Share

Indonesia Ternyata Punya 2 Rekor di Piala Dunia yang Sulit Dipecahkan oleh Negara Asia Tenggara Lainnya

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Kamis 06 Oktober 2022 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 51 2682166 indonesia-ternyata-punya-2-rekor-di-piala-dunia-yang-sulit-dipecahkan-oleh-negara-asia-tenggara-lainnya-wf3MwU6mfk.jpg Indonesia ternyata punya 2 rekor di Piala Dunia yang sulit dipecahkan (Foto: PSSI)

INDONESIA ternyata punya 2 rekor di Piala Dunia yang sulit dipecahkan oleh negara Asia Tenggara lainnya. Ya, ajang Piala Dunia pasti jadi incaran setiap negara untuk bisa mencicipi jadi juara atau minimal sekadar ikut mentas di sana.

Namun, untuk tembus putaran final Piala Dunia bukan hal yang mudah bagi setiap negara. Para tim dari penjuru dunia, di masing-masing benua asalnya, harus lebih dulu menjalani sesi kualifikasi agar bisa memastikan satu tempat di babak grup Piala Dunia.

Timnas Hindia Belanda 

(Timnas Hindia Belanda mentas di Piala Dunia 1938)

Tak heran, banyak negara berkompetisi untuk lolos ke turnamen ini, termasuk negara-negara dari Benua Asia. Sejumlah negara Asia yang kerap tampil di Piala Dunia antara lain Korea Selatan, Jepang, Iran, Arab Saudi, dan China pernah mentas di kompetisi bergengsi 4 tahunan itu. Lantas, bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia ternyata punya 2 rekor di Piala Dunia yang sulit dipecahkan oleh negara Asia Tenggara lainnya.

Ya, Indonesia ternyata punya 2 rekor di Piala Dunia, selain negara Asia yang telah disebutkan tadi. Rekor pertama adalah Indonesia sudah lebih dahulu debut di Piala Dunia, sebelum negara Asia lainnya.

Situs resmi FIFA mencatatkan, jika Indonesia pertama kali tampil di Piala Dunia 1938. Ketika itu, namanya masih Hindia Belanda.

Dalam sejarah, lolosnya Hindia Belanda ke ajang Piala Dunia 1938 adalah karena Jepang mundur pada babak kualifikasi. Kala itu, Asia hanya mendapatkan jatah satu tempat saja. Karena Jepang mundur, otomatis Hindia Belanda maju ke Piala Dunia.

Setelah lolos Piala Dunia 1938, Hindia Belanda melakukan perjalanan selama beberapa minggu ke Prancis dengan menggunakan kapal. Sayangnya, perjalanan tersebut tak membuahkan hasil yang memuaskan.

Timnas Hindia Belanda

Hindia Belanda langsung tereliminasi setelah bersua dengan Timnas Hungaria di pertandingan pertama pada 5 Juni 1938. Saat itu Hindia Belanda kalah dengan skor 0-6. Hindia Belanda sebenarnya mencetak satu gol lewat Tjaak Pattiwael namun dianulir wasit karena offside.

Hasil ini menjadikan Hindia Belanda sebagai tim dengan pertandingan paling sedikit. Catatan itu pun masuk dalam rekor tim yang paling sedikit mentas di Piala Dunia dalam sejarah.

Sebab saat ini, Piala Dunia menggunakan sistem grup, yang terdiri dari empat tim. Sehingga tiap tim akan bermain sebanyak tiga kali di fase grup, sekalipun gagal melangkah ke fase gugur.

Meski demikian, Hindia Belanda atau Indonesia telah menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang pernah tampil di Piala Dunia. Prestasi ini bahkan mengalahkan negara dari Asia Tenggara lainnya, seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Singapura yang belum pernah menjajal Piala Dunia sampai saat ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini