Share

Desakan Ketum PSSI Mundur Masih Ramai Digaungkan, Begini Reaksi Suporter Sepakbola Indonesia

Andri Bagus Syaeful , MNC Portal · Senin 31 Oktober 2022 18:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 31 49 2698205 desakan-ketum-pssi-mundur-masih-ramai-digaungkan-begini-reaksi-suporter-sepakbola-indonesia-7g6v0qPW6V.jpg Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, dituntut mundur dari jabatannya usai insiden tragis di Stadion Kanjuruhan. (Foto: PSSI)

JAKARTA – Gelombang desakan yang meminta Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mundur masih ramai digaungkan. Mendapati hal itu, respons positif disampaikna mayoritas suporter sepakbola di Indonesia karena PSSI dinilai bertanggung jawab atas tragedi Kanjuruhan.

Sebagaimana diketahui, Iwan Bule -sapaan akrab Mochamad Iriawan- beserta jajarannya belum mengundurkan diri PSSI sampai saat ini. Namun, dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan Kongres Luar Biasa (KLB) agar adanya perubahan dalam kepengurusan PSSI saat ini.

Mochamad Iriawan

BACA JUGA: PSSI Konfirmasi KLB Digelar Kemungkinan Maret 2023, Siapa Ketua Umum Terpilih?

Founder Football Institute, Budi Setiawan, mengatakan mayoritas suporter di Indonesia sangat setuju Iwan Bule mundur. Hal itu berdasarkan survei pihaknya yang bertema Persepsi Fans Sepakbola Nasional terhadap Kondisi Sepakbola Nasional".

BACA JUGA: Hasil Survei Football Institute: Pencinta Sepakbola Tanah Air Tidak Puas dengan Kinerja PT LIB

"42, 2 persen (suporter) setuju (Iwan Bule mundur) dan 12,1 persen sangat setuju. Sementara itu, 21 persen tidak setuju," kata Budi di Jakarta, Senin (31/10/2022).

Budi mengatakan untuk suporter tidak setuju Iwan Bule angkat kaki memang cukup minim. Namun, ada juga suporter yang tidak bisa memberikan jawaban.

"15, 9 persen (suporter memilih netral) dan 8,8 persen suporter sangat tidak setuju (Iwan Bule mundur)," katanya.

Mochamad Iriawan

Survei itu dilakukan dalam kurun waktu 15-21 Oktober 2022 yang melibatkan 1.200 responden dari suporter tersebar di enam kota, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, dan Malang. Metode sampling dengan menggunakan multi random dengan margin error 2,83 persen dan confident interval 95 persen.

Untuk suporter yang dilibatkan dari dalam hasil survei itu dengan kategori, yakni pendukung salah satu tim besar, rutin menonton sepak bola selama satu musim, dan secara rutin menyaksikan tayangan sepak bola nasional di televisi. Kategori lainnya, yaitu memiliki alokasi anggara untuk mendukung tim kebangaan di Liga 1.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini