Share

Piala AFF U-16 2022: Akan Lawan Vietnam, Bima Sakti Tidak Ingin Masyarakat Terlalu Puji Timnas Indonesia U-16

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2022 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 51 2641653 piala-aff-u-16-2022-akan-lawan-vietnam-bima-sakti-tidak-ingin-masyarakat-terlalu-puji-timnas-indonesia-u-16-lYLvC9tlNI.jpg Bima Sakti tidak ingin masyarakat terlalu memuji Timnas Indonesia U-16 karena masih ada pertandingan kontra Vietnam (Foto: AFF)

SLEMAN Timnas Indonesia U-16 menang 9-0 atas Singapura pada matchday kedua Grup A Piala AFF U-16 2022. Segala pujian dari masyarakat Indonesia pun memuji Garuda Asia.

Namun, Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, tidak ingin masyarakat terlalu memuji pasukannya. Sebab, Timnas Indonesia U-16 masih punya satu pertandingan tersisa, yaitu kontra Vietnam.

Timnas Indonesia U-16 vs Timnas Singapura U-16 (Foto: PSSI)

Garuda Asia menghantam Singapura di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu 3 Agustus 2022. Tak tanggung-tanggung, mereka menang dengan skor telak 9-0 setelah sebelumnya menghajar Filipina 2-0.

Sementara itu, Vietnam juga mengantongi dua kemenangan. Mereka menang 5-1 atas Singapura dan menggulung Filipina 5-0.

Dengan hasil tersebut, Indonesia naik ke puncak klasemen dengan keunggulan selisih gol dari Vietnam. Artinya, pertandingan terakhir melawan Vietnam bakal menjadi penentu siapakah yang akan mengamankan satu tiket otomatis ke semifinal dengan status juara grup.

Garuda Asia hanya butuh hasil imbang atau kemenangan untuk keluar sebagai juara Grup A. Akan tetapi, jika kalah, mereka berpeluang lolos ke semifinal lewat jalur runner up terbaik dengan bersaing dengan runner up dari dua grup lainnya karena hanya juara grup yang otomatis mendapat tiket empat besar.

Oleh karena itu, Bima Sakti ingin timnya mempersiapkan diri lebih baik lagi untuk menghadapi Vietnam. Sebab, jika menelan kekalahan, nasib Timnas Indonesia U-16akan bergantung dengan hasil dari tim lainnya.

“Untuk pertandingan lawan Vietnam, saya pikir harus dipersiapkan lebih baik, ya. Tadi, kita juga sudah memberikan tugas pada asisten pelatih untuk menonton pertandingan mereka lawan Filipina,” kata Bima Sakti dalam konferensi pers, Rabu (3/8/2022).

“Pastinya, nanti video pertandingan mereka kami tonton H-1 sebelum pertandingan dan kami pun akan menonton video pertandingan kami tadi esok hari,” imbuhnya.

Lebih lanjut, pelatih berusia 46 tahun itu mengatakan, bahwa timnya tidak boleh jemawa meski baru menang besar. Dia juga tak ingin pasukannya terlalu dipuji oleh pencinta sepakbola Tanah Air karena permainan mereka masih banyak kekurangan.

Timnas Indonesia U-16 (Foto: PSSI)

“Yang jelas, walaupun menang besar, tidak boleh cepat puas, berlarut dalam euforia yang tinggi dan kita berharap juga masyarakat jangan memuji terlalu banyak karena tim ini juga masih banyak kekurangan,” ujar mantan pemain Persema Malang itu.

“Yang penting, tim ini bisa terus berproses dengan baik. Dan Vietnam juga tim yang bagus jadi kami harus waspada. Untungnya ada waktu dua hari untuk pemulihan dan semoga para pemain bisa pulih dengan baik,” tutur Bima Sakti.

Sementara itu, pertandingan Timnas Indonesia U-16 melawan Vietnam akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu 6 Agustus 2022, pukul 20.00 WIB. Garuda Asia diharapkan tampil maksimal untuk meraih kemenangan sehingga lolos langsung ke semifinal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini