Share

Kisah Unik di Balik Jersey Kuning Mentereng Legendaris Timnas Brasil

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Kamis 24 November 2022 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 51 2713990 kisah-unik-di-balik-jersey-kuning-mentereng-legendaris-timnas-brasil-mo0dqjskV5.JPG Kisah unik di balik seragam kuning Timnas Brasil (Foto: REUTERS)

KISAH unik di balik jersey kuning mentereng legendaris Timnas Brasil menarik untuk dibahas. Brasil merupakan salah satu negara tersukses dalam ajang empat tahunan Piala Dunia.

Negara yang telah meraih lima trofi Piala Dunia ini identik dengan jersey berwarna kuning. Namun, tahukah Anda jika sebelumnya Timnas Brasil mengenakan jersey biru putih?

Brasil

Nah, untuk yang belum tahu berikut kisah unik di balik jersey kuning mentereng legendaris Timnas Brasil.

Kisah Unik di Balik Jersey Kuning Mentereng Legendaris Timnas Brasil

Tim Samba saat ini memang identik dengan jersey warna kuning yang disebut “Canarinha” yang berarti canary. Rupanya, jersey kebanggaan Brasil ini tidak lahir begitu saja. Sebuah kisah menarik terjadi di baliknya.

Jersey canary pertama kali tercipta setelah Piala Dunia 1950 ketika Brasil dan para penggemarnya menelan pil pahit. Tim raksasa tersebut harus menerima kekalahan dari Uruguay di Stadion Maracana dengan skor 2-1. Dengan skor tersebut, Uruguay otomatis meraih trofi Piala Dunia 1950. Hal ini tentu menjadi pukulan berat bagi Timnas Brasil.

Saat itu, Tim Samba merumput dengan jersey putih, kerah biru, celana putih, dan kaos kaki putih. Seragam tersebut lalu dianggap sebagai bentuk kesialan bagi tim Brasil.

Setelah itu, pada 1953 Konfederasi Olahraga Brasil, CBD, badan yang mengelola sepak bola Brasil saat itu bekerja sama dengan surat kabar Curreio da Manha untuk mengumumkan kompetisi desain baru seragam Timnas Brasil.

Kontes tersebut memiliki syarat untuk melibatkan empat elemen warna pada bendera Brasil, yakni kuning, biru, hijau, dan putih. Peserta kontes juga harus mempertimbangkan model jersey, celana, dan kaos kakinya.

Timnas Brasil

Setidaknya ada lebih dari 300 orang yang mengikuti kontes tersebut. Kontes pun dimenangkan oleh Aldyr Garcia Schlee. Seragam baru tersebut akhirnya digunakan Brasil pertama kali pada Piala Dunia 1954.

Jersey canary pun akhirnya menyedot perhatian penggemar dan beranggapan jika jersey tersebut membawa keberuntungan. Pasalnya, sejak 1953 Brasil berhasil mempersembahkan lima gelar Piala Dunia, yakni pada edisi 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002.

Itulah kisah unik di balik jersey kuning mentereng legendaris Timnas Brasil.

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini