Share

Batal Tinggalkan AFF, PSSI dan Timnas Indonesia Diledek Media Vietnam!

Ramdani Bur, Okezone · Selasa 26 Juli 2022 09:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 26 51 2636273 batal-tinggalkan-aff-pssi-dan-timnas-indonesia-diledek-media-vietnam-WYTn08v50u.jpg PSSI dan Timnas Indonesia diledek media Vietnam setelah batal meninggalkan AFF. (Foto: PSSI)

BATAL meninggalkan Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF), PSSI dan Timnas Indonesia diledek media Vietnam, Soha.vn. Soha menyebut sikap PSSI masuk kategori plin-plan karena minggu lalu sempat mengatakan telah berkomunikasi dengan Federasi Sepakbola Asia Asia Timur (EAFF).

Timnas Indonesia dalam hal ini PSSI mendapat tekanan dari pencinta sepakbola Tanah Air untuk meninggalkan AFF dan gabung EAFF. Penyebabnya karena persaingan di AFF dinilai tak lagi sehat, mengingat ada dugaan praktik sepakbola gajah hingga pencurian umur.

Timnas Indonesia

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengonfirmasi PSSI sudah berdiskusi dengan EAFF. Bahkan dalam pandangannya, EAFF bakal menerima Indonesia dengan tangan terbuka.

"Iya (komunikasi dengan EAFF) sudah menyampaikan kita lewat Sekjen. Mungkin dia (EAFF) seneng aja kalo kita masuk,” kata Mochamad Iriawan saat ditemui di Wisma Kemenpora pada Selasa, 12 Juli 2022.

Namun, Mochamad Iriawan menyampaikan pernyaatan lain. Ia menegaskan tak ada rencana PSSI meninggalkan AFF. Hal itu ia sampaikan di hadapan awak media di Stadion I Wayan Dipta Gianyar pada Sabtu, 23 Juli 2022.

"Saya tidak mengatakan kami akan keluar dari AFF. Saya hanya menyampaikan keinginan warganet. Tidak pernah. Tolong ini diperhatikan," kata Mochamad Iriawan.

“Kami harus meneliti, menganalisis, tidak bisa membuat keputusan begitu cepat. Ini adalah asosiasi negara-negara ASEAN, secara politik kita berdiri bersama dalam asosiasi ini", lanjut Mochamad Iriawan.

Mochamad Iriawan

Pernyataan Iwan Bule –sapaan akrab Mochamad Iriawan– di atas mendapat perhatian media Vietnam. Soha menyebut PSSI tak konsisten dalam mengambil keputusan.

“PSSI menunjukan langkah untuk tidak meninggalkan AFF,” tulis Soha dalam judul artikel yang mereka buat.

“Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan telah mengutus sang Sekjen, Yunus Nusi, untuk terbang ke Singapura. Ia ke sana untuk berkomunikasi langsung dengan AFF,” lanjut Soha.

“Sebelumnya PSSI menunjukan sikap tidak sabar, setelah lebih dari dua minggu surat protes mereka tidak digubris AFF. PSSI sudah kali mendesak AFF untuk segera merespons surat mereka, tapi hasilnya nihil,” sindir Soha.

Melihat gelagat yang ada, PSSI hampir pasti bertahan di AFF. Hal itu berarti, Timnas Indonesia berkesempatan tampil di Piala AFF 2022 yang digelar pada 23 Desember 2022 hingga 15 Januari 2023.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini