Share

5 Pesepakbola Indonesia yang Punya Karier Paling Singkat di Luar Negeri, Nomor 1 Main di Timor Leste

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Minggu 13 November 2022 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 12 49 2706325 5-pesepakbola-indonesia-yang-punya-karier-paling-singkat-di-luar-negeri-nomor-1-main-di-timor-leste-A0Bx6WMyVM.jpg 5 Pesepakbola Indonesia yang Punya Karier Paling Singkat di Luar Negeri. (Foto: Laman resmi Persib)

5 Pesepakbola Indonesia yang punya karier paling singkat di luar negeri menarik untuk dibahas. Sejumlah pesepakbola Indonesia kini memang tengah bermain di negeri orang.

Sebut saja Asnawi Mangkualam yang kini merumput di Korea Selatan, begitu juga dengan Egy Maulana Vikri, Witan Sulaiman, dan Elkan Baggott yang saat ini bermain untuk klub-klub Eropa. Bermain di klub luar negeri memang menjadi salah satu tujuan pesepakbola Tanah Air.

Namun, ada sejumlah pemain yang justru tidak bertahan lama di luar negeri. Penasaran siapa saja mereka?

Berikut 5 Pesepakbola Indonesia yang Punya Karier Paling Singkat di Luar Negeri:

5. Ilham Jaya Kesuma

Ilham Jaya Kesuma

Salah satu striker legendaris Indonesia, Ilham Jaya Kesuma, juga pernah menjajal bermain di luar negeri, tepatnya di MPPJ Selangor pada 2006. Sayangnya, Ilham hanya mampu bermain sebanyak satu kali saja di klub asal Malaysia tersebut. Pasalnya, ia mengalami cedera yang cukup parah di bagian lutut.

4. Budi Sudarsono

Budi Sudarsono

Budi Sudarsono merupakan salah satu pemain legendaris di masanya. Selain bermain untuk Timnas Indonesia, Budi juga sudah pernah membela sejumlah klub Tanah Air. Seperti Persik Kediri, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, hingga Persib Bandung.

Setelah itu Budi Sudarsono melebarkan sayap dengan bermain di Malaysia. Di Negeri Jiran, Budi berkesempatan untuk membela PDRM FA di 2007 silam. Sayangnya, ia hanya bertahan selama semusim.

3. Dedi Kusnandar

Dedi Kusnandar

Disaat persepakbolaan Indonesia tengah mati suri karena sanksi dari FIFA, Dedi Kusnandar memutuskan merantau ke Malaysia. Ia bergabung dengan Sabah FC pada 2016. Namun, pada Desember 2016 ia memutuskan hengkang dan kembali ke Persib Bandung.

2. Iswadi Idris

Iswadi Idris

Iswadi Idris merupakan pemain legendaris dan juga pemain Indonesia pertama yang merumput di luar negeri. Ia pernah di lirik oleh Mike Laing yang kala itu melatih Western Suburbs Club (WSC).

Idris pun mencoba untuk merumput di Australia bersama WSC pada 1974. Sayangnya Idris tak bisa bertahan lama karena tak mampu beradaptasi dengan baik. Tahun 1975 ia memutuskan untuk hengkang.

1. Boaz Salossa

Boaz Salossa

Pencinta sepakbola Indonesia pasti tidak asing dengan pemain asal Papua ini. Ia merupakan salah satu pemain terbaik Indonesia dan pernah menjajal kompetisi sepakbola di luar negeri.

Tepatnya saat sepakbola Indonesia terkena hukuman dari FIFA. Ia pun menjajal klub Carsae FC, salah satu klub di Timor Leste pada 2016. Sayangnya, ia hanya bertahan beberapa bulan saja.

Itulah 5 Pesepakbola Indonesia yang Punya Karier Paling Singkat di Luar Negeri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini