cristian Gonzales merupakan raja gol di Liga Indonesia. Raphael Maitimo pernah membela Timnas Belanda Junior bersama Robin van Persie.

Kemudian Victor Igbonefo merupakan salah satu bek terbaik di Liga Indonesia saat itu. Terakhir, Sergio van Dijk berpengalaman menjadi top skor Liga Australia, salah satu kompetisi terbaik di Asia.

Namun, apa hasil yang didapat Timnas Indonesia? langkah skuad Garuda terhenti di fase grup setelah kalah bersaing dari Vietnam dan Filipina.

Follow Berita Okezone di Google News

Timnas Indonesia sebenarnya sanggup menahan tuan rumah Vietnam 2-2 di laga perdana Grup A. Namun, kekalahan 0-4 dari Filipina di laga kedua merusak segalanya. Meski menang 5-1 atas Laos di laga pamungkas, koleksi empat poin belum cukup membuat Timnas Indonesia finis dua besar di fase grup.

Sergio van Dijk

(Sergio van Dijk, 1 dari 4 pemain naturalisasi yang bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022)

Karena itu, wajib halnya pemain-pemain naturalisasi yang ada di skuad Timnas Indonesia saat ini menunjukan kelasnya. Mereka wajib menunjukan memang layak dinaturalisasi dan siap berjuang habis-habisan demi Timnas Indonesia.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengumbar optimisme di akun Instagram-nya, @shintaeyong7777. Ia berhasrat mencetak sejarah yakni membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF 2022!

“Kami sedang mempersiapkan AFF Mitsubishi Cup kali ini dengan target juara. pPertandingan kandang akan digelar di Stadion GBK, Jakarta. Sangatlah penting kami menjadi satu untuk juara,” tulis Shin Tae-ong di akun Instagram-nya, @shintaeyong7777, Jumat (8/12/2022).

“Saya akan membalas budi dengan pertandingan yang keren dan tidak mengecewakan jika masyarakat Indonesia dan para fans sepakbola Indonesia datang ke stadion dengan memenuhi kursi stadion tanpa terkecuali. Saya benar-benar mohon dukungannya yang penuh untuk Timnas Indonesia. Terima kasih banyak,” tutup juru taktik asal Korea Selatan ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini