Share

Kemenangan Jepang dan Jati Diri yang Beradab

Kamis 24 November 2022 12:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 51 2713919 kemenangan-jepang-dan-jati-diri-yang-beradab-sxD4vT1j6C.jpg Rani Hardjanti Jurnalis Okezone.com

PIALA Dunia Qatar 2022 memberikan kejutan. Selain Arab Saudi yang mencetak sejarah menang atas Argentina, Jepang juga berhasil unggul terhadap Jerman.

Berlaga di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar pada Rabu (23/11/2022) pukul 20.00 WIB, Timnas Jepang berhasil mengalahkan Jerman dengan perolehan skor 2-1 di Grup E Piala Dunia 2022. Angkanya tak terlalu besar, bahkan sangat tipis. Tetapi pertandingan itu dilakukan dengan perlawanan yang pelik.

Tak berpuas diri, Pelatih Timnas Jepang Hajime Moriyasu masih memiliki ambisi lain. Pelatin tim 'Samurai Biru' itu pun menyebut kemenangan yang dicapai merupakan bukti jika tim-tim Asia telah mencapai standar dunia.

Kekecewaan Timnas Jerman dalam memperebutkan gelar juara di Piala Dunia 2022 pun tidak terelakkan. Sang Pelatih, Hansi Flick, pun harus menelan pil pahit atas kekalahan tim asuhannya.

Atas Kemenangan ini, Timnas Jepang akan menghadapi Kosta Rika pada fase kedua di Piala Dunia Qatar 2022 pada Minggu 27 November 2022 pukul 17.00 WIB, di Ahmed bin Ali Stadium.

Jepang berpeluang menang atas Kosta Rika. Sebab, Kosta Rika dalam kondisi mental yang buruk setelah kalah 0-7 dari Spanyol di laga perdana Grup E Piala Dunia 2022, Rabu 23 November 2022 malam WIB.

Tak Meninggalkan Sampah

Tidak hanya Timnasnya yang menoreh prestasi, para penonton asal Jepang juga memukau dunia. Mereka menunjukan budayanya yang beradab, yaitu menjaga kebersihan di stadion sejak awal Piala Dunia 2022 berlangsung.

Para penonton yang menggunakan seragam Timnas kebanggaannya, tampak memungut sampah di sela-sela kursi penonton. Mereka menyisir lokasi dilengkapi dengan kantong sampah ukuran besar berwarna biru muda.

Seorang influenser Omar Farooq yang melihat langsung dan merekam kegiatan warga Jepang memungut sampah, langsung mengabadikan momen tersebut di akun Instagram-nya @omr94.

Dalam unggahannya yang kemudian menjadi viral di berbagai platform media sosial itu memperlihatkan bagaimana mereka mengumpulkan botol-botol, gelas kertas berukuran besar, dan juga pembungkus makanan dari bawah bangku stadion. Tanpa mimik yang jijik, penonton asal Jepang itu memungutnya satu per satu sampah yang berserakan. Posting-an tersebut setidaknya sampai artikel ini ditayangkan sudah mendapatkan sebanyak 10,4 ribu komentar positif dan menghasilkan 800 ribu tanda love.

Tokoh dr Ahmad Nabeel pun turut mengomentari perilaku beradab warga Jepang tersebut, "Orang Jepang tidak meninggalkan sampah."

Dalam berbagai literatur, Budaya Jepang memang memiliki 'positive vibes' yang patut ditiru. Setidaknya anak-anak Jepang sejak masuk sekolah sudah digembleng hal dasar, antara lain gemar membaca, ketepatan waktu, menjaga kebersihan, tertib dan sopan.

Nyatanya, sejarah menunjukan Jepang memiliki kekuatannya tersendiri. Ketika Hirosima dan Nagasaki terpuruk akibat dihujani bom atom terbesar di dunia, pun toh sekarang sudah berbalik menjadi negara yang mendominasi kecanggihan teknologi dan negara kukuh.

Setidaknya, dalam ajang Piala Dunia Qatar 2022 Jepang menyelipkan pelajaran terselubung. Pertama, kegigihan pemainnya dalam melawan Jerman. Kedua, turut mengangkat nama Asia di kancah global. Ketiga, adab yang mengakar yaitu menjaga kebersihan telah menjadi trademark dan identitas Jepang, meski warganya melalangbuana di berbagai penjuru dunia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini