Share

5 Rekrutan Pertama Frank Rijkaard yang Pernah Melatih Barcelona, Nomor 1 Legenda Sepakbola Brasil

Zseztar Juvendhitama, Okezone · Rabu 02 November 2022 18:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 02 46 2699658 5-rekrutan-pertama-frank-rijkaard-yang-pernah-melatih-barcelona-nomor-1-legenda-sepakbola-brasil-EMhnrBJmrO.jpg 5 rekrutan pertama Franck Rijkaard yang pernah melatih Barcelona. (Foto: Reuters)

5 rekrutan pertama Frank Rijkaard yang pernah melatih Barcelona menarik dikulik. Frank Rijkaard sendiri adalah pelatih terakhir Barcelona sebelum zaman tiki-taka terkenal oleh Josep Guardiola.

Kala menangani Barcelona, Frank Rijkaard pun sukses membawa tim raksasa Spanyol itu mendulang prestasi. Di antaranya, Blaugrana -julukan Barcelona- berhasil meraih 2 titel Liga Spanyol hingga satu 1 gelar juara Liga Champions.

Frank Rijkaard

BACA JUGA: Barcelona Tersingkir dari Liga Champions 2022-2023, Xavi Hernandez: Masih Ada Liga Eropa

Prestasi itu menjadikan Frank Rijkaard mengukir catatan terbaiknya sebagai pelatih. Sebab, Rijkaard tak pernah meraih gelar untuk tim lain

Tentunya, ada peran pemain hebat di balik kesuksesan Frank Rijkaard di Barcelona. Kini, menarik menilik siapa saja pemain yang didatangkan Frank Rijkaard.

Siapa saja pembelian pertama Frank Rijkaard sebagai pelatih Barcelona? Di bawah ini terdapat penjelasannya.

5. Ricardo Quaresma

Ricardo Quaresma

Salah satu pembelian awal Frank Rijkaard di Barcelona adalah Ricardo Quaresma. Dia berseragam Barcelona saat awal mula kariernya.

Frank Rijkaard memboyong Quaresma pada 9 Juli 2009. Diharapkan bisa berbicara banyak, namun pembelian ini justru gagal. Quaresma hanya lebih sering diletakkan di bangku cadangan. Selama membela Barcelona, dia pun hanya menyumbang 1 gol dan 2 assist dari total 28 laga.

4. Rustu Recber

Rustu Recber

Berikutnya, ada Rustu Recber. Frank Rijkaard mendatangkan kiper asal Turki ini dari Fenerbahce. Barcelona tak perlu merogoh kocek untuk mendapatkan jasa pemain ini karena gratis.

Namun, Recber senasib dengan Ricardo Quaresma. Dia gagal bersinar di Barcelona karena kalah saing dengan Victor Valdes. Recber pun hanya bertahan selama semusim.

3. Rafael Marquez

Rafael Marquez

Di urutan ketiga, ada Rafael Marquez. Dia didatangkan Rafael Marquez dari AS Monaco. Kinerjanya berbeda dengan Ricardo Quaresma, karena Marquez bisa bekerja cukup baik.

El Kaiser de Michoacan -julukan Rafael Marquez- tercatat bermain di 242 laga selama 6,5 tahun membela Barcelona. Dia pun bisa membukukan 13 gol dan 12 assist.

2. Giovanni Van Bronckhorst

Giovanni Van Bronckhorst

Lalu, ada Giovanni Van Bronckhorst. Dia didatangkan Frank Rijkaard pada 1 Juli 20023. Bronckhorst direkrut dengan status pemain pinjaman dari Arsenal.

Kinerjanya apik kala membela Barcelona. Bek berkebangsaan Belanda ini tercatat tampil di 154 laga bersama Barcelona dengan torehan 7 gol dan 18 assist.

1. Ronaldinho

Ronaldinho

Terakhir, ada Ronaldinho. Frank Rijkaard mendatangkan Ronaldinho dari Paris Saint-Germain pada 19 Juli 2003. Legenda sepakbola Brasil itu pun sukses mengukir prestasi manis bersama Blaugrana.

Selama 5 musim membela Barcelona, Ronaldinho tercatat mampu membukukan 94 gol dan 70 assist. Pencapaian itu diukirnya kala berlaga di 207 pertandingan sebagai gelandang serang.

Ronaldinho pun ada di balik kesuksesan Frank Rijkaard dalam membawa Barceloan menjuarai Liga Spanyol dan Liga Champions. Selain itu, Ronaldinho juga sukses meraih trofi Ballon d’Or pada 2005.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini