Share

Tak seperti Indonesia, Park Hang-seo Kesal Klub-Klub Vietnam Persulit Pemain Berkarier di Luar Negeri

Ilham Sigit Pratama, MNC Portal · Rabu 30 November 2022 19:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 51 2718097 tak-seperti-indonesia-park-hang-seo-kesal-klub-klub-vietnam-persulit-pemain-berkarier-di-luar-negeri-VUdRv8IgHS.jpg Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo. (Foto: VFF)

HANOI - Baru-baru ini pelatih Tim Nasional (Timnas) Vietnam, Park Hang-seo mengaku kesal dengan klub-klub yang berada di negara tersebut. Pasalnya ia melihat banyak klub Vietnam yang mempersulit para pemainnya untuk abroad ke luar negeri.

Alhasi, amat jarang pemain Vietnam yang berkarier di luar negeri. Pemain Timnas Vietnam saat ini yang berkarier di luar negeri hanyalah Nguyen Quang Hai, yang memperkuat klub divisi dua Liga Prancis, Pau FC.

Hal itu tentu kontras dengan di Indonesia. Pemain Timnas Indonesia terhitung banyak yang berkarier di luar negeri, sebut saja Witan Sulaeman (AS Trencin), Egy Maulana Vikri (FC ViON Zlate Moravce), Pratama Arhan (Tokyo Verdy) hingga Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners).

Timnas Vietnam

Sebab itu, Park Hang-seo berang para pemain Vietnam hanya mentok berkarier di liga sendiri. Pelatih asal Korea Selatan itu ingin klub-klub di Vietnam mencontoh Jepang dan Korea Selatan yang memudahkan para pemainnya berkarier di Eropa, bahkan ada yang ke Asia Tenggara.

“Banyak klub di Korea Selatan yang tertarik dengan pemain Vietnam. Namun di Vietnam, klub tidak bersedia melepas pemainnya ke luar negeri sehingga sulit bagi mereka untuk bermigrasi,” kata Park Hang-seo dilansir Makan Bola, Rabu (30/11/2022).

“Di Jepang dan Korea Selatan, jika pemain ingin pergi ke luar negeri, klub akan memberikan kemudahan bagi mereka untuk pergi. Saya pikir ini adalah sesuatu yang bisa kita pelajari,” tambahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Park Hang-seo kecewa dengan sistem sepak bola di Vietnam. Menurutnya, VFF (federasi sepak bola Vietnam) juga tidak memiliki itikad baik untuk memajukan sepak bola Negeri Bintang Emas.

"Saya harus melihat bagaimana generasi pemain saat ini diinvestasikan. Kami tidak dapat mencapai tujuan kami jika kami tidak memiliki sistem yang baik,” keluhnya.

Park Hang-seo

“Kita perlu melihat apakah sistem sepakbola di Vietnam mampu memenuhi standar internasional dan mencapai tujuan Piala Dunia 2030 atau tidak,” ujarnya.

“Ketika sistem stabil, kami dapat mencapai target kami. Saya pikir itu stabil saat ini tetapi di masa depan, kami harus mempertimbangkan apakah sistem ini memiliki apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan,” pungkas Park Hang-seo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini