Share

5 Pemain Ghana yang Bakal Jadi Ancaman untuk Timnas Portugal, Nomor 1 Bintang Ajax Amsterdam

Maulana Yusuf, MNC Portal · Kamis 24 November 2022 10:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 51 2713842 5-pemain-ghana-yang-bakal-jadi-ancaman-untuk-timnas-portugal-nomor-1-bintang-ajax-amsterdam-xNf6dPtAya.JPG Timnas Ghana bakal hadapi Portugal di laga perdana Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS)

SEBANYAK 5 pemain Ghana yang bakal jadi ancaman untuk Timnas Portugal akan dibahas di sini. Salah satu di antaranya adalah bintang Ajax Amsterdam.

Selecao das Quinas – julukan Timnas Portugal – menjadi lawan pertama Ghana di Piala Dunia 2022. Pertandingan ini akan digelar di Stadion 974, Kamis (24/11/2022) malam WIB.'

Timnas Ghana

Pelatih Ghana, Otto Addo akan memimpin Black Stars saat menghadapi Portugal dengan sejumlah pemain andalannya. Menurut laporan FIFA, ada lima pemain yang dapat memainkan peran kunci Ghana dan harus diwaspadai Portugal.

Berikut 5 Pemain Ghana yang Bakal Jadi Ancaman untuk Timnas Portugal

5. Daniel Amartey

Daniel Amartey

Daniel Amartey adalah sosok bek tengah berusia 27 tahun. Amartey sudah menjadi salah satu pemain paling berpengalaman di skuad Addo. Setelah memenangkan kejuaraan Denmark dan dua piala domestik bersama FC Copenhagen saat masih muda, dia pindah ke klub Liga Inggris, Leicester City pada Januari 2016.

Meskipun Amartey mengalami pasang surut selama waktunya di Leicester dan akhirnya kehilangan tempatnya di starting line-up, dia sekarang menjadi salah satu dari hanya tiga pemain dari skuad pemenang kejuaraan yang masih bermain untuk klub tersebut. Tentunya, ia akan menjadi andalan Ghana dalam menahan gempuran Portugal.

4. Fatawu Issahaku

Fatawu Issahaku

Fatawu Issahaku adalah gelandang serang yang berusia 18 tahun. Bintang yang sedang naik daun itu telah mencetak enam gol dalam tujuh pertandingan untuk Dreams FC di Liga Utama Ghana saat masih berusia 17 tahun.

Sebelum bergabung dengan akademi Sporting Lisbon pada April 2022, Fatawu awalnya berlatih dengan tim U-23. Sejak saat itu, ia masuk skuat untuk setiap pertandingan Liga Portugal dan Liga Champions dan telah membuat beberapa penampilan sebagai pemain pengganti, terutama di sayap kanan.

Satu fakta aneh tentang Fatawu adalah dia memiliki lebih banyak caps untuk Ghana daripada penampilan di level klub saat ini dalam karirnya. Dia sudah mengenakan jersey timnas Ghana sebanyak 12 kali dan mendapat kepercayaan dari Addo, yang menamainya di starting 11 untuk kedua leg play-off Piala Dunia melawan Nigeria.

3. Andre Ayew

Andre Ayew

Andre Ayew merupakan sosok pemain sayap kiri yang bermain di Al Sadd FC, klub Liga Qatar. Pemain berusia 32 tahun itu telah memainkan 107 pertandingan internasional Ghana. Sebagai kapten Ghana, ia hampir menggantikan Asamoah Gyan (109 penampilan) sebagai pemain dengan penampilan terbanyak.

Fakta bahwa Ayew menjadi pemenang Piala Dunia FIFA U-20 dan juara Afrika bersama Ghana pada 2009 berbicara sendiri dan mencerminkan kontribusi besarnya dalam tim nasional. Bersama dengan adiknya Jordan (81 caps, 19 gol), yang juga merupakan anggota kunci tim Ghana, Ayew juga harus membawa pengalaman internasional selama bertahun-tahun ke dalam serangan Black Stars dan berkontribusi beberapa gol di sepanjang jalan.

2. Inaki Williams

Inaki Williams

Inaki Williams merupakan pemain berposisi sebagai penyerang. Ia memang belum memenangkan turnamen internasional untuk Ghana. Lahir di Negara Basque, pemain berusia 28 tahun ini telah menghabiskan hampir seluruh karirnya di Athletic Bilbao di Spanyol, membuat hampir 350 penampilan kompetitif dan memenangkan Piala Super Spanyol pada 2016 dan 2021.

Menariknya, Williams tidak pernah melewatkan satu pun pertandingan Liga Spanyol sejak itu. April 2016, ia memecahkan rekor penampilan beruntun terbanyak yang sebelumnya dipegang oleh Juan Antonio Larranaga pada Oktober 2021. Ia kini telah memainkan lebih dari 230 pertandingan berturut-turut untuk memperpanjang rekornya.

1. Mohammed Kudus

 Mohammed Kudus

Mohammed Kudus merupakan pemain berposisi sebagai gelandang serang yang memperkuat Ajax Amsterdam. Pemain berusia 22 tahun itu memulai karirnya di Denmark. Dia membuat 57 penampilan untuk FC Nordsjaelland sebelum pindah ke Ajax jelang musim 2021-2021.

Sejak itu, Kudus dan Ajax telah memenangkan kejuaraan Liga Belanda di masing-masing dua musim terakhir serta menjadi juara Piala KNVB pada 2021. Kudus juga tampil untuk Ajax di Liga Champions UEFA dan Liga Eropa UEFA, terakhir mencetak gol dan sebuah assist melawan Rangers untuk mendapatkan penghargaan pemain terbaik dan satu tempat di tim Liga Champions. Oleh karena itu, Kudus patut diwaspadai oleh Portugal.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini