Share

Media Vietnam Bahas Indonesia Terancam Sanksi FIFA hingga Desakan agar Ketum PSSI Mundur dari Jabatannya

Ramdani Bur, Okezone · Senin 03 Oktober 2022 09:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 51 2679407 media-vietnam-bahas-indonesia-terancam-sanksi-fifa-hingga-desakan-agar-ketum-pssi-mundur-dari-jabatannya-bL7QDJv3Xm.jpg Kericuhan terjadi di laga Arema FC vs Persebaya Surabaya. (Foto: Avirista Midaada/MNC Portal Indonesia)

MEDIA Vietnam, Soha.vn, membahas Indonesia terancam sanksi FIFA hingga desakan agar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mundur dari jabatannya. Pembahasan itu muncul setelah insiden memilukan terjadi kelar laga Arema FC vs Persebaya Surabaya, yang mana mengakibatkan 125 orang meninggal dunia.

Kerusuhan pecah di Stadion Kanjuruhan pada Sabtu, 1 Oktober 2022 malam WIB. Menurut laporan kepolisian, sekira 3.000 suporter Arema FC turun ke lapangan Stadion Kanjuruhan setelah tim kesayangannya kalah 2-3 dari Persebaya Surabaya.

Arema FC vs Persebaya Surabaya

Pengrusakan pun dilakukan oknum suporter tersebut, salah satunya merusak mobil polisi yang ada di area stadion. Setelah dilakukan tindakan persuasif tidak mempan, suporter ditembaki gas air mata oleh pihak keamanan.

Keadaan pun semakin runyam. Kondisi di beberapa tribun menjadi gelap sehingga membuat banyak suporter yang berlarian ke sana ke sini di area tribun. Akibatnya, benturan antarsuporter tak terhindarkan sehingga mengakibatkan 125 orang meninggal dunia.

Insiden di atas menjadi sorotan dunia. Presiden FIFA, Gianni Infantino, bahkan menyebut kejadian di atas sebagai masa kegelapan bagi semua yang terlibat di persepakbolaan dunia.

Karena itu, Soha menilai Indonesia terancam terkena sanksi FIFA. Salah satu sanksi yang mungkin diterima adalah pencabutan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

“Kemungkinan besar Indonesia juga mendapat hukuman berat dari FIFA. Indonesia bisa dicabut haknya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023,” tulis Soha.

Piala Dunia U-20 2023

Selain itu, Soha juga menyoroti desakan kepada Mochamad Iriawan yang diminta mundur dari jabatan Ketum PSSI. Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh, meminta Mochamad Iriawan mundur dari jabatan tersebut.

“Muncul gelombang seruan agar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mundur dari jabatannya,” tutup Soha.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini