Share

Profil Jonathan Bauman, Mantan Penyerang Persib Bandung yang Bawa Independiente del Valle Juara Copa Sudamericana 2022

Dimas Khaidar, Okezone · Kamis 06 Oktober 2022 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 51 2681725 profil-jonathan-bauman-mantan-penyerang-persib-bandung-yang-bawa-independiente-del-valle-juara-copa-sudamericana-2022-CQLbKgJGC4.jpg Profil Jonathan Bauman, mantan pemain Persib Bandung yang raih gelar Copa Sudamericana 202 (F0to: Instagram/@jonibauman)

PROFIL Jonathan Bauman, mantan penyerang Persib Bandung yang bawa Independiente del Valle Juara Copa Sudamericana 2022 akan dibahas pada artikel ini. Pemain yang pernah berkarier di Liga 1 Indonesia, Jonathan Bauman baru-baru ini berhasil meraih gelar juara Copa Sudamericana 2022.

Saat ini, Jonathan Bauman tengah membela klub asal Ekuador, Independiente del Valle. Ia dan timnya berhasil mengalahkan wakil Brasil, Sao Paolo di partai final Copa Sudamericana, Minggu 2 Oktober 2022.

Jonathan Bauman

Dalam laga tersebut, Independiente den Valle sukses menang atas Sao Paolo dengan skor meyakinkan yakni 2-0. Sejatinya, Copa Sudamericana merupakann kompetisi kasta kedua di kontinental Amerika Selatan dan dinaungi CONMEBOL.

Apabila disamakan dengan kompetisi Eropa, maka Copa Sudamericana bisa dikatakan selevel dengan Liga Eropa. Jika dibandingkan dengan level Asia, AFC Cup menjadi kompetisi yang cocok jika disandingkan dengan Copa Sudamericana.

BACA JUGA:Graham Potter Beberkan Kunci Kesuksesan Chelsea Hajar AC Milan 3-0 di Liga Champions 2022-2023

Sayangnya, pada pertandingan yang berlangsung di Estadio Mario Alberto Kempes, Argentina itu. Jonathan Bauman tidak turun ke lapangan sama sekali dan hanya menjadi penghangat di bangku cadangan saja.

Sejak dari leg pertama babak 16 besar Copa Sudamericana 2022, Jonathan Baumnan tercatat tampil sebanyak empat pertandingan dari tujuh laga yang dilakoni Independiente del Valle. Akan tetapi, pemain yang mengisi posisi striker ini kurang beruntung lantaran tidak mencetak satu pun gol dari empat laga yang dilakoninya.

Akan tetapi, pemain berusia 31 tahun itu tetap bangga atas apa yang diraihnya dan timnya. Trofi Copa Sudamericana 2022 pun terpampang di akun Instagram pribadinya.

Jonathan Bauman

Eks pemain Persib Bandung itu memulai karier sebagai pesepakbola profesional di Colon pada 2009-2010. Hanya bertahan satu tahun, Jonathan Bauman hengkang ke Patronato dengan status sebagai pemain pinjaman.

Seusai masa pinjaman, ia kemudian kembali dipinjamkan oleh Colon ke Deportivo Armenio sebelum akhirnya dilepaskan ke Santiago Morning di Cile. Gagal menunjukkan performa apiknya, Jonathan Bauman akhirnya kembali ke Argentina usai merantau ke Cile selama satu tahun tepatnya pada tahun 2014.

Lima tahun berkarier di Argentina, Jonathan Bauman berpindah-pindah dari satu tim ke tim yang lain di setiap tahunnya. Sampai tahun 2017, ia memutuskan untuk kembali merantau. Kali ini, ia mencoba peruntungannya ke Liga Yunani. AOK Kerkyra.

Hanya bertahan satu tahun, Jonathan Bauman akhirnya memutuskan untuk mengadu nasib ke Tanah Air pada 2018. Ia bergabung bersama Persib Bandung di musim 2018-2019. Akan tetapi, ia kemudian hengkang ke Sabah FC di tahun 2019.

Ia sempat kembali ke sepakbola Indonesia pada tahun 2020. Namun, ia tidak kembali untuk Persib Bandung, melainkan ke Arema FC. Hanya membelar Singo Edan -julukan Arema FC- sebentar, Jonathan Bauman memutuskan kembali ke Argentina untuk membela Quilmes selama setahun.

Jonathan Bauman kemudian bergabung dengan Mushuc Runa SC di Liga Ekuador pada 2021 sebelum akhirnya menjadi bagian di Independiente del Valle pada 2022.

Selama berkarier di Liga 1 Indonesia dengan membela dua tim berbeda, Jonathan Bauman mencatatkan 28 pertandingan dan mencetak 12 gol serta delapan assist. Semua gol serta assistnya itu tercipta untuk Persib Bandung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini