Share

Semifinal Piala AFF U-16 2022: Timnas Indonesia U-16 vs Myanmar Sama Kuat 1-1, Laga Berlanjut ke Adu Tendangan Penalti

Hakiki Tertiari , Okezone · Rabu 10 Agustus 2022 21:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 51 2645648 semifinal-piala-aff-u-16-2022-timnas-indonesia-u-16-vs-myanmar-sama-kuat-1-1-laga-berlanjut-ke-adu-tendangan-penalti-Gr7bNHjWi2.jpg Timnas Indonesia U-16 seri 1-1 kontra Myanmar di semifinal Piala AFF U-16 2022, laga berlanjut ke adu penalti (Foto: PSSI)

HASIL semifinal Piala AFF U-16 2022 antara Timnas Indonesia U-16 vs Myanmar telah diketahui pada Rabu (10/8/2022) malam WIB. Skuad Garuda Asia saat ini tertahan 1-1 dari Myanmar setelah bermain di waktu normal 90 menit.

Myanmar sempat unggul lewat Nay Min Htet pada menit ke-43. Timnas Indonesia U-16 baru bisa menyamakan kedudukan ketika laga memasuki menit ke-69 lewat tembakan bebas Riski Afrisal. Dengan hasil imbang, laga pun akan dilanjutkan melalui babak penalti untuk menentukan pemenang ke final Piala AFF U-16 2022.

Timnas Indonesia U-16

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Mengincar kemenangan, Indonesia tampil menekan begitu pertandingan dimulai. Mereka mengambil inisiatif serangan lebih dulu dan menerapkan pressing ketat ketika kehilangan bola.

Lima menit laga berjalan, dominasi Tim Merah-Putih nyaris membuahkan hasil. Namun, sepakan jarak jauh yang dilepaskan Muhammad Kafiatur Rizky masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Keasyikan menyerang, tim besutan Bima Sakti itu hampir kebobolan lewat serangan balik cepat yang dilancarkan Myanmar pada menit 10. Beruntung bagi Indonesia, tendangan Shine Wanna Aung kurang bertenaga sehingga bisa ditepis dengan mudah oleh Andrika Fathir Rachman.

Lima menit berselang, Indonesia mendapatkan peluang emas lewat Arkhan Kaka Putra. Dia menyambut tendangan bebas ciamik dari Kafiatur yang mengarah ke tiang jauh dengan tandukannya. Sayang, bola yang ditanduknya menyamping tipis di sisi kanan gawang.

Pada menit 19, lagi-lagi Kafiatur mengkreasikan sebuah peluang berbahaya. Pemain bernomor punggung sembilan itu mengirim umpang melengkung ke tiang jauh dari sepak pojok dan disambut oleh tandukan Sulthan Zaky Pramana. Akan tetapi, bola yang hampir menggantung kiper Myanmar, Sai Thi Ha Naing, jatuh di atas jaring gawang.

Memasuki menit 35, Timnas Indonesia U-16 kembali mendapatkan peluang emas. Umpan lambung dari lini tengah tak mampu ditangkap oleh Kiper Myanmar. Sayangnya, Kafiatur yang hanya tinggal mencocor bola ke dalam gawang gagal melakukan sontekan dengan baik sehingga bola melenceng dari gawang.

Dua menit jelang turun minum, justru Indonesia kebobolan. Adalah Nay Min Htet yang menjadi pencetak gol dengan tendangan mendatarnya yang memanfaatkan kesalahan antisipasi dari Andrika. Alhasil, Indonesia tertinggal 0-1 dari Myanmar di akhir babak pertama.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia U-16 melakukan dua pergantian. Memasuki Figo Dennis dan Muhammad Ridho, Bima Sakti berharap kreasi serangan skuad Garuda Asia bisa berjalan dengan baik.

Timnas Indonesia U-16

Sampai 15 menit awal babak kedua, Nabil Asyura dan kolega tak mengendurkan serangan. Peluang dari Kafiatur maupun pemain lainnya belum berhasil menebus jala Sai Thi Ha Naing. Padahal secara permainan, Timnas Indonesia U-16 terus berkembang.

Hanya saja, Myanmar begitu menutup dengan rapat barisan pertahanannya. Timnas Indonesia U-16 tampak buntu ketika memasuki menit ke-65.

Akan tetapi, momentum yang ditunggu tiba. Setelah pemain Myanmar terkena hand ball, Timnas Indonesia U-16 berhasil menyamakan kedudukan.

Adalah Riski Afrisal berhasil meyarangkan bola ke gawang Myanmar lewat tembakan bebasnya di menit ke-69. Skor berubah jadi 1-1 untuk Timnas Indonesia U-16 atas Myanmar.

Memasuki lima menit terakhir, tak sedikit pun serangan dikendurkan oleh anak-anak Garuda Asia. Hanya saja, Timnas Indonesia U-16 belum berhasil mencetak gol kemenangan. Hasilnya skor 1-1 di waktu normal berakhir, laga pun berlanjut ke babak adu penalti.

Berikut adalah susunan pemain Timnas Indonesia U-16 vs Timnas Myanmar U-16:

INDONESIA (4-3-3): Andrika Fathir Rachman; Rizdjar Nurviat Subagja, Sulthan Zaky Pramana, M. Iqbal Gwijangge, Habil Abdillah; M. Sultan Akbar, M. Riski Afrisal, M. Kafiatur Rizky; Narendra Tegar Islami, M. Nabil Asyura, Arkhan Kaka Putra Purwanto.

Cadangan: Ikram Algiffari, Fadel Ahmad Arrafi, M. Andre Pangestu, M. Ridho Al-Ikhsan, Figo Dennis Saputrananto, Ji Da Bin, M. Yanuar Sanusi, Achmad Zidan, Arjuna Tri Wahyudi, Fermas Aprian Crespo, Ibnu Yazid, Wally Marifat.

MYANMAR (3-4-3): Sai Thi Ha Naing; Thura Zaw, Myat Phone Khant, Htoo Wai Yan; Lin Htet Co, Khon Cho Htoo, Han Tun Zaw, Aung Zaw Myo; Nay Min Htet, Shine Wanna Aung, Kaung Htet.

Cadangan: Myint Myat Yan Naung, Nay Lin Htet, Kaung Khant Zaw, Aung Kaung Khant, Wai Lyan Shine, Sai Zayar Kyaw, Nay Lin Tun, Saw Myo Zaw, Brang Don Le, Naing Lar, Pyae Sone Aung, Han Htet Oo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini