Share

FIFA Matchday September 2022: Timnas Indonesia Akan Lawan Curacao, Vietnam Harus Putar Otak Cari Pengganti India

Andika Pratama, Okezone · Selasa 16 Agustus 2022 13:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 51 2648830 fifa-matchday-september-2022-timnas-indonesia-akan-lawan-curacao-vietnam-harus-putar-otak-cari-pengganti-india-6MB8vNM8H9.jpg Timnas Indonesia akan lawan Curacao, sedangkan Vietnam sedang pusing cari pengganti India (Foto: Laman resmi AFF)

TIMNAS Indonesia rencananya akan melawan Curacao pada FIFA September 2022. Sementara itu, Vietnam justru kehilangan salah satu lawan mereka di untuk FIFA September 2022.

Lawan Vietnam yang dimaksud adalah India. Sebab, Federasi Sepakbola India (AIFF) dibekukan oleh FIFA karena telah melakukan pelanggaran berat terhadap statuta.

Timnas India (Foto: Twitter/@afcasiancup)

Pelanggaran itu berkaitan dengan campur tangan pihak ketiga terhadap AIFF. Atas dasar itu, FIFA pun menangguhkan kegiatan AIFF di dunia sepakbola hingga semua masalah selesai.

“Biro Dewan FIFA dengan suara bulat memutuskan untuk menangguhkan Federasi Sepak Bola Seluruh India (AIFF) dengan segera karena pengaruh yang tidak semestinya dari pihak ketiga, yang merupakan pelanggaran serius terhadap Statuta FIFA,” tulis FIFA dalam keterangan resminya, Selasa (16/8/2022).

“Penangguhan akan dicabut setelah perintah untuk membentuk komite administrator untuk mengambil alih kekuasaan Komite Eksekutif AIFF telah dicabut dan administrasi AIFF mendapatkan kembali kendali penuh atas urusan sehari-hari AIFF,” tambah keterangan FIFA.

Pembekuan AIFF membuat India tidak bisa bertanding hingga persoalan ini tuntas. Padahal, India dijadwalkan untuk mengkuti turnamen segitiga gagasan Vietnam yang akan berlangsung pada 21 hingga 27 September 2022.

Selain India, Vietnam juga mengundang Singapura untuk mengikuti turnamen mini ini. Akan tetapi, dengan absennya India, Federasi Sepakbola Vietnam (VFF) harus mencari penggati India.

“India pasti tidak akan bisa pergi ke Vietnam. Akan tetapi, VFF akan aktif mencari dan bernegosiasi dengan tim lain agar Vietnam tetap bisa menjalani laga persahabatan yang bermanfaat di bulan September,” ujar salah satu petinggi VFF, dilansir dari The Thao 247.

Timnas Indonesia (Foto: PSSI)

Sebagai pengganti India, Timnas Indonesia mungkin diundang VFF. Turnamen mini gagasan Vietnam bisa menjadi alternatif bagi Timnas Indonesia jika pertandingan kontra Curacao urung terwujud.

Sebagaimana diketahui, pertandingan Timnas Indonesia kontra Curacao masih menghadapi masalah terkait vaksin covid-19. Meski begitu, PSSI kukuh ingin mewujudkan pertandingan uji coba tersebut karena Timnas Indonesia butuh lawan kuat, seperti Curacao. Perlu diketahui, calon lawan Timnas Indonesia itu menempati ranking 84 FIFA.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini