Share

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan Sebut Shin Tae-yong Jadi Keuntungan bagi Indonesia

Dimas Khaidar, Okezone · Senin 26 September 2022 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 51 2675358 ketua-umum-pssi-mochamad-iriawan-sebut-shin-tae-yong-jadi-keuntungan-bagi-indonesia-eUvjWCnO9a.jpg Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan bersama Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

KETUA Umum PSSI (Persatuan Sepak Bola Indonesia), Mochamad Iriawan sebut Shin Tae-yong jadi keuntungan bagi Indonesia akan diulas pada artikel ini. Iwan Bule -sapaan akrab Mochamad Iriawan-, menyebutkan dampak positif dengan hadirnya Shin Tae-yong di kursi kepelatihan Timnas Indonesia.

Menurut Iwan Bule, Shin Tae-yong membuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan. Ia mengatakan Korea Selatan merupakan negara yang budayanya bisa dikemas menjadi ikon global, dan kehadiran Shin Tae-yong bisa saja mendorong negara asalnya itu untuk berbagi strategi demi memajukan Indonesia, tidak hanya sekedar sepak bola.

Iwan Bule

"Jadi melalui Shin Tae-yong pun kita bisa belajar ke Korea Selatan bagaimana mempatenkan produk budaya kita untuk lebih dikenal," kata Iwan Bule dikuti via ANTARA.

Menurut ketua umum PSSI itu, Korea Selatan dan Indonesia memiliki kesamaan dari segi kekayaan budaya. Namun, Indonesia belum punya pakem khusus untuk memonetisasi kekayaan budaya tanpa melanggar norma yang ada.

BACA JUGA:Atlet Panjat Tebing Indonesia Respons Permintaan Presiden Jokowi untuk Raih Medali Emas di Olimpiade Paris 2024

"Misal kita punya produk bola yang ada di Tangerang, lalu kita minta bintang-bintang Korea ini main sepak bola pake produk tersebut. Maka nilai ekonomis produk ini akan semakin tinggi," lanjut Iwan Bule.

Selain itu, industri makanan asli dari Tanah Air, menurut Iwan Bule juga bisa memanfaatkan momentum tersebut. Contohnya, meminta Shin Tae-yong meluangkan waktunya beberapa menit untuk mencicipi dan berkomentar terkait produk tersebut.

Sejauh ini, menurut Mochamad Iriawan, Shin Tae-yong adalah pelatih yang kerap membintangi banyak iklan. Di antaranya, membintangi iklan produk merek mobil Korea Selatan yang pabriknya ada di Bekasi.

Shin Tae-yong

Lebih lanjut, menurut Iwan Bule upaya-upaya tersebut sangat memungkinkan untuk dilakukan, karena Shin Tae-yong adalah pelatih sepak bola yang sangat dihormati di Korea Selatan lantaran prestasinya. Sehingga hal itu sangat bermanfaat bagi keuntungan ekonomi Tanah Air.

"Seperti diketahui media Korea Selatan selalu ada ketika Shin Tae-yong ini beraksi melatih Timnas di lapangan," tutur Mochamad Iriawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini