Share

Usaha Luar Biasa Qatar, Negara Kecil yang Siap Jadikan Piala Dunia 2022 sebagai Ajang Olahraga Termegah di Dunia

Dimas Khaidar, Okezone · Selasa 13 September 2022 09:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 13 51 2666252 usaha-luar-biasa-qatar-negara-kecil-yang-siap-jadikan-piala-dunia-2022-sebagai-ajang-olahraga-termegah-di-dunia-QzR79U4nk6.jpg Usaha luar biasa Qatar, negara kecil yang siap gelar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS)

USAHA luar biasa Qatar, negara kecil yang siap jadikan Piala Dunia 2022 sebagai ajang olahraga termegah di dunia akan dibahas dalam artikel ini. Negara asal Timur Tengah, Qatar, terus mempersiapkan segala fasilitas untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 yang akan dilaksanakan pada akhir tahun nanti.

Salah satu hal yang terus dipersiapkan Qatar adalah akomodasi jutaan calon penonton dari seluruh dunia. Jika dilihat dari ukuran negaranya, Qatar bisa dikategorikan negara kecil dengan hanya 4.400 meter persegi.

Stadion di Qatar

Bahkan apabila dibandingkan dengan ukuran Lombok, Nusa Tenggara Barat, Qatar sedikit lebih kecil. Karena ukurannya tersebut, Qatar menjadi negara paling kecil yang pernah menjadi tuan rumah ajang sepakbola terbesar di dunia itu.

Turnamen sepakbola antarnegara di seluruh dunia yang diadakan empat tahun sekali itu diprediksi dihadiri kurang lebih satu juta penonton. Prediksi tersebut berada di angka sekira 37% dari total jumlah populasi Qatar yang berada di angka sekitar 2,7 juta jiwa.

Melihat dari ajang Piala Dunia sebelumnya, negara yang menjadi tuan rumah selalu dipermasalahkan faktor transportasi ketika dihadiri para suporter dari luar negeri. Ukuran Qatar yang kecil tentu bisa menjadi sebuah keunggulan dari sisi tersebut,

Namun, terdapat tantangan lain. Saat ini permasalahan yang diprediksi akan menjadi masalah bagi Qatar adalah jumlah akomodasi yang terbatas, contohnya hotel atau tempat penginapan. Bahkan, jika memang ada harganya tentu akan naik tinggi.

Dilansir dari situs Booking.com, harga dari 21 properti yang telah tersedia untuk Piala Dunia di Qatar harganya dinilai tidak masuk logika. Harga tersebut dimulai dari angka US$1000 atau sekira Rp14 juta hingga US$51.000 atau sekitar Rp757 juta di setiap malamnya.

Akan tetapi, harga tersebut sangatlah wajar. Jika melihat pada tahun 2006 ketika Jerman menjadi tuan rumah Piala Dunia saat itu, harga dari hotel yang berada di Berlin dan Frankfurt juga melambung naik.

“Tujuan kami selalu memberikan harga yang adil dan masuk akal untuk para pendatang,” ucap juru bicara Komite Penyelenggara Qatar.

 Qatar

“Kami terus bekerja keras dengan stakeholder kunci untuk memastikan harga yang terjangkau pada seluruh akomodasi.”

Qatar pun telah membuka tiga hotel supermewah baru untuk para calon suporter dari seluruh dunia. Tiga hotel bintang lima itu baru dibangun menjelang Piala Dunia Qatar yang jadwalnya dimulai pada 20 November 2022.

Sebanyak tiga hotel tersebut ialah Wyndham Grand Doha West Bay Beach, St. Regis Marsa Arabia Island, dan Rixos Gulf Hotel Doha. Hote-hotel ini memiliki fasilitas yang sangat mewah untuk memanjakan para pendatang dari seluruh dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini