Share

6 Pencetak Gol Paling Banyak Timnas Indonesia Era Shin Tae-yong, Nomor 1 Main di Eropa!

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Sabtu 24 September 2022 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 24 51 2674140 6-pencetak-gol-paling-banyak-timnas-indonesia-era-shin-tae-yong-hCcSKn8pOw.jpg Pemain Tokyo Verdy, Pratama Arhan (Foto: Okezone)

SEBANYAK 6 pencetak gol paling banyak Timnas Indonesia era Shin Tae-yong akan diulas pada artikel ini. Era kepelatihan Shin Tae-yong membuat sepakbola Indonesia kini tampak berkembang pesat.

Bagaimana tidak, sejak dikomandoi oleh pelatih asal Korea Selatan itu, Timnas Indonesia berhasil meraih beberapa prestasi. Salah satunya adalah lolos kualifikasi Piala Asia 2023.

Tentunya hal itu tak lepas dari kerja keras dan produktivitas skuad Garuda di bawah asuhan Shin Tae-yong. Bahkan, ada beberapa pemain yang berhasil mencetak gol paling banyak.

Berikut 6 pencetak gol paling banyak Timnas Indonesia era Shin Tae-yong

6. Pratama Arhan

Pratama Arhan

Sejak melakoni debut pada 29 Mei 2021, Pratama Arhan telah mencetak 3 gol untuk Timnas Indonesia. Selain itu, Bek Tokyo Verdy ini juga menyumbang 4 assist.

Tercatat dua gol Pratama Arhan dicetak pada ajang Piala AFF 2020. Sementara satu gol lainnya di laga uji coba internasional melawan Timor Leste.

5. Rachmat Irianto

Rachmat Irianto

Bek Persib Bandung ini juga berhasil mencetak 3 gol untuk Timnas Indonesia sejak dipanggil Shin Tae-yong pada 3 Juni 2021. Padahal, eks pemain Persebaya Surabaya ini kerap dimainkan sebagai gelandang bertahan.

Sama dengan Pratama Arhan, Rachmat Irianto juga berhasil mencetak 2 gol di Piala AFF 2020 yang langsung mencetak brace ke gawang Kamboja. Sementara satu gol lainnya dicetaknya pada Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan membobol gawang Kuwait pada laga perdana Grup A.

4. Evan Dimas

Evan Dimas

Sebagai pemain senior yang masih diunggulkan Shin Tae-yong, Evan Dimas juga ikut menjadi pendulang gol Timnas Indonesia. Gelandang Arema FC itu tercatat telah membukukan 5 gol.

Pemain asal Surabaya ini juga menyumbang 2 assist. Sehingga, ia terlibat dalam 7 gol Timnas Indonesia dalam 16 kali penampilannya di semua laga.

Gol pertamanya dicetak dalam uji coba kontra Oman, disusul Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, babak play off Kualifikasi Piala Asia 2023. Sedangkan 2 gol lainnya saat berlaga di Piala AFF 2020.

3. Irfan Jaya

Irfan Jaya

Salah satu senior andalan Shin Tae-yong selain Evan Dimas ini juga turut menyumbang gol terbanyak di skuad Garuda. Bersama Timnas Indonesia, Irfan Jaya menyumbang 4 gol dan 2 assist dari 16 kali penampilannya. 

Tercatat 3 gol yang dicetak pada ajang Piala AFF 2020. Sementara satu gol lainnya di laga uji coba internasional kontra Myanmar pada 25 November 2021.

2. Ricky Kambuaya

Ricky Kambuaya

Gelandang Persib Bandung ini menjalani debut bersama Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong pada 8 Oktober 2021. Sejak kala itu, Ricky Kambuaya selalu menjadi pilihan utama pelatih berusia 51 tahun itu. 

Total, 17 pertandingan dilaluinya bersama Skuad Garuda. Dari penampilannya tersebut, pemain 26 tahun itu berhasil membukukan 5 gol dan 5 assist.  Dimana 3 gol dicetak di laga uji coba internasional, sementara 2 gol lainnya di Kualifikasi Piala Asia 2023 dan Piala AFF.

1. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman

Pemain AS Trencin ini memimpin daftar pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia di era Shin Tae-yong. Tercatat sebanyak 6 gol telah dibukukan winger asal Palu ini.

Tak hanya mencetak gol, Witan Sulaeman juga menyumbang 6 assist untuk Skuad Garuda. Sehingga ia berhasil terlibat dalam 12 gol Timnas Indonesia.

Setengah lusin gol yang dicetaknya itu berasal dari babak play off Piala AFF 2020 dan Kualifikasi Piala Asia 2023, juga laga uji coba internasional.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini