Share

PSSI Jelaskan Mengapa Banyak Calon Pemain Naturalisasi yang Belum Gabung TC Timnas Indonesia U-20

Ilham Sigit Pratama, MNC Portal · Senin 28 November 2022 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 51 2716212 pssi-jelaskan-mengapa-banyak-calon-pemain-naturalisasi-yang-belum-gabung-tc-timnas-indonesia-u-20-yXFLut7dN3.jpg Justin Hubner dan Ivar Jenner merupakan calon pemain naturalisasi yang sudah gabung TC Timnas Indonesia U-20 (Foto: PSSI)

PSSI jelaskan mengapa banyak calon pemain naturalisasi yang belum gabung TC Timnas Indonesia U-20. Hamdan Hamedan selaku utusan PSSI mengatakan bahwa ada empat alasan yang menjadi faktor dalam hal ini.

Hamdan menuturkan, PSSI dan pelatih Shin Tae-yong sudah menyusun daftar pemain keturunan Indonesia di luar negeri. Setidaknya, ada 180 pemain yang mengisi daftar tersebut dan tidak menutup kemungkinan untuk bertambah.

 Justin Hubner

"Pada dasarnya, para pemain keturunan kini sudah terdata dengan baik dan terus dipantau oleh Coach @shintaeyong7777 dan tim kepelatihannya," kata Hamdan melalui Instagram pribadinya, @hamdan.hamedan, Senin (28/11/2022)

"Atas arahan Ketua Umum PSSI Bapak @mochamadiriawan84 , saya sendiri sudah membuat database pemain keturunan yang berisi lebih dari 180 pemain (dan terus bertambah)," ucapnya.

"Lalu akhir-akhir ini muncul pertanyaan mengapa pemain ‘A’ atau ‘B’ belum juga dipanggil untuk memperkuat Timnas U-20," tambahnya.

Hamdan menjelaskan bahwa tentu tak semua pemain dalam daftar tersebut dipilih oleh Shin Tae-yong. Sang juru taktik masih memilih pemain terbaik yang sekiranya cocok dengan Timnas Indonesia U-20.

Selain itu, dari pihak pemain pun ada yang beberapa menolak tawaran PSSI. Kemudian, ada yang masih belum memberikan respons usai ditawari.

 BACA JUGA:TC Timnas Indonesia U-20 di Eropa Rampung, Kini Ada Target Besar untuk Marselino Ferdinan Cs

Hal itulah yang menyebabkan pemain asing selain Justin Hubner, Zico Soree dan Ivar Jenner belum dipanggil ke pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-20. Selain dua alasan itu, terdapat pula penyebab lainnya, seperti padatnya jadwal pertandingan sang pemain, pemulihan cedera, hingga aspek hukum.

Follow Berita Okezone di Google News

"Pelatih belum/tidak berkenan memanggil pemain tersebut, lalu pelatih berkenan, tapi pemain belum/tidak berkenan dipanggil," lanjut Hamdan.

 Shin Tae-yong

"Yang ketiga pelatih dan pemain berkenan, tapi klub (saat ini) belum berkenan pemainnya dipanggil. Misalnya, karena padatnya jadwal pertandingan, pemain masih cedera, dan lain-lain," terangnya

"Terakhir pemain tidak eligible untuk naturalisasi dan/atau akan terkendala dari segi legal," ujarnya lagi.

Hamdan pun meminta dukungan dan doa kepada fans sepak bola Indonesia agar proses naturalisasi berjalan lancar. Dirinya memastikan bahwa PSSI dan Shin Tae-yong akan bekerja dengan maksimal.

"Percayalah pelatih Coach Shin dan segenap tim kepelatihan yang didukung penuh oleh Ketua Umum PSSI akan terus berusaha semaksimal mungkin membuat Timnas lebih kompetitif, untuk Timnas yang berprestasi," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini