Share

5 Penyebab Timnas Argentina Kalah 1-2 dari Arab Saudi di Piala Dunia 2022, Nomor 1 Faktor Penting

Djanti Virantika, Okezone · Selasa 22 November 2022 19:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 51 2712776 5-penyebab-timnas-argentina-kalah-1-2-dari-arab-saudi-di-piala-dunia-2022-nomor-1-faktor-penting-dV5RQrncdn.jpg Penyebab Timnas Argentina kalah 1-2 dari Timnas Arab Saudi di Piala Dunia 2022. (Foto: Reuters)

5 penyebab Timnas Argentina kalah 1-2 dari Arab Saudi di Piala Dunia 2022 menarik dikulik. Sebab, kekalahan yang didapat Lionel Messi cs ini jadi kejutan besar.

Ya, pil pahit harus ditelan La Albiceleste -julukan Timnas Argentina- di laga pembuka Grup C Piala Dunia 2022. Mereka kalah dengan skor 1-2 dari Arab Saudi.

BACA JUGA: Hasil Timnas Argentina vs Arab Saudi di Piala Dunia 2022: Kena Comeback, Lionel Messi Cs Dihancurkan The Green Falcons 1-2

Padahal, Argentina unggul lebih dahulu lewat gol penalti Lionel Messi di menit ke-10. Namun, di babak kedua, Arab Saudi berbalik unggul berkat gol Saleh Alshehri (48’) dan Salem Aldawsari (53’).

BACA JUGA: Klasemen Grup C Piala Dunia 2022 Kelar Laga Timnas Argentina vs Arab Saudi: Lionel Messi Cs Juru Kunci!

Hasil ini sontak jadi sorotan karena Argentina juga langsung terpuruk ke dasar klasemen Grup C. Sejumlah faktor dinilai jadi penyebab kekalahan Argentina. Apa saja? Berikut 5 penyebab Timnas Argentina kalah 1-2 dari Arab Saudi di Piala Dunia 2022.

5. Lini Serang Timnas Argentina Kurang Tajam

Timnas Argentina vs Arab Saudi

Salah satu penyebab Timnas Argentina kalah 1-2 dari Arab Saudi di Piala Dunia 2022 adalah kurang tajamnya lini serang La Albiceleste. Meski menurunkan sejumlah pemain andalan, seperti Lionel Messi hingga Lautaro Martinez, nyatanya lini serang Argentina masih belum membahayakan sepenuhnya untuk Arab Saudi.

Sejumlah serangan yang dilancarkan Argentina pun masih belum akurat. Kondisi ini membuat mereka akhirnya tak bisa mendulang hasil maksimal di laga perdana Piala Dunia 2022 ini.

4. Lini Pertahanan Timnas Argentina Kurang Optimal

Timnas Argentina vs Arab Saudi

Selain lini serang, Argentina juga buruk di lini pertahanan. Mereka kerap kerepotan menahan serangan balik cepat dari pemain Arab Saudi kala sukses mendapat bola.

Buruknya pertahanan La Albiceleste pun terlihat jelas di babak kedua. Ada dua gol yang gagal mereka bendung hingga akhirnya berbuah gol. Padahal, Lionel Scaloni sudah menurunkan sederet bek tangguh yang dimiliki, mulai dari Nicolas Tagliafico, Cristian Romero, hingga Nicolas Otamendi.

3. Bangkitnya Arab Saudi

Timnas Argentina vs Arab Saudi

Faktor lainnya yang membuat Timnas Argentina harus gigit jari di laga perdana Grup C Piala Dunia 2022 ini adalah kebangkitan Arab Saudi. Sejatinya, Argentina tampil lebih dominan di babak pertama.

Alhasil, ada banyak peluang emas yang mereka dapatkan hingga membawa Argentina unggul 1-0. Namun, kondisi ini tampaknya tak membuat Arab Saudi gentar.

The Green Falcons -julukan Timnas Arab Saudi- pun sukses bangkit di babak kedua. Mereka langsung menerapkan high pressing selepas jeda. Perubahan permainan ini pun tampaknya membuat armada Lionel Scaloni tak nyaman dalam menguasai bola. Kondisi ini yang akhirnya membuat Argentina harus menelan pil pahit.

2. Kinerja Luar Biasa Kiper Arab Saudi

Timnas Argentina vs Arab Saudi

Argentina pun mendapat hadangan besar dalam menjebol gawang Arab Saudi karena kinerja luar biasa dari sang kiper lawan, yakni Mohammed Al Owais. Dia memang jadi salah satu kunci utama dalam kesuksesan Arab Saudi mengalahkan Argentina.

Bagaimana tidak, Mohammed Al Owais sukses melakukan sederet penyelamatan ciamik yang membuat gawangnya tak terjebol di babak kedua. Mulai dari tendangan Lionel Messi, Rodrigo de Paul, dan sejumlah pemain lain Argentina yang mengancam gawangnya.

1. Banyak Gol Dianulir

Timnas Argentina vs Arab Saudi

Terakhir, ini jadi faktor penting yang menjadi penyebab kekalahan Timnas Argentina kalah 1-2 dari Arab Saudi di Piala Dunia 2022. Faktor itu adalah banyaknya gol Argentina yang dianulir dalam laga ini. Jika tidak dianulir, tentunya Argentina sudah unggul jauh dan bisa memenangkan laga.

Diketahui, di babak pertama, sebenarnya Argentina tak hanya mencetak gol dari penalti Lionel Messi di menit ke-10. Ada sejumlah gol lain yang sukses mereka ciptakan.

Tercatat, ada 3 gol La Albiceleste yang dianulir wasit. Pertama, gol Lionel Messi pada menit ke-22. Kemudian, gol Lautaro Martinez pada menit ke-27 dan ke-33 juga dianulir wasit lantaran offside. Jika ketiga gol tersebut tak dianulir, Argentina seharusnya sudah unggul 4-0 atas Arab Saudi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini