Share

5 Alasan Timnas Indonesia Bakal Menang atas Curacao, Nomor 1 Tak Perlu Diragukan!

Hakiki Tertiari , Okezone · Kamis 22 September 2022 19:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 51 2673104 5-alasan-timnas-indonesia-bakal-menang-atas-curacao-nomor-1-tak-perlu-diragukan-1oFkEkwOAU.jpg Berikut 5 alasan Timnas Indonesia bakal menang atas Curacao (Foto: PSSI)

SEBANYAK 5 alasan Timnas Indonesia bakal menang atas Curacao di FIFA Matchday September 2022 akan diulas dalam artikel ini. Seperti diketahui, Skuad Garuda (julukan Timnas Indonesia) tengah disibukkan melakukan persiapan jelang lawan Timnas Curacao.

Pertandingan ini digelar pada Sabtu, 24 September 2022 mendatang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Meski hanya laga uji coba, kemenangan jadi target utama Shin Tae-yong lawan Curacao.

Selain menambah jam terbang pemain, laga ini juga menguntungkan bagi Timnas Indonesia di ranking FIFA. Sebab demikian, Elkan Baggott dkk punya alasan khusus untuk menang di pertandingan ini. Lantas, apa saja alasan Timnas Indonesia bakal menang atas Curacao?

Berikut 5 alasan Timnas Indonesia bakal menang atas Curacao di FIFA Matchday:

5. Target Perbaiki Ranking FIFA

Timnas Indonesia

Seperti yang sudah disinggung, laga uji coba ini sangat menguntungkan bagi Timnas Indonesia. Selain menambah jam terbang para pemain, posisi skuad Garuda di ranking FIFA juga bisa terkatrol.

Timnas Indonesia yang menempati urutan ke-155 saat ini, diprediksi bisa naik empat peringkat sekaligus, jika menang lawan Curacao. Hal itu disebabkan, ranking Curacao saat ini lebih baik ketimbang Timnas Indonesia, yaitu berada di peringkat ke-84 dunia. Oleh sebab itu, target ini jadi alasan skuad Garuda mendulang kemenangan.

4. Main di Kandang Sendiri

Suporter Timnas Indonesia

Kemudian, alasan Timnas Indonesia bakal menang atas Curacao adalah faktor tuan rumah. Ya, diketahui sebelumnya, Timnas Indonesia akan meladeni Curacao dua kali (24 September dan 27 September 2022). Kedua laga itu bakal digelar di dalam negeri.

Untuk pertandingan pada Sabtu, 24 September 2022 nanti, Timnas Indonesia akan bermain di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Didukung penuh oleh masyarakat Tanah Air, tentu jadi penguat mentalitas Timnas Indonesia dihadapan lawan.

3. Diperkuat 6 Pemain Abroad

Pratama Arhan dan Witan Sulaeman

Pekan lalu, Shin Tae-yong sudah mengumumkan pemain yang bakal memperkuat Timnas Indonesia kontra Curacao. Dari 23 pemain yang dipanggil, enam pemain di antaranya berstatus abroad atau pemain yang berkarier di luar negeri.

Mereka yang masuk skuad adalah Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), Elkan Baggott (Gillingham FC), Egy Maulana (FC Vion Zlate Moravce), Saddil Ramdani (Sabah FC), Witan Sulaeman (AS Trencin), dan Pratama Arhan (Tokyo Verdy). Dengan adanya pemain abroad, tentu akan menjadi nilai lebih bagi skuad Garuda.

2. Skuad Garuda dalam Tren Positif

Timnas Indonesia

Tak berlebihan jika mengatakan Timnas Indonesia sedang haus kemenangan. Pasalnya, dari hasil sebelumnya, skuad Garuda berada dalam tren positif.

Hal itu bisa dilihat dari capaian Witan Sulaeman dan kolega yang berhasil tembus Piala Asia 2023. Keberhasilan lolos Piala Asia 2023 itu dipastikan usai Timnas Indonesia menempati urutan kedua di klasemen Grup A babak kualifikasi.

Bahkan, di grup tersebut, Timnas Indonesia mampu mendulang dua kemenangan. Adapun kemenangan itu diraih melwan Kuwait (2-1) dan Nepal (7-0). Meski skuad Garuda sempat menelan kekalahan dari Yordania (0-1), Timnas Indonesia tetap berhak mentas di Piala Asia 2023.

1. Tangan Dingin Shin Tae-yong

Shin Tae-yong

Faktor tangan dingin Shin Tae-yong ketika menangani Timnas Indonesia tak bisa dilepaskan begitu saja. Ya, selain timnas senior, pelatih berpaspor Korea Selatan itu juga menjadi juru taktik level U-19 dan U-23.

Keberhasilannya bersama semua level Timnas Indonesia, jadi modal utama skuad Garuda menghadapi Curacao. Dengan kata lain, Shin Tae-yong sendiri sudah mengetahui kebiasaan dan cara karakter pemain Timnas Indonesia.

Sebab demikian, bukan hal yang sulit bagi Shin Tae-yong untuk meracik taktik jitu. Tentu hal itu ditujukan demi mendulang kemenangan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini