Share

Mengintip Berapa Biaya Pembangunan Stadion Si Jalak Harupat

Cita Zenitha, MNC Portal · Rabu 28 September 2022 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 49 2676324 mengintip-berapa-biaya-pembangunan-stadion-si-jalak-harupat-Hz82YALyjL.png Mengintip biaya pembangunan Stadion Si Jalak Harupat (Foto: MNC Media)

MENGINTIP berapa biaya pembangunan Stadion Si Jalak Harupat, akan dibahas Okezone. Pencinta sepak bola pasti tidak asing dengan salah satu stadion terbesar di Bandung, yaitu Stadion Si Jalak Harupat. Stadion ini berlokasi di Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung.

Stadion ini menjadi berkat bagi tim Persikab Bandung dan Persib Bandung yang sering digunakan untuk latihan dan tanding. Dalam artikel ini, Okezone akan mengajak pembaca untuk mengintip berapa biaya pembangunan Stadion Si Jalak Harupat.

Mengintip Berapa Biaya Pembangunan Stadion Si Jalak Harupat

(Stadion Si Jalak Harupat, foto: Okezone)

Mengintip Berapa Biaya Pembangunan Stadion Si Jalak Harupat

Stadion Si Jalak Harupat dibangun pada Januari 2003. Saat itu, Kabupaten Bandung berada di bawah pimpinan Obar Sobarna. Kendati demikian, peresmian Stadion Si Jalak Harupat, yang dijadikan venue Piala Dunia U-20 2023, secara resmi bisa digunakan pada 2005.

Acara peresmian Stadion Si Jalak Harupat dilakukan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional, yaitu Agum Gumelar. Biaya pembangunan stadion yang mampu menampung sekitar 27 ribu penonton itu ditaksir mencapai Rp67,5 miliar. Walau terkena pengaruh inflasi pembangunan, stadion ini tergolong lebih murah daripada pembangunan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang menggelontorkan dana senilai Rp500 miliar.

Bahkan, ada dua stadion di Bandung lainnya yang memakan dana sangat besar, seperti Stadion Pakansari yang pembangunannya membutuhkan dana Rp800 miliar. Sementara itu, Stadion Batakan pembangunannya memakan dana senilai Rp1,2 triliun.

Berbagai spekulasi kecurangan tentang pembangunan Stadion Si Jalak Harupat muncul. Padahal, dana awal pembangunan diperkirakan mencapai Rp30 miliar. Kritikan mengenai pembangunan Stadion Si Jalak Harupat tidak hanya berhenti sampai di situ. Akses yang sulit dilewati, menjadi perdebatan kala ini.

Kendati demikian, pembangunan Stadion Si Jalak Harupat berjalan dengan baik. Berbagai fasilitas memadai terdapat di dalam stadion itu. Fasilitas yang ada meliputi lapangan sepak bola seluas 7.500m2 yang dibangun menggunakan rumput zoysia matrella.

Stadion ini juga mampu menampung sekitar 27 ribu sampai 40 ribu penonton dengan berbagai fasilitas seperti kantin, toilet, ruang wasit, dan lain sebagianya. Tak hanya itu, Stadion Si Jalak Harupat sudah menggunakan lampu 100 lux untuk memaksimalkan permainan pada malam hari, papan skor elektronik, dan terdapat 8 lintasan atletik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini