Share

Timnas Rusia Absen dari Kualifikasi Piala Eropa 2024

Ilham Sigit Pratama, MNC Portal · Rabu 21 September 2022 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 51 2671673 timnas-rusia-absen-dari-kualifikasi-piala-eropa-2024-ZbU0xv2E6V.jpg Timnas Rusia tidak ambil bagian dalam Kualifikasi Piala Eropa 2024 (Foto: Reuters)

MOSKOW - Timnas Rusia tidak mengikuti undian babak Kualifikasi Piala Eropa 2024. Ini adalah buntut dari invasi militer Rusia ke Ukraina.

Sebelumnya, Rusia diberi sanksi larangan bermain di semua kompetisi, baik di level klub maupun internasional. Sanksi tersebut diberikan oleh FIFA dan UEFA.

Timnas Rusia (Foto: Reuters)

Pihak federasi sepak bola Rusia (RFU) sudah melancarkan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Akan tetapi, hasilnya tidak sesuai harapan RFU.

Karena sanksi masih berlaku, Rusia pun kembali mendapatkan pukulan telak akibat ulahnya melakukan invasi militer ke Ukraina. RFU mengonfirmasi, bahwa tim berjuluk Beruang Merah tersebut tidak ikut serta dalam Kualifikasi Piala Eropa 2024.

โ€œTimnas Rusia tidak akan mengikuti undian babak Kualifikasi Piala Eropa 2024, alasannya adalah keputusan UEFA pada Februari untuk menangguhkan partisipasi tim dan klub Rusia di bawah naungan organisasi,โ€ tulis pernyataan RFU, dilansir twitter @rfsruofficial, Rabu (21/9/2022).

โ€œHal ini berlaku secara default sampai pemberitahuan lebih lanjut,โ€ tutup pernyataan resmi tersebut.

Timnas Rusia (Foto: Istimewa)

Ini patut disayangkan karena Timnas Rusia merupakan tim langganan Piala Eropa, bahkan sejak masih bernama Uni Soviet. Timnas Rusia dalam beberapa edisi bahkan sempat merepotkan tim-tim raksasa Eropa.

Di Piala Eropa edisi 2008 di Austria dan Swiss, Timnas Rusia beraksi hingga semifinal. Timnas Rusia, yang kala itu dihuni Roman Pavlyuchenko dan Andrej Arshavin, membuat kejutan kala menyingkirkan Belanda di perempatfinal via adu penalti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini