Share

Digosipkan Jadi Pelatih Kepala Brighton, Kepemimpinan Adam Lallana Dipuji Jurgen Klopp

Andhika Khoirul Huda, MNC Portal · Jum'at 09 September 2022 20:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 09 45 2664552 digosipkan-jadi-pelatih-kepala-brighton-kepemimpinan-adam-lallana-dipuji-jurgen-klopp-zBgl3vO0aa.jpg Adam Lallana diisukan bakal jadi pelatih kepala baru Brighton & Hove Albion (Foto: Twitter/@officialAL20)

BRIGHTON – Gelandang Brighton and Hove Albion, Adam Lallana, saat ini digosipkan akan ditunjuk menjadi pelatih kepala timnya. Ternyata, kepemimpinan Lallana di ruang ganti memang sangat dipuji oleh mantan pelatihnya di Liverpool, Jurgen Klopp,

Sebagaimana diketahui, Seagulls baru saja ditinggal Graham Potter yang hijrah ke Chelsea untuk menggantikan Thomas Tuchel. Pemilik Brighton, Tony Bloom, pun mengataka, bahwa Potter meninggalkan warisan untuk timnya yang kini duduk di posisi keempat klasemen sementara Liga Inggris 2022-2023.

Graham Potter (Foto: Reuters)

Bloom pun mengungkapkan, bahwa timnya akan segera mencari pelatih baru untuk mengisi pos yang ditinggal Potter. Untuk sementara, pelatih tim U-21 mereka, Andrew Crofts, ditunjuk sebagai pelatih interim.

Crofts akan dibantu dengan Lallana yang kini berstatus sebagai pemain dan juga pelatih interim. Mereka akan memimpin Pascal Gross dan kolega dalam beberapa pertandingan ke depan sembari Brighton mencari pelatih kepala anyar.

Namun, muncul kabar, bahwa Lallana digadang-gadang sebagai calon kuat untuk mengisi pos pelatih kepala Brighton. Pasalnya, pemain berusia 34 tahun itu disebut sebagai sosok dengan kemampuan kepelatihan dan kepemimpinan yang baik hingga memiliki reputasi sebagai student of the game di bawah asuhan Potter.

Selain itu, ada faktor lain mungkin menjadi bahan pertimbangan bagi Brighton untuk menunjuknya sebagai pelatih anyar mereka, yakni pujian dari Jurgen Klopp kepadanya. Juru taktik asal Jerman itu mengatakan, Lallana punya kepemimpinan yang luar biasa di ruang ganti sehingga bisa menjadi contoh bagi para pemain lainnya.

β€œAdam adalah pemimpin alami dan sangat, sangat penting dalam tim kami dan juga di ruang ganti. Mungkin ketika di luar kepemimpinannya tidak terlihat seperti yang kita lihat setiap hari di Melwood dalam segala hal yang dia lakukan,” kata Klopp pada 2017 lalu, dilansir dari Mirror, Jumat (9/9/2022).

β€œDia memiliki sikap kelas dunia dengan kemampuan luar biasa: itu bukan kombinasi yang buruk! Para pemain kami yang lebih muda sekarang akan dapat memperoleh manfaat dari menonton, mendengarkan, dan belajar darinya untuk waktu yang lebih lama karena ia memberikan contoh sempurna setiap hari,” imbuhnya.

Adam Lallana (Foto: Twitter/@OfficialAL20)

Sejatinya, Lallana dan Crofts bisa memimpin Brighton saat bertandang ke markas Bournemouth pada akhir pekan ini. Akan tetapi, pertandingan tersebut ditunda karena Liga Inggris sedang berkabung usai Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis 8 September 2022.

Dengan begitu, Lallana dan Crofts baru akan melakoni tugas pertama mereka sebagai pelatih interim Brighton pada pertandingan kontra Newcastle United di St. James Park pada Sabtu pekan depan. Bukan tidak mungkin, ketika pertandingan itu digelar, Lallana sudah ditunjuk Seagulls menjadi pelatih kepala mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini