Share

Alasan Kenapa Ada Satu Negara yang Menerjunkan 2 Tim di Piala Dunia 2022 Qatar

Cita Zenitha, MNC Portal · Senin 28 November 2022 22:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 51 2716638 alasan-kenapa-ada-satu-negara-yang-menerjunkan-2-tim-di-piala-dunia-2022-qatar-J1sOeMdglT.JPG Berikut alasan kenapa ada satu negara yang menerjunkan 2 tim di Piala Dunia 2022 Qatar (Foto: Reuters)

ALASAN kenapa ada satu negara yang menerjunkan dua tim di Piala Dunia 2022 Qatar menarik dibahas. Keputusan Federasi Sepakbola Internasinal (FIFA) terhadap satu negara ini tentunya sangat menarik perhatian.

Negara yang mentas di Piala Dunia 2022, lebih dulu berjibaku di fase kualifikasi masing-masing benuanya. Adapun negara yang dipastiakn lolos, otomatis mendapatkan satu tiket untuk mengirimkan tim nasionalnya berlaga di Piala Dunia.

Timnas Wales

(Timnas Wales ikut serta di Piala Dunia 2022)

Namun, di Piala Dunia 2022 ada hal yang berbeda. Ada satu negara pilihan yang mengirimkan dua tim untuk berlaga di Piala Dunia 2022. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Ini alasan kenapa ada satu negara yang menerjunkan dua tim di Piala Dunia 2022 Qatar.

Wales dan Inggris adalah dua Tim Nasional (Timnas) yang berasal dari satu negara kedaulatan Inggris Raya. Uniknya, meski berada dalam satu negara keduanya dapat ikut Piala Dunia 2022. Bahkan, di Piala Dunia 2022 menjadi tempat perang saudara bagi keduanya.

Keduanya bakal bentrok di matchday ketiga Grup B Piala Dunia 2022, yang berlangsung Rabu 30 November 2022 dini hari pukul 02.00 WIB di Ahmad bin Ali Stadium Al Rayyan. Banyak penggemar menantikan perang saudara kerajaan Inggris Raya ini. Sebab, keduanya memiliki kualitas yang mumpuni.

Timnas Inggris sendiri memiliki Harry Kane sebagai tulang punggung. Sedangkan, Timnas Wales mengandalkan Gareth Bale sebagai pemain kunci.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Sebenarnya, Piala Dunia 2022 bukan kali pertama Inggris Raya atau The United Kingdom of Great Britain mengirimkan dua tim. Inggris Raya pernah menerjunkan empat tim sekaligus pada Piala Dunia 1958 di Swedia. Adapun empat tim ini meliputi Wales, Irlandia Utara, Inggris, dan Skotlandia Utara.

Timnas Inggris

Merujuk pada istilah politik, keempat negara ini masuk kedalam wilayah Inggris Raya. Tetapi, pada beberapa kesempatan dianggap sebagai Timnas yang berbeda. Salah satunya dalam sepakbola Internasional seperti Piala Eropa dan Piala Dunia.

Selain itu, FIFA pun mengizinkan Inggris Raya menerjunkan dua bahkan empat tim sekaligus di turnamen Internasional. Hal itu tertuang dalam aturan pasal 11 paragraf 1 yang berbunyi: “Hanya satu asosiasi (sepakbola) yang diakui sebagai asosiasi anggota (FIFA) di setiap negara.”

Tetapi, bunyi peraturan tersebut tunduk pada paragraf 5 yang bunyinya: “Masing-masing dari empat asosiasi sepakbola Inggris Raya diakui sebagai asosiasi anggota FIFA yang terpisah.”

Berdasarkan peraturan itu FIFA terkesan diskriminatif dan membuat Inggris Raya seperti anak emas. Namun, dengan berlandaskan sejarah, akhirnya FIFA tunduk kepada peraturan Inggris Raya.

Demikian alasan kenapa ada satu negara yang menerjunkan dua tim di Piala Dunia 2022 Qatar.

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini