Share

Kisah Ali Dia, Penipu Terbesar Sepanjang Sejarah Liga Inggris

Cita Zenitha, MNC Portal · Sabtu 01 Oktober 2022 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 01 51 2678793 kisah-ali-dia-penipu-terbesar-sepanjang-sejarah-liga-inggris-gtoLbl1yvl.jpg Kisah Ali Dia, penipu terbesar sepanjang sejarah Liga Inggris (Foto: Bleacherreport)

KISAH Ali Dia, penipu terbesar sepanjang sejarah Liga Inggris akan anda ketahui pada artikel ini. Bermodalkan nama George Weah, Ali Dia berhasil mengelabui Graeme Souness.

Liga Inggris tidak pernah sepi dari drama pemainnya yang kerap kali bikin geleng-geleng kepala. Salah satu kisah menarik sekaligus menjengkelkan yaitu kisah Ali Dia yang menjadi penipu di Liga Inggris tahun 1996.

George Weah

Tidak banyak yang diketahui tentang latar belakang Ali Dia dalam dunia sepak bola. Kehadirannya dianggap sangat misterius dengan cerita yang sangat mengada-ngada.

Kisah Ali Dia, Penipu Terbesar Sepanjang Sejarah Liga Inggris

Awal dari kisah penipuan ini terjadi ketika Graeme Souness selaku manager Southampton mendapat sebelum telepon misterius. Orang yang ada di panggilan tersebut mengaku sebagai George Weah yang merekomendasikan sepupunya, Ali Dia.

BACA JUGA:Timnas Timor Leste U-17 Umumkan Mundur dari Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

George Weah merupakan seorang pesepak bola terkenal milik AC Milan. Prestasinya sudah banyak bertebaran di dunia maya. Bahkan tahun 1995 George Weah pernah mendapatkan penghargaan Ballon d’Or.

George Weah ketika itu memperkenalkan Ali Dia sebagai sepupunya yang berlaga di PSG. Ali Dia juga dikabarkan bergabung dengan tim nasional Senegal dengan 13 caps dan kini berstatus bebas transfer. Mendengar perkataan itu Graeme Souness tergiur dan langsung mengontrak Ali Dia.

Masuknya Ali Dia mendapat sambutan baik dari penggemar Southampton. Ia diharapkan dapat membawa Southampton kemasa kejayaannya, apalagi pemain Afrika terkenal dengan kemampuan yang hebat ketika merumput.

Ali Dia

Ali Dia rencananya akan mulai bermain dalam laga yang mempertemukan Southampton dengan Arsenal. Beruntungnya ketika itu cuaca buruk terjadi, hujan deras turun membuat lapangan digenangi air sehingga pertandingan ditunda.

Selama masa latihan Graeme Souness belum menyadari kekurangan pada Ali Dia. Ali Dia nampak seperti permian amatiran yang masuk klub besar.

Hingga akhirnya pada 23 November 1996 pertandingan dimulai. Ali Dia bermain menggantikan Matt Le Tissier. Melihat permainan buruk dari Ali Dia, Graeme Souness mulai menyadari jika Ali Dia tidak sebagus yang dikatakan.

Pada menit 85, Ali Dia digantikan oleh Ken Monkou. Pertandingan itu menjadi pertandingan pertama dan terakhir bagi Ali Dia bersama Southampton.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini