Share

Exclusive dari Qatar: Bikin Bangga, Konser Angklung Saung Udjo Buat Suporter Piala Dunia 2022 Bergoyang

Abdul Haris, MNC Portal · Selasa 22 November 2022 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 51 2712425 exclusive-dari-qatar-bikin-bangga-konser-angklung-saung-udjo-buat-suporter-piala-dunia-2022-bergoyang-mdx0FY7vkR.jpg Konser Saung Angklung Udjo di Qatar meriahkan Piala Dunia 2022 (Foto: Abdul Haris/MNC Portal Indonesia)

TIMNAS Indonesia memang tidak ikut dalam gelaran terakbar sepakbola dunia yakni Piala Dunia 2022. Meski begitu, “Merah Putih” masih punya kesempatan untuk berkibar di Qatar.

Nama Indonesia hadir melalui alunan musik asal Jawa Barat yang dimainkan Saung Angklung Udjo. Grup kesenian itu memang sengaja diundang untuk turut memeriahkan Piala Dunia 2022.

Saung Angklung Udjo

Sebagai tuan rumah, Qatar menggandeng sejumlah pihak untuk menyemarakkan Piala Dunia 2022. Salah satunya adalah Katara Cultural Village Foundation, lembaga kebudayaan negara tersebut yang kerap menggelar berbagai kesenian.

Lalu, Katara Cultural Village Foundation bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk menghadirkan seni dan budaya asal Indonesia. Kemudian, dipilihlah Saung Angklung Udjo.

Grup kesenian yang sudah berdiri sejak 1966 ini akan berkonser selama sebelas hari di Al-Ibdaa Courtyard Gedung Katara di Doha, Qatar, mulai 18-28 November 2022 setiap pukul 18.00-20.00 waktu setempat.

Ternyata, konser tersebut mendapat sambutan yang luar biasa. Ratusan suporter Piala Dunia 2022 dari berbagai negara hadir dalam pertunjukan tersebut. Bahkan, banyak di antara mereka ikut berdendang hingga bergoyang menikmati alunan syahdu irama angklung.

“Kita menyiapkan lagu-lagu daerah dari Jawa Barat, kemudian lagu nasional tentang Indonesia, lagu Qatar, serta lagu internasional,” tutur Taufik Hidayat Udjo, pimpinan Saung Angklung Udjo kepada Media Portal Indonesia di Qatar, Sabtu (19/11/2022).

“Bahkan, lagu sepak bola (Piala Dunia) kita bawakan juga. Salah satunya Hayya, Hayya. Mereka (para pemain) cukup beberapa kali dengar langsung bisa,” ujarnya.

Anak kesembilan dari Udjo Ngalagena, pendiri Saung Angklung Udjo, ini bersyukur bisa diundang dalam pagelaran Piala Dunia 2022 di Qatar.

“Tentu, saya sangat bangga bisa ikut berpartisipasi untuk dunia sepak bola melalui budaya. Ini akan berdampak pada pariwisata Indonesia. Apalagi di sini banyak sekali penonton dari berbagai negara,” katanya.

“Sehingga ini akan membuat Indonesia lebih dikenal, meskipun bukan dalam hal sepak bola, melainkan lewat budaya,” ucapnya.

Untuk menggelar konser di Qatar, Saung Angklung Udjo hanya membawa 12 personelnya. Meski begitu, jumlah sedikit ini tetap mampu menggaungkan kesenian Indonesia di dunia internasional.

“Selain dibatasi juga orang yang masuk Qatar saat ini, kami juga banyak kegiatan lain di Indonesia. Seperti belum lama ini kami pecahkan rekor angklung di Jember. Karena kebetulan tanggal 16 November itu sebagai disahkannya angklung sebagai warisan budaya khas Indonesia,” tutup Taufik Hidayat Udjo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini