Share

5 Pelatih yang Cocok Jadi Pengganti Xavi Hernandez di Barcelona, Nomor 1 Langganan Lolos ke Final Liga Champions

Aryo Hadi Wibowo, Okezone · Selasa 25 Oktober 2022 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 25 46 2694186 5-pelatih-yang-cocok-jadi-pengganti-xavi-hernandez-di-barcelona-nomor-1-langganan-lolos-ke-final-liga-champions-APdgwTw7vp.jpg Berikut 5 pelatih yang cocok jadi pengganti Xavi Hernandez di Barcelona (Foto: Reuters)

SEBANYAK 5 pelatih yang cocok jadi pengganti Xavi Hernandez di Barcelona akan dibahas dalam artikel ini. Menariknya, dari 5 nama pelatih, terdapat satu nama yang ternyata merupakan langganan lolos ke final Liga Champions!

Sekadar diketahui, saat ini Barcelona sedang mengalami periode sulit dibawah asuhan Xavi Hernandez. Publik menginginkan Blaugrana (julukan Barcelona) juara Liga Spanyol, namun sulit terwujud lantaran rival abadi mereka, Real Madrid sulit dihentikan.

Nasib Barcelona di Liga Champions 2022-2023 pun cukup mengkhawatirkan. Mereka bisa saja angkat koper menuju Liga Eropa 2022-2023 jika gagal bersaing di fase grup Liga Champions tahun ini.

Dengan catatan itu, jika Barcelona tidak bisa konsisten, bukan hal mustahil, manajemen Barcelona mendepak Xavi Hernandez di tengah musim ini. Lantas, jika Xavi Hernandez hengkang, siapa penggantinya?

Berikut ini, ada 5 pelatih yang cocok menggantikan Xavi di Barcelona:

5. Thomas Tuchel

Thomas Tuchel

Resmi dipecat Chelsea pada bulan lalu dan Thomas Tuchel masih menganggur sampai saat ini. Meski punya catatan buruk lantaran dipceat Chelsea, Thomas Tuchel tetap dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik dalam dunia sepakbola.

Untuk diketahui, Thomas Tuchel pernah membantu sejumlah tim meraih capaian juara. Seperti trofi Piala Jerman bersama Borussia Dortmund. Kemudian, gelar juara Liga Prancis bersama Paris Saint-Germain (PSG), hingga trofi Liga Champions bersama Chelsea. Jadi, bukan tak mungkin Thomas Tuchel jadi opsi pengganti Xavi.

4. Roberto Martinez

Roberto Martinez

Selanjutnya, ada Roberto Martinez pelatih yang cocok jadi pengganti Xavi di Barcelona. Sekadar informasi, saat ini, Roberto Martinez sedang melatih Timnas Belgia.

Tidak menutup kemungkinan, pelatih berpaspor Spanyol itu melatih sebuah klub. Sebelum menangani Timnas Belgia, Roberto Martinez lebih dulu mengawali karier sebagai pelatih di sejumlah klub.

Di antaranya, Swansea City, Wigan, dan Everton. Tentu, Barcelona bisa pertimbangkan Roberto Martinez bila Xavi Hernandez dipecat.

3. Marcelo Gallardo

Marcelo Gallardo

Beranjak ke urutan ketiga, ada mantan pelatih River Plate, Marcelo Gallardo pelatih yang cocok jadi pengganti Xavi di Barcelona. Selama menangani River Plate delapan tahun, ia sudah sukses meraih 14 gelar bersama River Plate termasuk dua trofi Copa Libertadores.

Meskipun kurang pengalaman melatih tim Eropa, rekor tersebut sudah layak bagi Marcelo Gallardo untuk menjadi pelatih tim Eropa. Dengan begitu Marcelo Gallardo bisa jadi opsi lain Barcelona jika memecat Xavi.

2. Mikel Arteta

Mikel Arteta

Beranjak ke urutan kedua, ada Mikel Arteta jadi pelatih Barcelona pengganti Xavi. Meski rasanya sulit meninggalkan Arsenal, yang sedang on fire, bukan tak mungkin Mikel Arteta mencoba peruntungan di Spanyol.

Terlebih kondisi Arsenal saat ini sangat memperlihatkan perkembangan yang signifikan. Sebatas informasi, Arsenal sekarang ada di peringakt pertama Liga Inggris 2022-2023. Mereka baru kalah sekali dari 11 pertandingan.

Di Arsenal pun minim pemain mentereng layaknya tim-tim besar Eropa lain. Namun, Mikel Arteta bisa meracik taktik jitu di Arsenal. Jadi, bukan hal mustahil Barcelona mencoba sentuhan dingin Mikel Arteta.

1. Jurgen Klopp

Jurgen Klopp

Dari 4 nama pelatih sebelumnya, Jurgen Klopp ada di urutan pertama. Sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia, Jurgen Klopp sudah membawa Liverpool kembali ke masa kejayaan, dalam kurun lima tahun terakhir.

Bagaimana tidak, dalam lima tahun terakhir, Liverpool berhasil tembus tiga kali final Liga Champions. Di mana satu di antaranya The Reds (julukan Liverpool) berhasil jadi juara di musim 2018-2019.

Selain itu, satu tim lainnya yang pernah dituntun Jurgen Klopp ke final Liga Champions adalah Borussia Dortmund. Itu terjadi di final Liga Champions 2012-2013. Total, Jurgen Klopp sudah tembus final empat kali dalam kurun satu dekade terakhir.

Catatan itu tentu sangat layak jika Barcelona memerlukan pelatih kaya akan pengalaman. Meski di lain sisi, Barcelona harus bisa merayu Liverpool, mengingat Jurgen Klopp sudah meneken kontrak dengan The Reds hingga 2026.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini