Share

5 Kunci Sukses Timnas Indonesia U-16 Kalahkan Myanmar di Semifinal Piala AFF U-16 2022, Nomor 1 Bikin Kagum

Djanti Virantika, Okezone · Kamis 11 Agustus 2022 05:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 11 51 2645713 5-kunci-sukses-timnas-indonesia-u-16-kalahkan-myanmar-di-semifinal-piala-aff-u-16-2022-nomor-1-bikin-kagum-aMZbzk6NEG.jpg Berikut 5 kunci sukses Timnas Indonesia U-16 kalahkan Myanmar di semifinal Piala AFF U-16 2022. (Foto: Twitter/@affpresse)

5 kunci sukses Timnas Indonesia U-16 kalahkan Myanmar di semifinal Piala AFF U-16 2022 menarik dikulik. Sebab, kemenangan ini membawa Timnas Indonesia U-16 melangkah ke babak final.

Ya, Timnas Indonesia U-16 sukses menyegel tiket final Piala AFF U-16 2022 usai bersaing sengit melawan Myanmar. Bermain di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu 10 Agustus 2022 malam WIB, Garuda Asia -julukan Timnas Indonesia U-16- menang lewat drama adu penalti.

BACA JUGA: Jadwal Final Piala AFF U-16 2022: Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam, Misi Ulangi Sukses 2018!

Laga harus dilanjutkan ke babak adu penalti guna menentukan pemenang lantaran skor 1-1 terus terjaga hingga akhir waktu normal pertandingan. Di babak tos-tosan, Timnas Indonesia U-16 pun sukses menang dengan skor 5-4.

BACA JUGA: Timnas Myanmar U-16 Kalah Adu Penalti dari Timnas Indonesia U-16, Pelatih Beberkan Penyebabnya

Hasil ini membawa Timnas Indonesia U-16 lolos ke final Piala Asia U-16 untuk ketiga kalinya. Sejumlah faktor pun dinilai jadi kunci sukses Timnas Indonesia U-16 menembus babak final. Apa saja? Berikut 5 kunci sukses Timnas Indonesia U-16 kalahkan Myanmar di semifinal Piala AFF U-16 2022.

5. Mental Kuat

Timnas Indonesia U-16 vs Timnas Myanmar U-16

Salah satu faktor yang membuat Timnas Indonesia U-16 mengalahkan Myanmar di babak semifinal adalah mental kuat para pemain. Berkat faktor ini, mereka bisa bangkit, meski harus tertinggal lebih dahulu.

Ya, Timnas Indonesia U-16 sebenarnya memulai laga dengan sangat apik. Mereka menggempur pertahanan Myanmar tanpa henti sejak awal laga. Namun, keasyikan menyerang, gawang Andrika Fathir Rachman malah kebobolan di menit ke-43.

Meski tertinggal di babak pertama, Timnas Indonesia U-16 tak kehilangan semangat. Mereka pun berhasil bangkit di babak kedua sehingga menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Timnas Indonesia U-16 benar-benar tak berhenti membangun serangan hingga akhir laga.

4. Penampilan Berkelas Riski Afrisal

Riski Afrisal

Kunci sukses berikutnya adalah penampilan berkelas dari Riski Afrisal. Ya, penggawa Timnas Indonesia U-16 ini menjadi salah satu aktor penting dalam kesuksesan mengalahkan Myanmar.

Bagaimana tidak, Riski Afrisal berhasil mencetak gol penyama di babak kedua. Lewat ketenangan dan kualitas permainannya, dia berhasil memanfaatkan tendangan bebas dari luar kotak penalti menjadi gol. Tendangannya yang keras dan akurat membuat bola langsung mendarat tepat ke gawang Myanmar.

3. Dukungan Luar Biasa Suporter Tanah Air

Suporter Timnas Indonesia

Faktor berikutnya adalah dukungan luar biasa dari suporter Indonesia. Ya, kehadiran suporter memang selalu berhasil memantik semangat lebih untuk para pemain.

Hal ini pun turut terlihat di laga semifinal Piala AFF U-16 2022. Para suporter yang memadati Stadion Maguwoharjo semalam, tak berhenti menggaungkan yel-yel penyemangat bagi penggawa Garuda Asia, sekalipun sedang tertinggal.

2. Aksi Ciamik Andrika Fathir Rachman

Andrika Fathir Rachman

Selain Riski Afrisal, penampilan apik juga ditunjukkan penggawa lain dari Timnas Indonesia U-16. Ia adalah Andrika Fathir Rachman.

Andrika memang gagal menjaga gawangnya dengan baik di babak pertama laga melawan Myanmar hingga akhirnya kebobolan 1 gol. Namun, dia membayar tuntas hal itu di babak adu penalti.

Dalam babak tos-tosan itu, Andrika sukses menepis satu tendangan. Dia juga berhasil menebak arah tendangan penendang pertama dan ketiga Myanmar, meski gagal ditepis. Berkat kontribusinya, Garuda Asia pun menang dengan skor 5-4.

1. Kinerja Fantastis di Babak Adu Penalti

Muhammad Nabil Assyura

Faktor terakhir adalah ketenangan para pemain Garuda Asia di babak adu penalti. Di babak penentu ini, 5 pemain Timnas Indonesia U-16 yang ditunjuk menjadi eksekutor tendangan penalti berhasil melakukan pekerjaannya dengan baik.

Kelima pemain itu adalah Muhammad Iqbal, Figo Dennis, Arkhan Kaka, Riski Afrisal, dan Nabil Asyura. Mereka menunjukkan ketenangan dalam melakukan tendangan hingga bola seluruhnya bersarang di gawang Myanmar. Aksi mereka pun membuat kagum banyak pihak.

Kinerja apik mereka sudah membuahkan tiket ke final Piala AFF U-16-2022. Kini, mereka hanya tinggal selangkah lagi untuk merebut gelar juara di ajang tersebut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini