Share

Bawa Timnas Indonesia U-16 Tembus Final, Andrika Fathir Rachman Ungkap Arahan Markus Horison Sebelum Adu Penalti

Andhika Khoirul Huda, MNC Portal · Kamis 11 Agustus 2022 01:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 11 51 2645695 bawa-timnas-indonesia-u-16-tembus-final-andrika-fathir-rachman-ungkap-arahan-markus-horison-sebelum-adu-penalti-HqpbFAQBP5.jpg Andrika Fathir Rachman dapat wejangan dari Markus Horison sebelum membela Timnas Indonesia U-16 di adu penalti. (Foto: Instagram/@markoesharison81)

SLEMAN – Kiper Timnas Indonesia U-16, Andrika Fathir Rachman, jadi pahlawan timnya dalam memenangi adu penalti melawan Myanmar di semifinal Piala AFF U-16 2022. Sukses tampil ciamik, Andrika pun mengungkap arahan yang diberikan pelatih kiper Timnas Indonesia U-16, Markus Horison, sebelum adu penalti.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-16 sukses menang adu penalti dengan skor 5-4 atas Myanmar dalam laga semifinal Piala AFF U-16 2022. Laga harus dilanjutkan ke babak adu penalti karena skor 1-1 terjaga dalam waktu normal.

Timnas Indonesia U-16 vs Timnas Myanmar U-16

Dalam babak tos-tosan itu, kelima eksekutor Pasukan Garuda Muda berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Sementara itu, penendang keempat dan juga Kapten Myanmar, Shine Wanna Aung, gagal mencetak gol ke gawang Andrika.

BACA JUGA: Penyebab Timnas Indonesia U-16 Susah Payah Kalahkan Myanmar di Semifinal Piala AFF U-16 2022

Tendangan mendatar Shine yang mengarah ke kanan gawang berhasil ditepis oleh Andrika. Lalu, kemenangan Timnas Indonesia U-16 dipastikan oleh gol penalti Muhammad Nabil Asyura.

BACA JUGA: Optimis Timnas Indonesia U-16 Mampu Sikat Vietnam di Final Piala AFF U-16 2022, Ketum PSSI: Insya Allah Juara

Di balik kesuksesan Andrika menepis tendangan penalti tersebut, ternyata ada peran Markus Horison. Andrika mengatakan bahwa mantan kiper Timnas Indonesia itu menyuruhnya untuk tetap tenang ketika dirinya merasa tegang menghadapi babak adu penalti tersebut.

β€œYang pertama itu, saya disuruh untuk tetap tenang oleh coach Markus. Dan kemarin, kita juga sudah latihan adu penalti, jadi tips-tips yang diberikan oleh coach Markus tadi saya terapkan dan Alhamdulillah bisa memberikan kemenangan,” kata Andrika dalam konferensi pers pascalaga.

Dalam babak tos-tosan itu, Andrika memang hanya menepis satu tendangan saja. Akan tetapi, sebelum itu, dia juga sukses menebak arah tendangan penendang pertama dan ketiga Myanmar, meski bola tak mampu ditepisnya.

Melihat hal tersebut, Andrika tampaknya memang benar-benar menerapkan tips yang diberikan oleh Markus saat latihan. Dia pun sangat bersyukur bisa menjadi pahlawan kemenangan bagi Indonesia.

Markus Horison

Sebagai informasi, pada waktu normal, Myanmar unggul lebih dulu lewat gol Nay Min Htet di akhir babak pertama. Lalu, Timnas Indonesia U-16 menyamakan kedudukan pada menit 69 lewat tendangan bebas cantik dari Muhammad Riski Afrisal.

Dengan hasil tersebut, Muhammad Iqbal Gwijangge dan kolega melangkah ke partai final Piala AFF U-16 untuk menghadapi Vietnam, yang menyingkirkan Thailand di semifinal dengan skor 2-0. Laga pamungkas akan digelar pada Jumat 12 Agustus 2022 di Stadion Maguwoharjo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini